Kecerdasan Emosional dan Intelektual Mana yang Lebih Penting

By October 31, 2019 Artikel, Character
Kecerdasan Emosional dan Intelektual Mana yang Lebih Penting
expert-in-character-building

Kecerdasan Emosional dan Intelektual Mana yang Lebih Penting? Sulit untuk menentukan mana yang lebih baik antara kecerdasan emosional vs kecerdasan intelektual, keduanya penting untuk hidup.

Jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia ada banyak. Ada kecerdasan yang berhubungan dengan emosional dan intelektual. Selama ini dari berbagai kecerdasan yang dimiliki seseorang, kecerdasan intelektual lah yang menjadi perhatian utama. Itulah kenapa sekolah dibentuk dan banyak anak harus masuk dan lulus dari sana.

Meski tidak ada sekolah formal, kecerdasan emosional juga sangat penting bagi seseorang. Bahkan ada banyak hal yang bisa diatasi dengan kecerdasan jenis ini.

Nah, karena sama-sama penting untuk kehidupan, kira-kira mana yang paling dibutuhkan oleh semua orang?

Pentingnya Kecerdasan Intelektual

Sebelum membahas kecerdasan emosional vs kecerdasan intelektual, ada baiknya kita membahas satu persatu pentingnya setiap kecerdasan. Nah, kecerdasan intelektual atau IQ ini memiliki manfaat yang terdiri dari:

  • Berhubungan langsung dengan kualifikasi pendidikan seseorang. Meski saat ini banyak perusahaan membuka lowongan berdasarkan skill atau kemampuan seseorang, kualifikasi pendidikan juga sangat penting dan tidak bisa dihilangkan.
  • Kemampuan yang dimiliki seseorang memang tidak semuanya didapatkan dari sekolah formal. Kadang dari pengalaman sehari-hari atau dari arahan orang lain, kita mampu meningkatkan kemampuan diri.
  • Seseorang dengan kemampuan intelektual tinggi cenderung memiliki kemampuan kerja yang baik. Meski korelasi tidak selalu terjadi, memiliki kecerdasan tinggi dan juga motivasi yang tinggi bisa membuat semuanya jadi lebih baik.
  • Kalau seseorang memiliki banyak ilmu, pertimbangan yang diberikan akan sempurna. Mereka bisa berpikir kritis dan tidak asal memutuskan sesuatu tanpa ada dasar yang jelas.
  • Mampu bekerja secara independen dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Dengan kemampuan diri yang baik, Anda juga lebih percaya diri dengan banyak hal.

Kecerdasan Emosional yang Wajib Berkembang

Kalau Anda ingin lebih mudah membuat kesimpulan terkait jenis kecerdasan apa yang lebih unggul, simak juga mengapa kecerdasan emosional juga penting. Berikut beberapa hal yang membuat EQ sangat penting.

  • Mampu mengendalikan emosi dengan baik sehingga di mana pun Anda berada bisa menyesuaikan diri. Dengan emosi yang baik, Anda bisa berpikir jernih dan tidak memengaruhi keputusan.
  • Relasi dengan banyak orang bisa berjalan dengan baik. Kalau Anda memiliki kecerdasan emosional yang buruk, kemungkinan besar hubungan dengan orang lain mudah terganggu. Apalagi kalau Anda jadi mudah sekali marah atau moody terkait dengan banyak hal.
  • Setiap orang bisa memiliki kecerdasan emosional dengan baik dan tidak ada hubungannya dengan genetik. Kalau sejak kecil kecerdasan ini sudah mulai dilatih di lingkungan keluarga, saat sudah dewasa Anda bisa dengan mudah mengontrol suasana hati.
  • Cerdas secara intelektual sangat penting. Namun, kita harus lebih cerdas secara emosional agar bisa lebih manusiawi. Kalau Anda bisa lebih manusiawi, hubungan dengan banyak orang bisa berjalan dengan baik.
  • Memiliki kecerdasan emosional akan membuat Anda selalu bersikap baik pada semua orang. Dampaknya Anda jadi mudah disegani atau dihormati banyak orang, bahkan oleh atasan sekali pun.

Mana yang Lebih Bermanfaat?

Masing-masing kecerdasan memberikan peranan yang berbeda-beda. Kecerdasan intelektual berhubungan dengan akademis dan hal di sekelilingnya, misal pekerjaan dan juga kemampuan atau skill. Selanjutnya kecerdasan emosional berhubungan dengan pengendalian emosi dengan baik dan pemecahan masalah.

Beberapa hal terkait dengan dua kecerdasan ini memang saling mengiris satu dengan yang lain. Namun, sebagian besar kecerdasan berjalan beriringan. Artinya sama-sama penting dan tidak bisa diabaikan salah satunya. 

Masalah mana yang lebih hebat antara kecerdasan emosional vs kecerdasan intelektual tidak penting. Yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa mengelola kedua kecerdasan dan meningkatkan kecerdasan yang masih belum maksimal.

Dari ulasan di atas terlihat dengan sangat jelas kalau kecerdasan emosional vs kecerdasan intelektual tidak bisa disimpulkan mana yang lebih penting. Karena dua hal ini sama-sama berguna untuk kehidupan seseorang baik untuk sosial maupun untuk dunia kerja dan mendapatkan penghasilan.

Kecerdasan intelektual bisa didapatkan dengan sekolah. Sementara itu untuk kecerdasan emosional bisa dilakukan dengan melakukan training motivasi terbaik.

Lembaga training seperti ESQ Leadership Center yang dipimpin oleh Ary Ginanjar ini akan memberikan materi terbaik untuk meningkatkan kecerdasan emosional seseorang dari bawah. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

BACA JUGA  Miliki 5 Karakter Ini, Jika Ingin Hidup Bahagia Dan Sukses

Kecerdasan Emosional dan Intelektual Mana yang Lebih Penting

 

ESQ New Chapter, Training Motivasi Terbaik, Agar Hidup Bahagia, Penuh Semangat

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by