5 Kegiatan Bermanfaat yang Biasanya Diadakan Saat Bulan Ramadhan di Sekolah

5 Kegiatan Bermanfaat yang Biasanya Diadakan Saat Bulan Ramadhan di Sekolah
expert-in-character-building

5 Kegiatan Bermanfaat yang Biasanya Diadakan Saat Bulan Ramadhan di Sekolah – Sesuai imbauan dari dinas pendidikan di awal Ramadhan lalu, setiap instansi pendidikan wajib menyelenggarakan kegiatan Ramadhan di sekolah untuk para siswa didik. Para pendidik ini diwajibkan menyusun program khusus untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak-anak lewat kegiatan bermanfaat.

Untuk mewujudkan itu, sekolah umumnya menggelar pesantren kilat atau sanlat yang padat akan kegiatan Keislaman. Para siswa akan merasakan kehidupan khas pesantren selama 3 hari hingga satu minggu, tergantung kebijakan masing-masing sekolah.

Nah, agar siswa tidak merasa bosan, biasanya ada beberapa kegiatan alternatif yang disukai dan seru bagi anak-anak. Kegiatan bermanfaat itu seperti :

 

  • Salat Berjamaah

 

Sanlat biasanya diisi kegiatan padat dari pagi hingga malam hari. Ada yang diharuskan menginap selama beberapa hari, ada yang bisa pulang ke rumah. Nah, selama seharian ini siswa biasanya akan diajak mengerjakan salat lima waktu berjamaah. Terkadang mereka juga akan melakukan sejumlah salat sunnah seperti tarawih. Ini semua untuk meningkatkan kebersamaan dan mengajarkan kegiatan bermanfaat yang berpahala.

 

  • Menyimak Ceramah Ustadz dan Motivasi

 

BACA JUGA  Kisah Nyata Inspirasi dan Motivasi Tentang Kegigihan, Amazing !

Hal penting yang kerap dijadikan acuan untuk mengisi materi Ramadhan saat sanlat di sekolah adalah adanya ceramah agama. Anak-anak akan mendengarkan hingga ditugaskan merangkum materi yang disampaikan oleh ustad atau ustadzah. Hasil rangkuman tersebut biasanya akan masuk sebagai nilai mata pelajaran Pendidikan Agama.

Selain itu, biasanya sekolah pun memberikan fasilitas tambahan untuk menanamkan nilai keagamaan dan karakter unggul lewat sesi renungan bersama. Hal ini biasanya menjadi ranah ESQ untuk memasukkan unsur emosional dan spiritual dalam memberikan motivasi yang tepat ke anak-anak.

 

  • Perlombaan yang Seru

 

Untuk menciptakan keseruan saat Ramadhan dan sanlat tidak dianggap membosankan bagi anak-anak, sekolah umumnya mengelar sejumlah perlombaan. Mulai dari lomba antar kelas hingga lomba individu bisa diikuti oleh siswa. Lomba yang diadakan pun masih berkenaan dengan keagamaan seperti lomba adzan, nasyid, membaca Alquran, ceramah, dan sebagainya.

Untuk menarik minat siswa aktif mengikuti lomba, biasanya sudah disiapkan dan diumumkan hadiah-hadiah menarik untuk para pemenang. Terkadang ada hadiah khusus untuk supporter terbaik dan terseru selama perlombaan. Lewat kegiatan seru ini, siswa pun bisa belajar banyak hal baik secara dunia maupun akhirat.

 

  • Buka Puasa Bersama

 

BACA JUGA  Cara Mudah Untuk Tersenyum

Ini adalah momen paling disukai dan dinantikan oleh para siswa saat sanlat digelar di sekolah. Buka puasa bersama biasanya dihiasi suasana menyenangkan dan kegembiraan anak-anak menyantap makanan lezat bersama teman-teman. Ini bisa mempererat hubungan bertemanan di sekolah.

Biasanya makanan berbuka telah disediakan pihak sekolah. Namun, ada juga beberapa sekolah yang mencoba hal seru seperti mengajak anak-anak memasak bersama ber kelas, membawa bekal dari rumah untuk disantap bersama, dan sebagainya. Menikmati hidangan bersama saat buka puasa akan terasa nikmat dan penuh kesan bagi anak-anak.

 

  • Penghargaan yang Memotivasi

 

Untuk memancing anak-anak aktif selama sanlat berlangsung, biasanya sekolah mengadakan kegiatan satu ini di hari terakhir. Sejumlah siswa akan mendapatkan penghargaan khusus dengan penilaian sesuai kebijakan sekolah. Misalnya,siswa teladan selama sanlat, siswa paling rajin, siswa paling ceria, dan sebagainya.

Penghargaan ini tentu di luar perlombaan yang diselenggarakan oleh sekolah. Lewat penghargaan ini siswa akan termotivasi menjadi yang terbaik selama Ramadhan. Biasanya mereka akan naik ke panggung atau depan podium untuk dilihat teman-temannya. Lalu diserahkan sertifikat dan hadiah tambahan dari sekolah.

Menarik kan? Seperti apakah kegiatan Ramadhan di sekolah Anda atau anak-anak Anda? Apapun itu semoga bermanfaat dan memberikan pahala sebesar-besarnya selama Bulan Suci ini. Jika Anda merasa sanlat di sekolah masih kurang maksimal, Anda bisa cek berbagai kegiatan menarik selama Ramadhan dari ESQ. Lembaga training tepercaya yang sukses mendidik jutaan anak-anak hingga remaja menjadi pribadi unggul, berprestasi, dan berkarakter.

Writer – Tya

 

BACA JUGA  Memahami Asmaul Husna Al Hamid Dalam Keseharian
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by