Tips Tepat Atasi Anak-Anak yang Rewel ketika Mudik Lebaran

By Juni 20, 2017 Agustus 21st, 2018 Artikel, Character, Great Family Series
expert-in-character-building

[dropcap font=”” size=”50″ background=”#0c4ea0″ color=”#ffffff” circle=”2″ transparent=”0″]L[/dropcap]ebaran sebentar lagi… Salah satu yang paling dinanti ialah kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama orang-orang tercinta, keluarga, sanak saudara dan seterusnya.

Jadi, wajar ‘mudik’ selalu menjadi trending topik di hari-hari jelang lebaran. Semua orang bersuka cita, termasuk Anda, Ayah dan Bunda. Benar? Namun, biasanya bagi orang tua yang memiliki anak kecil, mudik bisa menjadi ketakutan dan membuat lelah berlebih. Alasannya, anak-anak biasanya rewel, ketika di ajak mudik lebaran.

Jika ini kecemasan Anda, tak perlau risau lagi. Berikut ada beberapa tips mengatasi anak-anak rewel yang dilansir dari website parenting, abiummi. Yuk, jadikan perjalanan mudik momen yang berkesan dan menyenangkan bersama si kecil. Jaga kesabaran, jaga komunikasi, dan pastikan membuat persiapan yang matang. Ingat Ayah dan Bunda, bila Anda ingin anak memiliki karakter, maka Anda pun perlu menjadi role model dan memiliki karakter sesuai yang diharapkan.

Lalu bagaimana caranya jadi role model yang tepat untuk anak? Jawabannya bisa Anda temukan dalam waktu dekat di fanpage ESQ 165 Great Family Series.

BACA JUGA  Tips Parenting, Sesekali Berikan Anak Pengalaman Gagal Dalam Permainan

[highlight background=”#0c4ea0″ color=”#ffffff”]#1 Mengantisipasi Persiapan Saat Mudik Lebaran[/highlight]

motivator anak | tips agar anak tidak rewel | tips mudik bersama anak | tips mudik lebaranAyah dan Bunda perlu belajar mengantisipasi anak-anak yang jadi rewel selama perjalanan mudik. Maksudnya, Anda bisa mempersiapkan perbekalan dan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk menenangkan buah hati.

Contohnya, mempersipakan makanan, minuman, dan snack kesukaan anak. Anda juga bisa menyiapkan baju yang nyaman, mainan anak yang mudah dibawa, obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan, hingga trik membuat anak bisa tenang dan bisa tetap nyaman tertidur dalam perjalanan.

 

[highlight background=”#0c4ea0″ color=”#ffffff”]#2 Mengetahui Penyebab Anak Rewel[/highlight]

 

motivator anak | tips agar anak tidak rewel | Mengetahui Penyebab Anak Rewel | tips mudik bersama anak | tips mudik lebaran bersama anak

Selanjutnya, Ayah dan Bunda sebaiknya mengetahui dan memahami penyebab anak-anak jadi rewel di perjalanan mudik. Penyebabnya bisa berbeda-beda, begitu juga dengan solusinya.

–> Lapar dan Haus
Dalam situasi ini bekal makanan, minuman, dan camilan bisa mmebuat anak lebih tenang. Mereka umumnya mudah rewel dan tidak bisa diam, ketika kelaparan dan kehausan. Rasa ini pun bisa memicu pusing dan mual di kendaraan.

Untuk itu, Ayah dan Bunda tetap penting memperhatikan waktu makan anak-anak. Pastikan mereka makan tepat waktu seperti biasa, agar mereka tetap nyaman, senang, dan sehat.

BACA JUGA  Ketahuilah 4 Pola Pikir Umum yang Dimiliki oleh Orang-Orang Sukses

–> Lingkungan Baru atau Asing
Lingkungan baru atau asing tak jarang membuat anak canggung, takut, dan bingung. Nah inilah salah satu yang bisa membuat anak rewel di perjalanan atau di suatu tempat.

Nah, untuk memudahkan anak-anak beradaptasi, Ayah dan Bunda bisa menceritakan kondisi di perjalanan. Misalnya memberi tahu tentang kenapa macet, kenapa perjalanan jauh, dan membuat games-games agar mereka tetap bahagia.

–> Merasa Bosan
Perjalanan jauh dan lama cenderung membuat anak-anak merasa bosan dan rewel. Di saat inilah mainan bisa menjadi penyelamat untuk membuat mereka lupa pada perjalanan jauh dan tetap merasa senang.

Cara lain bisa dengan mengajak anak bercerita atau memanfaatkan gadget untuk memutar film edukasi. Paling penting, jalin komunikasi yang baik, agar Anda tahu apa yang anak rasakan dan solusinya.

–> Kelelahan
Penyebab selanjutnya yang akan membuat anak rewel ialah kelelahan. Jadi, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan posisi duduk dan tidur sang anak di perjalanan.

Ayah dan Bunda bisa mengajaknya, jalan-jalan sebentar bila perlu untuk melepas lelah. Atau memberikan pijatan-pijatan ringan pada si kecil. Ini akan membuat anak lebih rileks dan nyaman di perjalanan.

BACA JUGA  Waspada! Kesalahan Saat Mendidik Anak Berikut Ini Mungkin Sering Anda Lakukan

 

[highlight background=”#0c4ea0″ color=”#ffffff”]#3 Atasi dengan Cara yang Bijaksana[/highlight]

 

motivator anak | tips mengatasi anak rewel | tips agar anak tidak rewel | tips mudik lebaran bersama anak | Atasi dengan Cara yang BijaksanaSetelah melakukan persiapan antisipasi, penyebab, hingga solusinya, Anda perlu menyikapi kondisi saat mudik dengan bijaksana. Ayah dan Bunda mungkin juga merasa lelah, ketika anak-anak rewel. Namun, ini tak lantas membuat Anda menjadi berlaku tidak baik pada anak.

Jaga kesabaran dan tahan diri untuk tidak marah. Emosi Anda justru membuat anak merasa kesal dan tambah rewel. Buruknya, bisa memberikan efek trauma pada mereka kelak.


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Family Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/Esq165GreatFamily/

Dapatkan Tips, kisah yang penuh inspirasi dan motivasi seputar wanita di Blog ESQ

Informasi dan pendaftaran Training ESQ untuk Keluarga silahkan kunjungi ESQ 165 Great Family Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by