4 Keistimewaan Bulan Ramadhan Ini Perlu Anda Ketahui, Jika Ingin Menjalani Ibadah Lebih Khusyuk Lagi

4 Keistimewaan Bulan Ramadhan Ini Perlu Anda Ketahui, Jika Ingin Menjalani Ibadah Lebih Khusyuk Lagi - ESQ Ramadhan
expert-in-character-building

4 Keistimewaan Bulan Ramadhan Ini Perlu Anda Ketahui, Jika Ingin Menjalani Ibadah Lebih Khusyuk Lagi – Apa keistimewaan Bulan Ramadhan? Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinanti oleh seluruh umat Muslim yang ada di bumi. Aura damai nan positif sangat kental mewarnai bulan yang penuh keberkahan ini.

Namun, apa yang membuat bulan ini terasa berbeda dengan bulan-bulan lainnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut. Ada 4 hal keistimewaan Bulan Ramadhan yang perlu Anda ketahui, agar bisa menjalani ibadah dengan lebih khusyuk lagi. Di antaranya :

 

  • Diampunkannya Segala Dosa

 

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan. Ini merupakan kesempatan emas bagi umat Muslim untuk memperbaiki diri dan membersihkan diri dari segala dosa. Manfaatkanlah waktu-waktu dalam Bulan Ramadhan untuk melakukan banyak hal baik serta bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa’Taala

Seperti yang tertulis dalam HR. Bukhari No. 38 dan Muslim No. 760 :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.”

 

  • Diturunkannya Alquran

 

BACA JUGA  Tidak Ikut Mudik Lebaran 2019? Coba Lakukan Kegiatan Seru Ini Bersama Orang Terdekat

Ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang mulia. Mengapa? Karena di Bulan Ramadhan terdapat momen sejarah yang sangat penting bagi Umat Muslim.

Tepat di bulan Ramadhan inilah, kitab suci Alquran diturunkan. Seperti yang tertulis dalam Q.S Al-Baqorah ayat 185 yang artinya, “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

 

  • Dilipatgandakan Pahala

 

Dilipatgandakannya pahala kita sebagai umat Muslim yang menjalani ibadah pada saat puasa adalah salah satu keistimewaan Bulan Ramadhan. Anda disarankan untuk banyak melakukan hal-hal baik karena Insya Allah hal baik apapun yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya.

Hal ini diperkuat dengan adanya hadist yang menuliskan bahwa :

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

 

  • Malam Lailatul Qadar

 

BACA JUGA  Miliki 5 Karakter Ini, Jika Ingin Hidup Bahagia Dan Sukses

Siapa yang tak tahu malam Lailatul Qadar. Malam yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Muslim. Malam yang sangat didambakan.

Malam Lailatul Qadar terdapat di 10 hari terakhir Ramadhan. Semua mendambakan untuk bisa berjumpa dengan makam Lailatul Qadar karena barang siapa, umat Islam, yang mendapati malam Lailatul Qadar, Insya Allah akan mendapatkan pahala beribadah selama 1000 bulan.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Nah, Apakah Anda sudah paham kan tentang apa keistimewaan bulan Ramadhan? Semoga bisa memanfaatkan waktu-waktu di dalam Bulan Suci Ini dengan kegiatan positif yang bermanfaat ya. Jangan sia-siakan waktu, karena kesempatan untuk bertemu Bulan Ramadhan hanya setahun sekali lho!

Selamat menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan, ya!

Writer – Tya

 

BACA JUGA  Hadiah bagi Siapa Saja yang Berpuasa (Keutamaan Berpuasa)
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by