7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Sekolah

By November 5, 2019 Artikel, Parenting
7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Sekolah
expert-in-character-building

Bagaimana cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Sekolah ? Karena Usia sekolah adalah saat yang tepat untuk meningkatkan IQ anak. Simak caranya berikut ini!

IQ atau intelegensi adalah bentuk kecerdasan yang sudah dimiliki setiap orang sejak dalam kandungan. Kemampuan inilah yang memungkinkan kita belajar, memecahkan masalah, memahami gagasan hingga melogikakan banyak hal yang ada di sekitar. Beberapa pendapat mengatakan bahwa IQ tidak akan bisa diubah hingga dewasa.

Benarkah tidak ada cara meningkatkan kecerdasan intelektual?

Pendapat ini ternyata tak sepenuhnya benar. Meski sudah melekat sejak lahir, tingkat IQ seseorang bisa bertambah. Di usia sekolah misalnya, adalah masa-masa di mana anak mengalami pertumbuhan fungsi otak sekaligus mempelajari banyak hal. Pada usia ini pula, pola yang tepat dapat membuat IQ-nya meningkat. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kecerdasan intelektual anak usia sekolah?

  • Membaca

Kecerdasan berbahasa adalah kemampuan untuk memproses informasi lewat kata-kata. Salah satu cara untuk mengasahnya adalah dengan rajin membaca. Selain bisa meningkatkan kemampuan bicara, membaca juga akan menjaga pikiran tetap tajam dan logis. Dalam sebuah studi yang yang dilakukan oleh Profesor Cunningham dan Stanovich, anak yang rajin membaca sejak masih sekolah, cenderung tumbuh jadi orang dewasa yang gemar membaca.

  • Bermain dengan Mainan Blok untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial

Kecerdasan spasial adalah kemampuan otak menggambarkan bentuk sebuah objek di kepala. Para orang tua dapat mulai melatih kecerdasan ini sejak anak masih di usia taman kanak-kanak. Caranya adalah dengan memberi mereka mainan seperti puzzle, objek-objek geometris dan mainan figurine.

  • Belajar Matematika dan Olahraga Untuk Meningkatkan Fluid Intelligence
BACA JUGA  Dampak Negatif Suka Menunda-Nunda Pekerjaan dan Penyebabnya

Fluid intelligence adalah kemampuan seseorang untuk berpikir secara abstrak, mengidentifikasi pola, menyelesaikan masalah dan melihat hubungan tanpa menggunakan pengetahuan sebelumnya. Kecerdasan ini biasa digunakan saat manusia menghadapi situasi baru. Kecerdasan ini dapat diasah lewat permainan-permainan matematika.

Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat menjadi cara meningkatkan kecerdasan intelektual yang bersifat fluid intelligence ini. Hal ini karena ada hormon yang dikeluarkan saat aktivitas yang bermanfaat untuk area hipokampus. Hipokampus sendiri merupakan bagian otak yang bekerja untuk belajar serta mengingat.

  • Beri Anak Kepercayaan

Tidak peduli seberapa pintar seorang anak, tidak akan ada bedanya jika orang tua tidak mengekspresikannya. Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok anak (yang dipilih secara random) menunjukkan bagaimana kuatnya sebuah kata-kata memengaruhi IQ mereka.

Kelompok anak yang sudah dipilih ini diberi predikat ‘pintar’ oleh guru mereka. Secara mengejutkan di akhir tahun ajaran terjadi perubahan yang signifikan dari nilai tes IQ mereka. Padahal tidak ada perubahan cara belajar apapun yang dilakukan oleh guru mereka. Ini adalah bukti bahwa kata-kata saja bisa memberikan efek yang besar dalam diri anak.

  • Puji Usaha Keras Anak
BACA JUGA  Kebahagiaan Ibu Ikut Menentukan Kebahagiaan Anak. Sudah Bahagiakah Anda ?

Pujian akan bekerja paling efektif ketika difokuskan pada proses dan komitmen, bukan hasil akhir. Alih-alih memuji karena nilainya yang bagus, berikan apresiasi untuk langkah-langkah yang dilakukan anak dalam prosesnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat pujian dari proses memiliki pola pikir yang lebih baik dibanding anak yang dipuji karena hasil semata.

  • Ajarkan Disiplin Pada Anak

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan intelektual pada anak usia sekolah adalah melatihnya untuk disiplin sejak dini. Menurut Paul Tough dalam bukunya yang berjudul How Children Succeed: Grit, Curiosity and the Hidden Power of Character (2012), mengajarkan disiplin ternyata berpengaruh besar pada tingkat IQ anak. Hal ini dapat mulai ditanamkan dengan cara memberi jadwal seimbang dan mengajaknya patuh pada apa yang sudah ditetapkan.

  • Dukung Anak Untuk Menguji kecerdasannya

Orang tua tidak akan tahu tingkat kecerdasan anaknya jika tidak dilakukan tes. Beragam aktivitas seperti kuis, tes IQ hingga perlombaan-perlombaan seperti cerdas cermat dapat membantu anak mengasah kemampuan intelektualnya.

Selain melalui 7 langkah di atas, cara meningkatkan kecerdasan intelektual lain yang dapat ditempuh oleh para orang tua adalah dengan mengikutsertakan anak dalam training ESQ. Dalam pelatihan ini, anak-anak akan dibantu untuk mengenali potensi diri serta memaksimalkannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Yuk, daftarkan diri buah hati Anda untuk mengikuti Training Kids & Teens dari ESQ dengan trainer berlisensi dari Ary Ginanjar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

BACA JUGA  Kisah Inspiratif Facebook, Produk yang Merubah Dunia, Amazing!

7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Sekolah

Pelatihan Parenting Terbaik - Mandatory Guidance For Parents
Pelatihan Motivasi, Karakter dan Kepemimpinan untuk Anak remaja - ESQ Training

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by