Mengapa Perlu Coaching untuk Membangun Mental Calon Pebisnis?

By Desember 4, 2019 Artikel, Coaching
Mengapa Perlu Coaching untuk Membangun Mental Calon Pebisnis
expert-in-character-building

Mengapa perlu coaching untuk bisa menjadi pebisnis? Inilah beberapa alasan coaching baik untuk calon pelaku bisnis.

Membangun bisnis tidak hanya membutuhkan keahlian dan modal, tetapi juga mental positif. Coaching adalah salah satu cara menciptakan pebisnis berkualitas. Mengapa perlu coaching untuk membangun mental calon pebisnis? Hal ini terkait dengan sifat metode pelatihan tersebut yang memberi instruksi serta umpan balik tanpa banyak ikut campur.

Dalam metode coaching, calon pebisnis tetap melakukan langkah-langkah untuk membangun bisnisnya. Akan tetapi, sepanjang “perjalanan”, mereka akan dibimbing oleh seseorang yang sudah berpengalaman dan bertindak sebagai mentor. Pelatihan model ini ternyata cukup bagus untuk membangun karakter pebisnis bermental baja. Berikut beberapa alasan mengadopsi mental positif lewat metode coaching.

 

Mengenali Tantangan Spesifik dengan Lebih Jelas

Banyak calon pebisnis yang terjun tanpa memahami tantangan yang akan mereka hadapi. Akibatnya, mereka tidak siap saat harus menghadapi dampak dari tantangan atau hambatan tersebut. Dalam coaching, mentor biasanya sudah memiliki pengalaman, sehingga calon pebisnis akan dibimbing untuk mengenali tantangan sesungguhnya dalam bidang yang dikejarnya.

Memahami tantangan spesifik juga membantu pebisnis menghindari pemborosan waktu, energi, dan modal. Calon pebisnis bisa mengerahkan energi untuk mengantisipasi hambatan spesifik, sehingga persiapan untuk mengembangkan bisnis akan lebih matang.

 

BACA JUGA  Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja

Mendapat Calon Rekan Bisnis Potensial

Memperluas jaringan koneksi adalah alasan bagus mengapa perlu coaching untuk membangun mental calon pebisnis. Karena mentor biasanya datang dari pihak yang berpengalaman, calon pebisnis akan mendapat kesempatan untuk memperluas jaringan koneksinya. Setelah masa pelatihan selesai, si pebisnis baru bisa terus menjalin koneksi dengan mantan mentornya.

Mengapa hal ini baik untuk mental pebisnis? Salah satunya adalah meningkatkan rasa aman. Selain kebanggaan karena bisa mendapat rekan potensial, si pebisnis baru juga akan lebih tenang karena memiliki tambahan pihak yang bisa membantunya dalam mengembangkan bisnis.

 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Mengikuti proses pendampingan oleh mentor akan meningkatkan kepercayaan diri calon pebisnis. Hal ini karena terjun ke dunia bisnis bisa terasa seperti memasuki dunia asing. Seorang mentor berpengalaman bisa membimbing calon pebisnis untuk memilih strategi yang tepat dengan risiko paling sedikit.

Kepercayaan diri juga merupakan alasan mengapa perlu coaching untuk mendatangkan keuntungan jangka panjang. Pebisnis dengan kepribadian positif dan percaya diri tinggi mampu meyakinkan calon pelanggan untuk memilih produknya. Kepercayaan diri juga akan mendorong pebisnis untuk merambah bidang baru atau melakukan inovasi.

 

BACA JUGA  Tujuan Coaching Dalam Manajemen Kinerja

Meningkatkan Kemampuan Membuat Prioritas

Terkadang, Anda mungkin tidak paham tentang mana yang harus menjadi prioritas dan mana yang tidak dalam dunia bisnis. Banyak calon pebisnis baru yang kebingungan dan kelelahan karena tidak mampu membuat prioritas. Mentor dalam metode coaching akan membantu mengenali prioritas sehingga kegiatan bisnis akan lebih lancar.

Kemampuan mengenali prioritas tidak hanya mengurangi kelelahan, tetapi juga membuat bisnis menjadi lebih efisien. Pemilik bisnis tidak perlu memusingkan diri dengan hal-hal yang bukan prioritas. Hal ini akan sangat menghemat tenaga, waktu, dan modal.

 

Menciptakan Mental Pebisnis Tahan Banting

Kisah para pebisnis sukses tidak terjadi begitu saja. Mereka harus melalui tahun-tahun penuh kesulitan sebelum bisa mencapai posisi yang sekarang. Calon pebisnis bisa belajar dari pebisnis yang sudah sukses lebih dulu, terutama jika pebisnis tersebut bergerak di bidang yang sama.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari coaching soal menjadi pebisnis tahan banting. Misalnya, calon pebisnis bisa memahami kesulitan mengumpulkan modal awal, bersaing dengan pebisnis lain, hingga menemui kerugian. Calon pebisnis bisa belajar dari mentornya untuk menghadapi kejadian tak terduga tersebut dengan sikap lebih positif.

Membentuk mental pebisnis sejati butuh waktu, tetapi Anda bisa membentuknya lewat potensi diri yang bisa digali. ESQ Leadership Center, contohnya, adalah pelatihan motivasi berkualitas di Indonesia yang bisa mengembangkan mental pebisnis lewat prinsip coaching.

ESQ Leadership Center menawarkan paket untuk berbagai usia, termasuk karyawan dan calon pebisnis. Proses pelatihan ini bertujuan menggali potensi terdalam Anda, terutama jika ingin menjadi wirausahawan sukses. Pahami alasan mengapa perlu coaching, dan pilih paket pelatihan yang tepat agar bisa membentuk mental pebisnis sukses.

Semoga artikel ini bermanfaat:

BACA JUGA  Jadikan Bulan Suci Penuh Makna dengan Rangkaian Kegiatan Ramadhan Ala ESQ Ini

Mengapa Perlu Coaching untuk Membangun Mental Calon Pebisnis?

Baca juga :

Tidak Hanya Profesi Dokter dan Psikolog yang Bisa Buka Praktik, Coach Juga!
Bagaimana Tips Memilih Coach Yang Tepat
Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja

Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?