Cara Coaching Anak Buah yang Tidak Terkesan Menggurui

By December 5, 2019 Artikel, Coaching
Cara Coaching Anak Buah yang Tidak Terkesan Menggurui
expert-in-character-building

Cara Coaching Anak Buah yang Tidak Terkesan Menggurui. Coaching sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Namun, coaching yang tidak tepat justru akan membuat kinerja karyawan makin menurun.

Menjadi pemimpin tim di sebuah organisasi atau perusahan menuntut seseorang untuk mengetahui tentang teknik coaching. Apalagi, bila memimpin sebuah tim yang dituntut untuk mencapai target tinggi. Hal ini tentunya membutuhkan tim yang solid dan berkualitas serta kinerja yang tidak main-main. Cara coaching anak buah juga harus dilakukan dengan benar.

Untuk mencapai target tersebut, seorang pemimpin perlu melakukan coaching yang tepat. Coaching sendiri dapat diartikan sebagai bimbingan dan pengarahan kepada seseorang atau tim (dalam hal ini anak buah) agar memperoleh wawasan baru untuk mencapai kinerja yang optimal.

Coaching anak buah sebaiknya juga tidak terkesan menggurui. Maksudnya, tetap anggap mereka sebagai rekan kerja yang sejajar agar mereka merasa nyaman pada saat proses coaching. Beberapa cara coaching anak buah yang tidak terkesan menggurui, seperti:

Tanyakan Kendala yang Dihadapi

Kinerja anak buah yang tidak optimal biasanya dipengaruhi oleh berbagai macam kendala. Tanyakan kepada mereka, kira-kira kendala apa saja yang ditemukan dalam bekerja dan apa hambatan yang dihadapi selama mengejar target. Atasan harus mengetahui secara detail.

Setelah mengetahui masalah yang dihadapi oleh para anak buah, selanjutnya tugas atasan untuk memetakan masalah yang ada secara lebih spesifik. Perlihatkan kepada bawahan dampak yang timbul akibat masalah-masalah tersebut. Tentunya dengan cara yang positif, karena ini merupakan bagian dari cara coaching anak buah yang tidak menggurui.

Ajak Diskusi Santai

Kumpulkan tim dan ajak mereka untuk berdiskusi secara santai. Jangan mengancam atau mengintimidasi, gunakan pendekatan yang positif, tetapi tetap mengena. Hal ini perlu dilakukan agar mental seluruh anggota tim tidak down, sehingga mereka masih tetap semangat untuk diajak menyelesaikan masalah dan menemukan solusinya.

Dari kendala dan hambatan yang telah ditemukan, tanyakan kepada tim secara terbuka, bagaimana masalah bisa muncul, apa pemicu masalah tersebut, kapan masalah terjadi, dan siapa yang bertanggung jawab. Ajukan pertanyaan secara spesifik dengan menggunakan bahasa-bahasa yang santai, agar tidak terkesan sedang memarahi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya akan menuntun ke sumber masalah yang ada. 

Kendala atau masalah yang dihadapi oleh para bawahan biasanya terjadi karena beberapa faktor yang kemudian membuat kinerja mereka menurun. Pada saat mereka menyampaikan keluh kesahnya, atasan wajib untuk berempati dengan mendengarkan dan memberikan saran. Cara coaching anak buah seperti ini dapat meningkatkan self esteem mereka.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi kinerja karyawan, seperti:

  1. Kompetensi
  2. Job desc yang tidak jelas
  3. Fasilitas kerja
  4. Lingkungan kerja
  5. Motivasi

Mengidentifikasikan faktor-faktor di atas dapat membantu dalam proses pencarian solusi bersama.

Bersama-sama Mencoba Mencari Solusi

BACA JUGA  5 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Sesudah mengetahui masalah yang timbul dan faktor-faktor yang memengaruhinya, kini saatnya mencari solusi yang mungkin dapat diambil. Sebaiknya ajak juga para anak buah dalam mencari solusi terbaik. Tanyakan kepada mereka terlebih dahulu, apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kinerja mereka agar optimal. 

Catat dan berikan masukan terhadap solusi yang telah mereka sampaikan. Karena mereka yang menghadapi masalah tersebut, pastinya mereka akan mencoba memberikan solusi dengan sungguh-sungguh.

Membuat Rencana Kerja dan Tindakan Pencegahan

Cara coaching anak buah selanjutnya, setelah mengetahui solusi apa yang kemungkinan diambil, adalah membuat rencana kerja ke depan dan tindakan pencegahannya. Hasil dari diskusi dengan tim bisa dimasukkan ke dalam tabel-tabel perencanaan yang dibuat secara rinci dan jelas.

Di dalam tabel tersebut, tuliskan jenis masalah yang dihadapi para bawahan dan tindakan yang akan diambil bila masalah tersebut muncul. Berikan juga keterangan siapa yang bertanggung jawab, kapan akan dieksekusi, sumber daya yang dibutuhkan, dan pencapaian yang diharapkan dari pengambilan tindakan tersebut. Dengan membuat rencana kerja seperti ini, tim tidak akan kaget dan gamang dalam menghadapi masalah.

Selalu Tindak Lanjut Hasil Kerja

BACA JUGA  Apa Definisi Masalah Menurut Anda ?

Diskusi kelompok terarah seperti di atas sebaiknya dilakukan secara rutin, meskipun kinerja karyawan optimal dan stabil. Selalu tindak lanjut hasil kerja bawahan, cek apakah masih ada masalah-masalah yang sering muncul, atau justru ada masalah baru yang belum terselesaikan. Tindakan ini juga membuktikan kepada bawahan bahwa pemimpin mereka peduli terhadap kemajuan timnya.

Bila ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara coaching anak buah yang baik dan benar, Anda bisa mencoba mengikuti pelatihan ESQ Leadership Center (ESQ LC) yang berada dibawah kepemimpinan Ary Ginanjar . Tidak hanya belajar mengenai coaching saja, di ESQ LC juga akan dilatih bagaimana menjadi seorang leader yang sempurna.

Semoga artikel ini bermanfaat:

Cara Coaching Anak Buah yang Tidak Terkesan Menggurui

Baca juga :

Tidak Hanya Profesi Dokter dan Psikolog yang Bisa Buka Praktik, Coach Juga!
Bagaimana Tips Memilih Coach Yang Tepat
Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja
Keuntungan Metode Coaching dalam Pengembangan Potensi Karyawan
Manfaat Coaching untuk Karyawan dan Perusahaan yang Perlu Anda Tahu

BACA JUGA  Excellence Performance Coaching Workshop AUTO2000 Batch ke-2 di September 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by