5 Kegiatan Ramadhan yang Menarik Ini Bisa Anda Terapkan untuk Mengisi Waktu Luang Anak, YukCoba!

5 Kegiatan Ramadhan yang Menarik Ini Bisa Anda Terapkan untuk Mengisi Waktu Luang Anak, YukCoba!
expert-in-character-building

5 Kegiatan Ramadhan yang Menarik Ini Bisa Anda Terapkan untuk Mengisi Waktu Luang Anak, YukCoba! – Kegiatan Ramadhan yang menarik selalu dicari oleh orang tua, karena ingin anaknya tak merasa bosan saat menjalani ibadah puasa. Benar begitu kan?

Bulan Ramadhan menjadi suatu pengalaman seru bagi anak-anak. Di mana mereka harus belajar untuk menahan makan dan minum hingga waktu Magrib tiba. Terkadang, jika sudah menjelang siang banyak anak-anak yang sudah tidak kuat atau merasa bosan karena bingung ingin melakukan apa.

Agar anak bisa selalu bersemangat, diperlukan dorongan dari orang tua. Ada banyak cara untuk membuat anak-anak dapat lebih semangat dan tidak merasa terbebani dengan aktivitas puasa.

Namun, menerapkan itu semua pasti tidak mudah. Mengajarkan anak untuk berpuasa membutuhkan waktu. Apa lagi mood anak-anak masih sulit untuk dikontrol. Ada yang malas, ada yang cepat mengantuk dan masih banyak tantangan lainnya.

Untuk menyisati itu semua, orang tua perlu mencari kegiatan Ramadhan yang menarik agar anak makin semangat lagi menjalani puasa tanpa paksaan. Berikut ragam kegiatan yang bisa Anda coba :

Ajak untuk Melakukan Aktivitas Sosial

Ajak anak untuk memiliki empati dan simpati terhadap orang-orang di sekitar. Misalnya saja, mengajak anak untuk menyiapkan takjil yang akan dibagi kan untuk tetangga-tetangga di rumah. Atau ajak anak untuk berbuka bersama dengan anak yatim. Pasti, mereka akan antusias untuk melakukan hal baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

Ajak Sholat Berjamaah

Libatkan anak dalam setiap ibadah di bulan suci. Ajak anak untuk ikut sholat berjamaah dan tugaskan ia untuk membaca doa selepas sholat. Beri anak satu tantangan yang tidak ia lakukan di bulan-bulan selain Ramadhan. Cara ini bisa menambah keharmonisan dan juga mengajarkan anak untuk lebih mengenal agamanya.

Ajak untuk Membuat Kue

Kegiatan Ramadhan yang menarik selanjutnya adalah mengajak anak untuk membuat kue kering. Hari Raya Idul Fitri sangat identik dengan kue kering dan kebersamaan. Ajak anak untuk berpartisipasi membuat kue kering untuk disajikan saat momen lebaran nanti. Anak-anak pasti senang karena ia diajak untuk melakukan hal baru.

Ajak untuk Menyiapkan Makanan Berbuka

Biasanya, orang tua merasa anak-anak sangat menggangu saat melakukan pekerjaan rumah seperti memasak. Nah, di bulan Ramadhan ini, coba sedkit turunkan ego. Ajak anak-anak ikut serta dalam menyiapkan menu berbuka puasa untuk keluarga di rumah. Dengan begitu, puasa tidak lagi terasa membosankan bagi mereka.

Ajak untuk Ikut Pesantren Kilat

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan untuk anak adalah dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan pesantren kilat. Sanlat sangat marak diadakan saat Bulan Ramadhan tiba. Waktu yang ditawarkan juga berbeda-beda, Ada yang satu hari saja, bahkan bisa Ada yang satu minggu hingga satu bulan.

Dalam kegiatan pesantren kilat, anak-anak akan diajarkan tentang pengetahuan seputar Agama Islam. Misalnya seperti pentingnya berpuasa, makna zakat, pentingnya malam lailatul qadr dan masih banyak lagi. Anak-anak akan bertemu banyak teman-teman dalam sanlat. Hal ini juga dapat mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan orang banyak.

Nah berbicara tentang sanlat, ESQ juga mengadakan sanlat lho di bulan Ramadhan ini. Sanlat ESQ bisa menjadi kegiatan yang menarik, sehingga bisa dicoba untuk anak-anak tercinta.

Penasaran seperti apa sanlat yang di adakan ESQ? Kunjungi link di bawah ini ya untuk detail nya. https://esqtraining.com/pesantren-kilat-sanlat-kids-teens/

Semoga bermanfaat!

Writer – Tya

 

BACA JUGA  Bijak dalam Memilih Program Bulan Ramadhan untuk Anak, Ini Tipsnya
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by