Tips Menyusun Rencana Kegiatan Ramadhan yang Tepat dan Mendatangkan Banyak Manfaat

25 - ESQ Ramadhan - Rencana Kegiatan Ramadhan - Tips Menyusun Rencana Kegiatan Ramadhan yang Tepat dan Mendatangkan Banyak Manfaat
expert-in-character-building

Tips Menyusun Rencana Kegiatan Ramadhan yang Tepat dan Mendatangkan Banyak Manfaat – Setiap bulan Ramadhan tiba, hampir semua umat muslim tampak sibuk. Mulai dari individu, masjid, lembaga, organisasi, hingga instansi sibu menyusun rencana kegiatan Ramadhan sebaik mungkin.

Ada yang menghidupkan sebulan penuh Ramadhan dengan berbagai kegiatan Islami seperti masjid dan pesantren. Ada yang mempersiapkan program khusus Ramadhan untuk buah hati, pelajar dan karyawan. Ada yang menjadwal waktu buka bersama, dan masih banyak lagi.

Ya, begitulah kurang lebih suasana bulan Ramadhan khas Tanah Air Indonesia. Semua umat Islam berbondong-bondong meraup sebanyak-banyaknya pahala dan ampunan Allah SWT lewat berbagi maca cara maupun kegiatan. Anda pun tentu memiliki segudang rencana di bulan nan suci ini kan?

Kembali bertemu Ramadhan adalah sebuah kesempatan berharga dan luar biasa. Untuk itu mari maksimalkan sebaik mungkin dengan kegiatan yang tepat dan mendatangkan banyak manfaat. Untuk mewujudkannya, berikut beberapa tips yang mudah diterapkan :

Mulai Kumpulkan Informasi dan Mencari Ide Maksimal Sebulan Sebelum Ramadhan

Untuk menyusun rencana yang tepat, bermanfaat, dan InsyaAllah mendatangkan banyak pahala dibutuhkan usaha awal. Yakni mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi seputar kegiatan Ramadhan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menciptakan kegiatan ala diri sendiri yang seru dan tidak membosankan.

Misalnya, Anda membatasi ajakan buka bersama, khususnya di hari-hari terakhir Ramadhan. Anda mengikuti kajian dari ustad favorit yang jadwalnya bisa dicek jauh-jauh hari. Mencoba berburu takjil dan tarawih dari masjid ke masjid yang berbeda setiap hari selama Ramadhan. Mengembangkan diri lewat training motivasi yang Islami. Menghabiskan bulan Ramadhan hingga Idul Fitri dengan Umrah atau Haji.

Ada banyak sekali informasi dan ide menciptakan Ramadhan penuh berkah versi Anda. Agar semua tersusun rapi dan bisa dilaksanakan selama Ramadhan, rencanakanlah jauh-jauh hari. Semoga segala niat dan usaha kita selama Ramadhan mendapatkan keberkahan, ampunan, dan hal positif lainnya.

Manfaatkan Jejaring Sosial dan Gadget Anda

Ini era digital, di mana banyak hal bisa dipersiapkan dan dikerjakan secara mudah dengan bantuan internet, serta gadget dalam genggaman. Termasuk dalam hal mempersiapkan kegiatan Ramadhan. Anda bisa memanfaatkan search engine Google, Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, hingga aplikasi canggih lainnya untuk membantu rencana Anda.

Contohnya menggunakan alarm dan schedule online, untuk mengingatkan apa saja yang perlu dikerjakan saat Ramadhan tiba. Mengumpulkan informasi menarik yang menginspirasi dan memotivasi melalui media sosial. Melihat jadwal kegiatan training pengembangan diri atau kajian di internet, dan masih banyak lagi.

Intinya, Anda tak perlu pergi ke mana-mana untuk menyusun rencana dan mempersiapkan kegiatan Ramadhan. Cukup manfaatkan gadget yang dimiliki dan silakan buat kegiatan unik dan bermanfaat versi Anda.

Tentukan Goals dan Skala Prioritas

Hal penting lain dalam menyusun rencana kegiatan Ramadhan adalah menentukan apa yang menjadi goals Anda. Jawab pertanyaan apa saja target Anda di Ramadhan kali ini? Buat goals yang realistis dan benar-benar bisa dikerjakan secara maksimal. Misalnya khatam Alquran, stop ghibah, memperdalam ilmu agama, dan sebagainya.

Selanjutnya, buatlah skala prioritas. Ini untuk menjauhkan Anda dari godaan di luar konteks ibadah dan kegiatan bermanfaat. Misalnya terlalu banyak ikut buka bersama, tergoda diskon di malam Ramadhan, dan lain-lain.

Bertemu Bulan Ramadhan adalah kesempatan berharga, yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Untuk itu, yuk maksimalkan diri lewat berbagai rencana kegiatan bermanfaat selama Ramadhan ini. Semoga setiap hal yang diniatkan dan diusahakan bisa mendatangkan banyak manfaat dan berkah dari Allah SWT.

Writer – Tya

BACA JUGA  Untuk Apa Ada Di Dunia Ini?
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by