5 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

12 - ESQ Ramadhan - Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa
expert-in-character-building

5 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa – Aroma mulut yang tak sedap seringkali kita alami saat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Hal ini tentu membuat kita merasa tak percaya diri. Tapi, jangan jadikan ini alasan untuk tidak melaksanakan kewajiban kita sebagai Muslim ya. Sebab, banyak kok langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

Perlu diketahui, bau mulut saat berpuasa disebabkan oleh kurangnya cairan yang masuk. Kondisi ini menyebabkan keringnya area mulut sehingga bakteri dan kuman mudah bersarang di sana.

Nah, untuk menyiasati kondisi tersebut, Anda bisa mencoba langkah jitu berikut ini. Selain efektif, cara ini tak akan membatalkan ibadah puasa Anda lho.

 

Rajin Menggosok Gigi

Cara satu ini tentu sudah Anda pahami betul. Dengan menggosok gigi, sisa-sisa makanan yang ada di sela gigi. Perlu diketahui, kotoran tersebut adalah sumber utama penyebab bau mulut. Jika tidak dibersihkan, kuman dan bakteri tentu akan lebih mudah berkembang biak di sana.

Waktu ideal untuk menggosok gigi saat Ramadhan adalah di waktu sahur, berbuka, dan sebelum tidur. Dengan begitu, Anda bisa menghindari makruh tanpa harus mengabaikan kebersihan area mulut.

 

BACA JUGA  Daftar Ide Kegiatan Ramadhan yang Unik dan Penuh Kesan

Berkumur Menggunakan Mouthwash

Sayangnya, menyikat gigi belumlah cukup untuk membuat gigi Anda bersih sempurna. Oleh sebab itu, Anda juga harus rajin berkumur menggunakan mouthwash. Produk ini berfungsi untuk menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

Ingatlah untuk tidak berlebihan dalam menggunakan obat kumur. Penggunaan di luar dosis yang dianjurkan justru akan membuat mulut kering dan memicu timbulnya sariawan. Tidak mau kan ibadah puasa terganggu karena hal ini?

 

Bersihkan Area Lidah

Area ini seringkali luput diperhatikan ketika membersihkan mulut. Padahal lidah yang kotor juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

Kalau Anda perhatikan, permukaan lidah kita ditutupi oleh bintil kecil yang disebut papilae. Dalam lekuk papilae itulah bakteri, sel kulit mati, dan partikel kecil sisa makanan penyebab bau mulut terkumpul.

Oleh sebab itu, Anda wajib membersihkan area tersebut agar bisa menghilangkan bau mulut saat puasa. Agar lebih maksimal, jangan lupa gunakan tongue scraping atau pembersih lidah.

 

BACA JUGA  Acara Edutainment yang Wajib Anda Saksikan di Bulan Ramadhan

Jaga Makanan

Meskipun banyak menu lezat dan menggugah selera untuk berbuka puasa ditawarkan, pastikan untuk mengonsumsinya dengan tidak berlebihan ya. Sebab, makanan juga bisa jadi faktor pemicu timbulnya bau mulut.

Bahkan, ada jenis makanan tertentu yang wajib Anda hindari jika ingin menghindari bau di area mulut. Contohnya makanan manis, junk food, lemak, atau kopi. Kandungan alami pada makanan tersebut akan lebih lama menempel di sela gigi.

Oleh sebab itu, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah ketika puasa. Selain kanudngan nutrisinya baik untuk tubuh, makanan ini juga bagus untuk kesehatan mulutmu. Jangan lupa pula perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka puasa.

 

Lakukan Olahraga Ringan

Tahukah Anda? Olahraga juga jadi cara terbaik untuk mengatasi masalah bau mulut lho. Sebab, saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan racun-racun yang tidak berguna dalam tubuh termasuk penyebab penyakit di area mulut.

Jadi, jangan lupa untuk tetap berolahraga meski sedang berpuasa ya. Lakukan saja olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang agar puasa Anda tetap terjaga.

Yuk, praktikan tips menghilangkan bau mulut saat puasa ini di rumah. Dengan begitu, Anda pasti lebih percaya diri dan makin khusyuk menjalankan ibadah Ramadhan. Selamat menjalankan puasa!

Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by