Menambah Pengetahuan dalam Bidang Agama Melalui Kultum Ramadhan

Menambah Pengetahuan dalam Bidang Agama Melalui Kultum Ramadhan - ESQ Ramadhan
expert-in-character-building

Menambah Pengetahuan dalam Bidang Agama Melalui Kultum Ramadhan – Kultum Ramadhan atau kepanjangan dari kuliah tujuh menit ini selalu identik dengan Bulan Puasa. Setuju? Kultum biasanya ada seusai sholat 5 waktu ataupun saat menjelang waktu berbuka. Jadi, 7 menit dari waktu setelah sholat 5 waktu atau sebelum berbuka, pemateri akan membahas hal-hal yang berkaitan ilmu agama ataupun kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia.

Pemateri yang membawakan kultum biasanya merupakan seorang Ustadz, Ustadzah, ataupun pemuka agama Islam. Kultum biasanya dibawakan oleh orang-orang yang memang berkompeten dalam bidang agama.

Kultum Ramadhan bisa Anda simak di televisi, mendegarkan langsung dari masjid atau mushola, bisa dari radio, dan yang lebih terkini lagi, kuliah tujuh menit ini juga bisa Anda simak melalui situs pencarian video online.

Banyak sekali media yang bisa Anda pilih jika ingin mendapatkan materi dari kuliah tujuh menit. Kuliah 7 menit ini dapat menjadi sumber pengetahuan baru bagi Anda. Walau hanya 7 menit, adanya kultum sangat membantu banyak orang tentang pengetahuan agama yang selama ini jarang diketahui.

Kultum seakan sudah menjadi sebuah tradisi, yang wajib hadir saat Bulan Ramadhan. Sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa menyimak kultum yang disajikan oleh Ustadz ataupun Ustadzah. Materinya pun beragam. Dari membahas kehidupan sehari-hari sampai kisah-kisah Nabi, Rasulullah SAW dan para sahabat.

Lalu sebenarnya, adakah manfaat dari melihat atau mendengarkan kultum ini?

Untuk mengetahuinya, simak 5 alasan berikut ini. Alasan kenapa mendengarkan atau menonton kultum Ramadhan itu penting untuk Anda. Antara lain :

  • Yang pertama, kuliah tujuh menit ini dapat menjadi pengingat untuk Anda agar senantiasa mempelajari ilmu-ilmu agama. Bekal penting untuk menjalani hidup bahagia dan suskses dunia hingga akhirat kelak.
  • Yang Kedua, kuliah tujuh menit bisa menjadi sumber inspirasi untuk Anda agar terus berbuat baik, dan berakhlak baik. Materi-materi dalam kultum biasanya tak lepas dari kehidupan sehari-hari kita sebagai umat muslim.
  • Yang Ketiga, kultum bisa Anda jadikan sebagai kegiatan yang bermanfaat menjelang waktu berbuka atau sesudah sholat fardhu. Dari pada bermain gadget atau mengobrol, lebih baik mendengarkan kultum.
  • Yang Keempat, kultum bisa menjadi daya tarik sendiri untuk orang banyak, karena materi-materi dalam kultum sangat menginspirasi orang untuk beribadah lebih khusyuk lagi.
  • Yang Kelima, kultum Ramadhan juga bisa menjadi suatu media perantara, agar kita terus ingat dan patuh akan semua ketetapan Allah Subhanahu Wa’Taala.

Nah, ternyata banyak sekali kan manfaat kultum walaupun hanya 7 menit. Mulai sekarang, Anda bisa mengisi waktu luang Anda sebelum berbuka atau sesudah sholat 5 waktu dengan mendengarkan atau menyimak kultum.

Oh iya, sebelum itu, ada hal yang harus Anda ketahui. ESQ Training juga memiliki kisah-kisah inspiratif dan tayangan yang mendidik lho. Semua itu bisa Anda saksikan dalam channel Youtube ESQ World. Jangan lupa like comment share dan juga subscribe ya.

Nah, semoga apa yang Anda lihat atau dengar dari kultum Ramadhan bisa bermanfaat untuk hidup Anda dan semua ilmunya bisa Anda terapkan satu persatu secara bertahap. Semoga ibadah yang Anda lakukan makin ditingkatkan lagi, makin baik lagi dan makin fokus lagi.

Selamat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, Sahabat ESQ. Semoga semua amalan dan ibadah yang kita lakukan di Bulan Ramadhan ini, menjadi bekal untuk di akhirat nanti.

Writer – Tya

 

BACA JUGA  Tidak Ikut Mudik Lebaran 2019? Coba Lakukan Kegiatan Seru Ini Bersama Orang Terdekat
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by