Manfaat Kecerdasan Emosional Dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Sehari-hari

By September 30, 2019 October 11th, 2019 Artikel, Character
Manfaat Kecerdasan Emosional Dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Sehari-hari
expert-in-character-building

Manfaat Kecerdasan Emosional / Emotional Quotient untuk kehidupan antara lain bisa membuat kita lebih manusiawi dan bahagia.

Jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia ada banyak. Kecerdasan itu terdiri dari kecerdasan intelektual yang selama ini selalu dikembangkan. Selanjutnya ada kecerdasan spiritual yang berhubungan dengan religius dan sosial serta kecerdasan emosi. Ketiga kecerdasan ini sama-sama penting dan tidak bisa diabaikan.

Masing-masing kecerdasan memiliki peran penting pada kehidupan. Seperti kecerdasan emosional atau emotional quotient. Kecerdasan ini mencakup banyak hal dan kadang saling bersinggungan dengan kecerdasan spiritual. Berikut ulasan lengkap tentang

Manfaat Kecerdasan Emosional

1. Lebih Sehat secara Spiritual

Emosi adalah hal wajar dan pasti dimiliki oleh banyak orang. Meski demikian, kita tetap harus mengendalikannya dengan baik. Menuruti emosi yang berlebihan apalagi jenis emosi yang tidak baik justru bisa memunculkan masalah yang baru. Dampak, Anda jadi mudah sekali terluka, tersinggung, dan tidak ada ketenangan batin.

Kalau Anda mampu mengendalikan emosi dengan baik, pikiran akan lebih stabil. Anda bisa lebih mudah melakukan komunikasi dengan orang lain. Selain itu ketenangan yang dimiliki juga membuat Anda mudah beribadah. Komunikasi dengan Tuhan bisa berjalan lancar.

2. Lebih Mudah Tenang dan Jarang Stres

BACA JUGA  Sssttt! Ini Khusus Untuk Kaum Hawa Yang Ingin Bangkit Dari Keterpurukan

Kalau Anda mengalami kenaikan emosi secara berlebihan atau tidak stabil, kemungkinan besar akan mudah tidak tenang. Begitu pemicu muncul emosi jadi naik dan mood jadi ikut buruk dengan sendirinya. Kalau mood sampai buruk, Anda akan sulit sekali mengendalikan diri dan produktivitas anjlok.

Kalau emotional quotient dimiliki dan cukup tinggi, kemampuan Anda dalam mengendalikan diri akan naik. Dengan pengendalian diri inilah Anda tidak akan mudah mengalami bad mood. Meski hal buruk sedang terjadi, kemungkinan besar Anda bisa berpikir dengan jernih.

3. Menerima Keadaan dan Bahagia

Menjadi bahagia adalah pilihan. Bahkan dengan keadaan yang biasa sekali pun Anda tetap bisa bahagia dengan baik. Sebaliknya kalau tidak bisa menerima keadaan dan cenderung pemarah, hidup tidak akan menjadi tenang dan bahagia.

Apa pun kondisinya sebisa mungkin untuk tetap mengendalikan emosi dengan baik. Jangan terlalu menuruti mood yang buruk. Pikir semuanya perlahan-lahan agar kebahagiaan bisa segera muncul.

4. Menjadi Lebih Bijaksana

Terbiasa berpikir dahulu dan mengendalikan emosi dengan baik akan membuat Anda jadi bijaksana. Kalau ada masalah atau dihadapkan pada suatu hal, Anda bisa menyikapinya dengan lebih bijak dan tidak sembrono.

Misal ada berita yang disebarkan di media sosial. Setelah membacanya mungkin Anda akan ikut emosi atau kesal dengan isinya. Namun, karena memiliki kemampuan pengendalian emosi yang baik Anda jadi mencari fakta dan tidak asal membagi dengan kata-kata marah.

5. Kemampuan Penyelesaian Masalah yang Baik

BACA JUGA  Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memilih dan Mengikuti Sanlat di Jakarta

Mengendalikan emosi atau memiliki emotional quotient yang baik tidak hanya akan membuat Anda jadi tenang dan mudah mengendalikan diri. Namun, juga mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan baik.

Dengan pikiran yang tenang, Anda tidak akan grusa-grusu dalam bertindak. Semua akan dipikirkan matang-matang, agar bisa menyelesaikannya dengan sempurna.

6. Lebih Sehat secara Fisik

Sering mengalami kenaikan emosi, mudah marah, hingga mudah tersinggung akan membuat kadar stres di tubuh meningkat. Peningkatan ini menyebabkan tubuh mengalami gangguan secara mental atau fisik. Gangguan mental bisa berupa stres yang berlebihan hingga anxiety.

Selain mental, fisik juga akan dipengaruhi secara masif. Kadar stres yang tinggi bisa memengaruhi nafsu makan. Anda bisa makan berlebihan dan memicu obesitas. Selanjutnya gangguan tidur seperti insomnia juga bisa muncul dan memperburuk keadaan.

Jangan menyepelekan masalah emosi. Meski terlihat tidak ada hubungannya, emosi memengaruhi fisik cukup kuat. Bahkan, kalau Anda mudah sekali marah, risiko terkena hipertensi akan sangat besar.

Kecerdasan emosional tidak terjadi begitu saja atau diturunkan dari orang tua. Kecerdasan ini terbentuk secara perlahan-lahan seiring dengan berjalannya waktu. Kalau Anda membiasakan diri untuk mengendalikan emosi, kemungkinan besar kecerdasan ini akan meningkat. 

Kecerdasan emosional bisa dilatih dengan baik untuk menyempurnakannya. Anda bisa melakukan training motivasi terbaik untuk semakin menguatkan kecerdasan emosional hingga kecerdasan lainnya. ESQ Leadership Center bisa membantu Anda untuk menyempurnakan hal itu dengan sempurna. Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

BACA JUGA  Mengapa Seorang Sales Harus Belajar NLP?

Manfaat Kecerdasan Emosional Dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Sehari-hari

 

ESQ New Chapter, Training Motivasi Terbaik, Agar Hidup Bahagia, Penuh Semangat

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di info@esqtraining.com atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by