Kecerdasan Intelektual Menurut Para Ahli dan Perannya bagi Kehidupan

By November 4, 2019 Artikel, Character
Kecerdasan Intelektual Menurut Para Ahli dan Perannya bagi Kehidupan
expert-in-character-building

Kecerdasan Intelektual Menurut Para Ahli dan Perannya bagi Kehidupan. Kecerdasan intelektual merupakan konsep kecerdasan pertama yang ditemukan oleh para ahli. Apa pengertian dan bagaimana perannya dalam kehidupan?

Konsep kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient/IQ) muncul ketika William Stern menemukan adanya lapisan neo-cortex pada otak manusia. Dari lapisan inilah manusia dapat mempelajari banyak hal termasuk berhitung, berbahasa, hingga menggunakan komputer. Kecerdasan intelektual menurut para ahli memiliki definisi yang beragam.

Secara umum, kecerdasan intelektual merujuk pada potensi yang dimiliki oleh individu untuk mempelajari sesuatu lewat alat-alat berpikir. Kecerdasan ini dapat dinilai dari kemampuan verbal dan logika berpikir seseorang. Konsep ini pertama kali diutarakan oleh Alfred Binet.

Menurut William Stern, kemampuan intelektual adalah kesanggupan seseorang untuk menyesuaikan diri pada hal-hal baru dengan menggunakan alat-alat berpikir menurut tujuan yang ingin dicapai. Kemampuan intelektual juga merujuk pada kapabilitas seseorang untuk dapat bertindak secara terarah, berpikir secara bermakna dan dapat berinteraksi secara efisien dengan lingkungannya.

Sejak Kapan Manusia Memiliki IQ dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Setiap manusia yang lahir ke dunia memiliki triliunan sel termasuk sel aktif dan sel pendukung yang berkumpul di otak. Sejak dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh dewasa, kecerdasan intelektual sudah ada dalam diri setiap orang. Kemampuan intelegensi inilah yang memengaruhi kuantitas dan kualitas seseorang dalam hasil pembelajaran, termasuk untuk anak-anak di sekolah.

Salah satu metode yang sering digunakan untuk mengetahui tingkat IQ seseorang adalah dengan tes Binet Simon. Cara penghitungannya dilakukan dengan membagi usia mental dengan usia kronologis kemudian dikali dengan 100.

IQ=100 x Mental age (usia mental)Chronological age (usia sesungguhnya)

Dari tes Binet Simon ini dihasilkan penggolongan tingkat kecerdasan yakni:

  • Jenius (>140)
  • Gifted (>130)
  • Superior (>120)
  • Normal (90-110)
  • Debil (60-79)
  • Imbesil (40-55)
  • Idiot (>30)

Menurut Louis Thurstone, ada 7 ciri-ciri kemampuan mental primer seseorang yang terdiri dari kemampuan spasial, kemampuan perseptual, penalaran angka, pemahaman akan makna verbal, kelancaran berbahasa, daya ingat hingga penalaran induktif.

Tinggi atau rendahnya IQ seseorang cenderung berbeda-beda karena beragam faktor yang memengaruhi antara lain:

  1. Faktor genetik atau keturunan. Ini merupakan kondisi atau sifat bawaan yang sudah dibawa sejak dalam kandungan
  2. Faktor minat. Minat seseorang untuk mencapai suatu tujuan akan mendorongnya melakukan sesuatu untuk hal tersebut
  3. Faktor eksternal atau pembentuk yang berasal dari luar. Misalnya saja lingkungan belajar, kondisi keluarga dan lain sebagainya
  4. Tingkat kematangan dari segi fisik maupun psikis
  5. Faktor kebebasan. Artinya, setiap individu dapat dengan bebas memilih metode pemecahan masalah yang mereka inginkan.

Kelima faktor di atas saling terkait sehingga tidak bisa menentukan tingkat kecerdasan seseorang hanya dengan melihat satu poin saja.

 

BACA JUGA  Tips Menyusun Rencana Kegiatan Ramadhan yang Tepat dan Mendatangkan Banyak Manfaat

 

Peran Kecerdasan Intelektual dalam Kehidupan

IQ sempat dianggap sebagai satu-satunya ukuran kemampuan berpikir paling penting bagi manusia. Belakangan diketahui bahwa kecerdasan intelektual menurut para ahli dalam beberapa penelitian, justru menunjukkan bahwa peran IQ dalam kehidupan manusia maksimal hanya sebesar 20%. Menurut Steven J. Stein dan Howard E. Book, MD, fungsi kecerdasan intelektual bahkan hanya 6% saja.

IQ tidak dapat dijadikan satu-satunya tolok ukur dalam menentukan kesuksesan seseorang dalam kehidupannya. Tidak sedikit orang yang mencapai kesuksesan meski IQ-nya tidak tinggi. Sebaliknya, beberapa di antara kita mungkin memiliki IQ tinggi namun dalam dunia pekerjaan tetap kalah saing dengan yang IQ-nya lebih rendah.

Sebagai makhluk yang diciptakan dengan kelebihan dalam berpikir, kecerdasan intelektual menurut para ahli memiliki berbagai peranan dalam kehidupan antara lain: 

  • Menjadi media penyimpanan pengetahuan baru
  • Alat untuk mendapatkan pengetahuan baru
  • Membantu memahami sesuatu secara lebih mendalam
  • Membantu meningkatkan pengetahuan.

Kecerdasan intelektual menurut para ahli bukanlah satu-satunya kunci untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Masih ada kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) yang juga tidak kalah penting. 

Ketika seseorang mampu membangun sinergi antara ketiga jenis kecerdasan yang dimilikinya ini, maka segala tujuan dalam kehidupan akan lebih mudah dicapai. Ingin tahu lebih dalam konsep mengenai IQ, EQ dan SQ? Mari ikuti kelas training-nya bersama ESQ Leadership Center (ESP LC).

Langkah lain yang juga dapat membantu Anda melatih kecerdasan intelektual adalah dengan mengikuti Pelatihan ESQ. Bersama ESQ Leadership Center (ESQ LC) yang dipimpin oleh Ary Ginanjar Anda akan diajak untuk memahami lebih jauh konsep kecerdasan spiritual dan bagaimana hal tersebut dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam hidup.

Itulah ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi dan beberapa tips melatih diri untuk mendapatkannya. Selamat mencoba!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

BACA JUGA  Cara Tepat Merancang Agenda Ramadhan untuk Anak

Kecerdasan Intelektual Menurut Para Ahli dan Perannya bagi Kehidupan

Baca juga:

Ajarkan Kecerdasan Emosional, Spiritual dan Intelektual Pada Anak Usia Dini
Karakteristik dan Cara Melatih Kecerdasan Spiritual pada Remaja
Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosi, Spiritual dan Intelektual pada anak SD, SMP, SMA
Ciri Ciri Orang yang Memiliki Kecerdasan Spiritual Tinggi
Kecerdasan Emosional dan Intelektual Mana yang Lebih Penting

ESQ New Chapter, Training Motivasi Terbaik, Agar Hidup Bahagia, Penuh Semangat

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di info@esqtraining.com atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by