Kecerdasan Intelektual Dalam Islam Belajar Konsep dari Nabi Muhammad

By November 4, 2019 Artikel, Character
Kecerdasan Intelektual Dalam Islam Belajar Konsep dari Nabi Muhammad
expert-in-character-building

Kecerdasan Intelektual Dalam Islam Belajar Konsep dari Nabi Muhammad. Konsep kecerdasan intelektual adalah salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad. Apa saja yang bisa kita pelajari dari beliau?

IQ atau kecerdasan intelektual merupakan kemampuan seseorang dalam menganalisis dengan menggunakan logika dan rasio yang dimilikinya. Kecerdasan inilah yang menjadi kunci kemampuan seseorang dalam menerima, menyimpan serta mengolah sebuah informasi untuk disampaikan kembali. Konsep ini tidak hanya dimiliki oleh para ilmuwan barat karena kecerdasan intelektual dalam Islam pun sudah dibahas berulang kali di Alquran dan hadis.

Mendayagunakan kecerdasan intelektual dalam Islam adalah hal yang sangat dianjurkan. Sebab dengan berpikirlah manusia dapat memperkaya pengetahuan. Manusia memikirkan dirinya, orang-orang di sekitarnya hingga alam semesta. Lewat kemampuan berpikirnya inilah manusia bisa berupaya meningkatkan kualitas hidup dan mencapai apa yang diinginkan dalam kehidupannya.

Nabi Muhammad dan Intelektualitas

Semua nabi dan rasul yang diutus oleh Allah memiliki 4 sifat wajib. Salah satunya adalah fathanah atau cerdas. Sifat ini jugalah yang dimiliki oleh Nabi Muhammad sebagai rasul penutup. Kecerdasan yang merupakan perpaduan dari kecerdasan intelektual, emosional serta spiritual membawa Nabi Muhammad sebagai seorang pendidik yang baik bagi umatnya.

Nabi Muhammad adalah sosok yang lekat dengan intelektualitas. Bahkan sebelum diangkat menjadi nabi pun, beliau sudah menunjukkan kemahirannya dalam berpikir yang digunakannya untuk berdagang. Setelah menjadi rasul, kecerdasannya ini dimanfaatkan untuk mendidik umat. Hal ini terlihat dari perbandingan antara kondisi penduduk di sekeliling beliau sebelum dan setelah pengangkatannya.

Kecerdasan intelektual dalam Islam ini ditunjukkan oleh Nabi Muhammad melalui 6 aspek yang dimilikinya. Dari 6 aspek inilah kita bisa belajar bagaimana konsep intelektual dalam Islam dapat membantu beliau mewujudkan nilai-nilai agama seperti yang diperintahkan oleh Allah.

Apa Saja ?

  • Cerdas Berbahasa
BACA JUGA  Pegawai Rendahan ini Sukses Menjadi Menteri Arab Saudi, Apa Rahasianya?

Kemampuan verbal seseorang adalah bukti tingkat intelektualnya. Semakin tinggi kemampuan berbahasa seseorang, semakin tinggi pula intelegensi yang dimilikinya. Dari Nabi Muhammad kita bisa belajar tentang bagaimana kecerdasan berbahasa dari cara beliau menerima wahyu kemudian menyampaikannya kembali kepada umatnya. Beliau juga orang yang pintar memilih kata-kata sehingga dapat meyakinkan orang-orang perihal kenabian serta kebenaran Alquran.

  • Cerdas Berhitung

Kecerdasan berhitung Nabi Muhammad sudah tampak sejak masa sebelum kenabian yang dibuktikan lewat keberhasilannya sebagai seorang pedagang. Tidak hanya sekadar mampu berhitung, kemampuan logika Nabi Muhammad juga sangat baik terutama dalam perencanaan dan strategi. Salah satu contohnya adalah ketika beliau memimpin langsung aksi penyerangan pada Perang Badar.

  • Cerdas Gambar

Kecerdasan gambar atau kecerdasan visual adalah kemampuan seseorang untuk menceritakan lagi sebuah objek, baik yang berbentuk dua atau tiga dimensi. Kemampuan Nabi Muhammad ini tergambar jelas saat beliau menceritakan peristiwa Isra’ Mi’raj yang dialaminya hingga penggambaran yang jelas tentang surga dan neraka lewat hadis-hadisnya.

  • Cerdas Ingatan
BACA JUGA  5 Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan yang Sayang Jika Dilewatkan

Nabi Muhammad adalah sosok yang memiliki ingatan kuat dan Alquran adalah bukti nyatanya. Selama 23 tahun mengemban amanah sebagai seorang utusan, tidak ada satu kalimatpun dalam Alquran yang meleset dan tidak sesuai dengan apa yang diwahyukan Allah.

  • Cerdas dalam Menyelesaikan Masalah

Selama menjadi pemimpin umat Islam, Nabi Muhammad adalah tempat mengadu bagi umatnya. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak masalah yang berhasil diselesaikan oleh beliau. Kemampuan logika dipadukan dengan kelembutan hati dan berbahasa yang dimiliki dalam menuntaskan berbagai persoalan umat adalah hal yang patut kita teladani dari beliau.

  • Kecerdasan Visi

Kecerdasan visi adalah kemampuan seseorang untuk merancang rencana untuk mencapai target yang diinginkan. Dan Nabi Muhammad menunjukkan hal tersebut dalam 23 tahun setelah beliau diangkat menjadi nabi.

Saat pertama kali menerima wahyu, Allah sudah menggariskan 1 visi yang harus diselesaikan oleh beliau yakni menyempurnakan agama. Setelah perjuangan yang panjang dan dengan berbagai misi, visi ini akhirnya tercapai. Pada saat itulah turun ayat Alquran yakni Surat Al-Maidah ayat 3 yang menjadi pertanda selesainya tugas kenabian beliau.

Kecerdasan intelektual dalam Islam tentu tetap bukan satu-satunya hal yang perlu kita tiru dari Nabi Muhammad. Sebagai seorang utusan yang ditugaskan mengajak umat manusia pada kebenaran, beliau juga menggunakan kecerdasan spiritual dan emosionalnya.

Ingin tahu lebih jauh bagaimana cara membentuk sinergi antara 3 kecerdasan tersebut? Langsung saja daftarkan diri Anda untuk mengikuti kelas training di ESQ Leadership Center (ESP LC). Hanya di sini Anda bisa bertemu dan belajar langsung dari trainer berpengalaman yang telah menghasilkan ribuan alumni.

Langkah lain yang juga dapat membantu memudahkan Anda memahami kecerdasan intelektual adalah dengan mengikuti Pelatihan ESQ. Bersama ESQ Leadership Center (ESQ LC) yang dipimpin oleh Ary Ginanjar Anda akan diajak untuk memahami lebih jauh konsep kecerdasan intelektual dari Nabi Muhammad dan bagaimana hal tersebut dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam hidup.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

BACA JUGA  3 Kegiatan Ramadhan Ala Rasulullah SAW yang Mudah Diikuti

Kecerdasan Intelektual Dalam Islam Belajar Konsep dari Nabi Muhammad

Baca juga:

Ajarkan Kecerdasan Emosional, Spiritual dan Intelektual Pada Anak Usia Dini
Karakteristik dan Cara Melatih Kecerdasan Spiritual pada Remaja
Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosi, Spiritual dan Intelektual pada anak SD, SMP, SMA
Ciri Ciri Orang yang Memiliki Kecerdasan Spiritual Tinggi
Kecerdasan Emosional dan Intelektual Mana yang Lebih Penting

ESQ New Chapter, Training Motivasi Terbaik, Agar Hidup Bahagia, Penuh Semangat

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di info@esqtraining.com atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by