Skip to main content

Tips Belajar Public Speaking Sendiri untuk Pemula

Tips Belajar Public Speaking Sendiri untuk Pemula
expert-in-character-building

Sudah mulai menyadari pentingnya kemampuan public speaking? Belum terlambat untuk mempelajarinya, lho. Meski terlihat sebagai kemampuan yang mudah dipelajari, belajar public speaking sendiri memerlukan niat yang kuat. Anda juga perlu konsistensi dalam belajar.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa belajar sendiri, ya. Di dunia online, Anda bisa belajar public speaking gratis. Selama Anda benar-benar bertekad untuk mempelajarinya, kemampuan ini pun bisa Anda kembangkan dengan cepat. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

3 Tips Belajar Public Speaking yang Baik

Meningkatkan kemampuan public speaking dengan belajar sendiri bukanlah suatu hal yang mustahil. Anda bisa melakukannya dengan tiga hal dasar berikut.

1. Cari Tahu Kekurangan Anda dalam Berkomunikasi

Pertama-tama, Anda perlu mengenali kekurangan Anda dalam berkomunikasi. Apakah Anda berkepribadian introvert yang sulit berinteraksi dengan orang lain? Apakah Anda berbicara terlalu cepat? Atau apakah Anda kurang percaya diri ketika berbicara.

Mencari tahu kekurangan bisa membuat Anda lebih mudah dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Anda hanya perlu mencari solusi atas kekurangan tersebut.

BACA JUGA  Meningkatkan Skill Komunikasi dengan NLP Training

2. Cari Solusi untuk Memperbaiki Kekurangan Tersebut

Jika Anda sudah tahu bahwa kekurangan Anda adalah terlalu introvert, langkah selanjutnya adalah dengan berusaha memperbaikinya. Anda tinggal mencari informasi yang lebih banyak tentang tips public speaking untuk introvert.

Hal ini juga berlaku untuk kekurangan-kekurangan lainnya yang sudah Anda temukan. Anda harus mencari solusinya.

3. Manfaatkan Segala Kesempatan untuk Mempraktikkan Public Speaking

Teori tanpa praktik tidak akan pernah berhasil. Oleh karena itu, manfaatkan segala kesempatan untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum.

Penutup

Jika Anda belajar sendiri untuk mengembangkan kemampuan public speaking, tidak ada kurikulum yang bisa Anda ikuti. Oleh karena itu, jika memang ada kesempatan untuk mengikuti kursus belajar public speaking online, Anda perlu mengambilnya.

ESQ mengadakan berbagai program untuk mengembangkan kemampuan berbicara Anda dengan kurikulum dan coach yang sangat kompeten. Proses belajar Anda pun akan lebih terarah. Anda pun dibimbing langsung oleh ahlinya. Program pelatihan public speaking ESQ ada di sini.

BACA JUGA  Ramadhan Tiba !

Jika Anda merasa kewalahan dalam belajar public speaking sendiri, jangan ragu untuk mengambil kursus, ya. Tidak ada yang merugikan ketika Anda mengikuti sebuah pelatihan atau training. Sebaliknya, kemampuan Anda pun akan meningkat pesat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.