Apa Sih Sebenarnya Manfaat Pesantren Kilat untuk Anak-Anak?

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Pesantren Kilat untuk Anak-Anak
expert-in-character-building

Apa Sih Sebenarnya Manfaat Pesantren Kilat untuk Anak-Anak? – Istilah atau program pesantren kilat biasanya marak digelar selama Bulan Ramadhan, utamanya di Indonesia. Pesantren kilat atau yang biasa disingkat Sanlat ini merupakan kegiatan pesantren yang diadakan dalam kurun waktu yang singkat.

Sanlat diadakan dengan tujuan memberi ruang untuk anak agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat. Lewat sanlat, anak-anak bisa belajar untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan tepat, mendapatkan banyak ilmu agama dan karakter, hingga mengindarkan dari hal-hal kurang bermanfaat seperti bermain handphone atau menonton televisi.

Materi di dalam sanlat biasanya akan mengajarkan anak-anak untuk mengenal Agama Islam secara mendalam. Banyak orang tua yang sudah mulai peduli dengan pendidikan agama anak sejak dini. Untuk itu, biasanya para orang tua mencari informasi seputar pesantren kilat selama Bulan Ramadhan.

Nah, apa sih sebenarnya manfaat sanlat untuk anak-anak? Untuk mengetahuinya simak 3 poin berikut ini :

Mengamalkan Ajaran Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari

Salah satu manfaat dari sanlat adalah anak-anak diajarkan untuk bisa menerapkan dan mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ini sangat bermanfaat, agar anak mampu untuk menghadapi hal-hal negatif dari lingkungan sekitar. Satu hal yang mengkhawatirkan banyak orang tua, di mana lingkungan tumbuh kembang anak sekarang cenderung kurang baik atau kurang sehat bagi jiwa mereka.

Meningkatkan Pemahaman tentang Ajaran Agama Islam

Manfaat lain dari mengikutsertakan anak dalam kegiatan pesantren kilat adalah memantapkan pemahaman anak tentang ajaran Agama Islam. Sehingga diharapkan sang anak akan memupuk rasa Cinta kepada Allah Subhanahu Wa’Taala dan Rasulullah sejak dini. Dengan memupuk rasa cinta terhadap Sang Pencipta, anak-anak senantiasa akan berbuat sesuai dengan ajaran agama dan menjauhi hal yang sudah dilarang.

Memperbaiki Ibadah dan Akhlak

Penanaman akan pentingnya Ibadah dan perbaikan akhlak harus dipupuk sejak dini, karena ini akan sangat memberi pengaruh terhadap kehidupan anak hingga ia besar nanti. Diharapkan anak dapat terus meningkatkan ibadah dan menunjukkan akhlak yang mulia untuk orang-orang di sekitar.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat sanlat untuk anak-anak. Kegiatan sanlat pun tidak harus dilakukan di sekolah. Sekarang sudah banyak lembaga-lembaga yang menyediakan program sanlat KHUSUS anak selama bulan Ramadhan.

Salah satunya program pesantren kilat yang diadakan oleh ESQ Leadership Center. Sebagai lembaga pendidikan karakter, ESQ membuka program pesantren kilat khusus anak selama bulan Ramadhan.

Menariknya, sanlat yang diadakan ESQ tidak hanya memberikan pemahaman tentang Agama saja, namun juga membimbing anak untuk bisa menjadi pribadi yang memiliki karakter unggul. Anak akan dibimbing dengan mengkombinasikan tiga KECERDASAN yang menjadi keunggulan dari ESQ.

Untuk menjamin ketepatan materi yang disampaikan pada anak-anak, maka pesantren kilat yang digelar ESQ dibagi berdasarkan dua kategori umur. Pertama sanlat untuk kids di rentang usia 7 sampai 12 tahun dan kedua sanlat untuk teens di rentang usia 12 sampai 17 tahun.

Jika para orang tua ingin mengikutsertakan anak-anaknya dalam program pesantren kilat dari ESQ, silakan kunjungi link di bawah ini :

https://esqtraining.com/pesantren-kilat-sanlat-kids-teens/

Silakan sesuaikan jadwal pesantren kilat dari ESQ dengan jadwal libur anak-anak. Semoga sanlat yang diadakan oleh ESQ selama Bulan Ramadhan ini bisa bermanfaat untuk anak-anak dan bisa menjadi awal mula untuk bisa mendidik anak untuk menjadi pribadi yang tangguh, unggul, sholeh-sholehah serta berkarakter. Aamiin…

Writer – Tya

BACA JUGA  5 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Bagi Wanita Haid
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by