Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja

By November 28, 2019 Artikel, Coaching
Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja
expert-in-character-building

Manfaat coaching bagi mahasiswa – Dunia kerja adalah dunia asing untuk mahasiswa. Cari tahu cara agar Anda atau mereka lebih siap menghadapi dunia kerja. 

Coaching merupakan metode pengembangan sumber daya manusia yang mengusung konsep hubungan setara antara coach dan coachee untuk memberdayakan dirinya. Institusi pendidikan seperti perguruan tinggi melihat manfaat coaching bagi mahasiswa sebagai persiapan memasuki dunia kerja.

Tujuan utama coaching adalah menggali dan mengembangkan potensi seseorang guna mencapai hasil optimal dalam kehidupan pribadi dan profesional. Mahasiswa perlu membekali diri dengan berbagai keterampilan agar mampu bersaing di dunia kerja. Apalagi, dari sudut pandang mahasiswa, kuliah dan bekerja adalah dua hal berbeda. 

Maka, mengikuti sesi coaching dapat membantu mahasiswa mengeluarkan hal-hal terbaik dari dirinya. Di bawah ini akan dibahas apa saja manfaat coaching bagi mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Mari simak penjelasannya.

 

Mengenali dan Menggali Potensi Diri
Setiap orang punya minat, bakat, dan kemampuan berbeda-beda. Datang ke kampus dan mengikuti perkuliahan saja kadang tidak cukup untuk mengetahui potensi diri. Melakukan hobi, bergabung dengan unit kegiatan mahasiswa, atau komunitas dapat membantu mahasiswa menemukan apa yang disukai.

 

BACA JUGA  Deretan Kegiatan Unik di Bulan Ramadhan dari Indonesia

Setelah mengenali minat dan bakat, sekarang bagaimana potensi itu bisa tergali sepenuhnya. Metode coaching termasuk cara tepat untuk menggali potensi yang dimiliki mahasiswa. Boleh dibilang, mengenali dan menggali potensi diri adalah modal awal untuk berada di jalan menuju sukses. 

 

Membangun Visi, Misi, dan Nilai Hidup
Usai memahami potensi diri, mahasiswa perlu merumuskan visi, misi, dan nilai hidup atau value yang ia pegang. Mengapa penting? Sama seperti ketika seseorang ingin pergi ke suatu tempat, ia harus punya kendaraan yang dipakai untuk tiba di sana. 

 

Visi dan misi ibarat kendaraan yang dipakai guna mencapai tujuan utama hidup. Sementara nilai hidup berperan sebagai kompas atau penunjuk arah yang akan membawa seseorang mencapai tujuan. Ketiganya akan melengkapi potensi diri yang sudah ada, sekaligus membantu dalam perencanaan karier mahasiswa.

 

Menumbuhkan Motivasi, Kemandirian, dan Komitmen
Salah satu manfaat coaching bagi mahasiswa adalah menggali harta karun tersembunyi, yaitu potensi diri. Ketika menemukan potensi luar biasa itu, perlahan motivasi dari dalam diri pun tumbuh. Ini menjadi penggerak bagi seseorang untuk bergerak maju mewujudkan impian yang dicita-citakan.

 

BACA JUGA  Wanita Sholehah Perhiasan Dunia, Sebaik-baiknya Perhiasan

Berangkat dari motivasi dalam diri, mahasiswa secara mandiri terdorong untuk mengoptimalkan kinerjanya. Karena kesadaran itu, ia jadi lebih berkomitmen ketika mengerjakan setiap tugas yang diberikan, terutama saat tugas itu berhubungan langsung dengan tujuan utamanya.

 

Melatih Keterampilan Mengambil Keputusan
Coach mendorong coachee untuk menemukan sendiri solusi atas permasalahan yang dihadapi, bukan menyuapi terus menerus dengan aneka solusi. Proses coaching membantu mahasiswa mengenali mana faktor yang bisa menghambat atau memberdayakan dirinya dalam mencapai tujuan. 

 

Ini membuat mahasiswa tidak tergantung dengan coach. Ia bisa berlatih mengambil keputusan untuk berbagai situasi yang tengah dihadapi. Kesalahan mungkin saja terjadi. Namun, kesalahan itu bagian dari proses pembelajaran yang perlu dilalui mahasiswa dalam perjalanannya meraih sukses. 

 

Membuat Rencana Karier

Poin 1 hingga 4 adalah modal penting bagi mahasiswa dalam merencanakan karier di dunia kerja kelak. Mempertimbangkan potensi diri, mahasiswa dapat membangun peta kariernya dengan pendampingan coach. Karena rencana karier dirancang sesuai minat bakat, maka mahasiswa termotivasi untuk menjalani setiap langkah dengan penuh komitmen.

 

Selain individual coaching, ada baiknya mahasiswa juga mengikuti group coaching. Proses tukar pengalaman antara peserta coaching akan memberi mahasiswa lebih banyak insight mengenai rencana karier, keterampilan apa saja yang dibutuhkan, dan pengembangan diri seperti apa yang perlu dilakukan.

Itulah 5 manfaat coaching bagi mahasiswa dalam persiapan memasuki dunia kerja. Berbekal pengalaman mengikuti sesi coaching, mahasiswa dapat menyiapkan rencana aksi dengan target terukur dan spesifik untuk mencapai tujuan karier yang diimpikan. Proses coaching membantu mahasiswa bersikap realistis dalam menentukan langkah apa saja yang perlu diambil. 

Ingin mencoba program coaching untuk mahasiswa? ESQ Leadership Center (ESQ LC) sebagai lembaga training motivasi terbaik di Indonesia memiliki lebih dari 40 program training untuk semua kalangan usia. Anak, remaja, dan dewasa bisa mengikutinya, termasuk mahasiswa.

Dengan memilih program training motivasi bersama coach profesional dan berpengalaman, membangun karier di masa depan bukan lagi sebatas angan-angan. Lewat pengenalan potensi diri, penentuan target jelas dan spesifik, dan persiapan langkah realistis menuju karier impian, mahasiswa akan terbantu untuk menghadapi dunia kerja secara optimal.

Berminat?

BACA JUGA  Tips Public Speaking, Bahasa yang Perlu Anda Perhatikan Saat Berbicara di Depan Umum

Semoga artikel ini bermanfaat:

Manfaat Coaching bagi Mahasiswa untuk Persiapan Kerja

Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?