Ini Dia 4 Cara Supaya Tetap Sehat Saat Puasa

11 - ESQ Ramadhan - Tetap Sehat Saat Puasa
expert-in-character-building

Ini Dia 4 Cara Supaya Tetap Sehat Saat Puasa – Metabolisme tubuh terkadang jadi menurun saat bulan Ramadhan. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan makanan dan cairan ke dalam tubuh selama sehari penuh. Namun, jangan jadikan ini alasan untuk tidak menjalankan ibadah saum ya. Sebab, masih banyak cara kok yang bisa membantu Anda supaya tetap sehat saat puasa.

Berikut ini adalah tips yang bisa dicoba Agar tubuh senantiasa bugar dan sehat di bulan Ramadhan.

Penuhi Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh

Dehidrasi adalah keluhan yang kerap dialami oleh orang yang menjalankan puasa. Hal ini sebenarnya wajar terjadi. Sebab, tak banyak asupan air yang masuk ke dalam tubuh. Terutama pada saat siang hari ketika kita aktif melakukan kegiatan.

Meski berpuasa, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan begitu, stamina akan senantiasa fit dan terjaga. Anda pun bisa beraktivitas dengan lancar

Cara untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh selama puasa adalah minum air putih yang teratur. Jadwalkan sekala berkala di waktu sahur, berbuka, dan malam sebelum tidur. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan lemas saat saum.

 

BACA JUGA  Jadikan Bulan Suci Penuh Makna dengan Rangkaian Kegiatan Ramadhan Ala ESQ Ini

Pilih Menu Tertentu

Tips agar Anda tetap sehat saat puasa yang selanjutnya berkaitan dengan menu Ramadhan. Beberapa orang kerap memuaskan diri dengan memanjakan perut saat sahur atau berbuka. Mereka akan mengonsumsi makanan apapun tanpa memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Mulai dari gorengan hingga es buah seringkali jadi andalan untuk melepas lapar dan dahaga. Sayangnya, menu tersebut adalah penyebab dari batuk, sakit tenggorokan,konstipasi, hingga dehidrasi saat puasa.

Oleh sebab itu, Anda wajib untuk selalu memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di menu sahur atau berbuka. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, atau oats yang membuat perut kenyang lebih lama. Tetap mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung serat baik untuk tubuh.

 

Makanan sehat pasti akan membuat Anda makin semangat menjalankan ibadah puasa. Yang penting, jangan berlebihan saat berbuka atau sahur, ya!

 

Tetap Berolahraga

Memasuki bulan Ramadhan bukanlah alasan bagi Anda untuk puasa olahraga. Kegiatan ini justru wajib dilakukan supaya tubuh senantiasa bugar meski sedang menjalankan ibadah saum.

Tak perlu melakukan olahraga berat. Hal ini justru akan membuat Anda mudah kelelahan dan mudah mengalami dehidrasi. Lakukan saja gerakan-gerakan ringan namun intens. Contohnya adalah jogging, jalan santai, bersepeda, yoga, hingga naik turun tangga.

Lakukan kegiatan ini selama 20-30 menit sebelum berbuka puasa. Lumayan kan berolahraga sembari ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa tiba?

 

BACA JUGA  Manfaatkan Cuti Bersama Lebaran 2019 dengan Deretan Kegiatan Berikut

Istirahat yang Cukup

Anda pasti pernah mendengar hadits yang menyatakan tidurnya orang puasa adalah ibadah. Ternyata hal ini cukup beralasan lho. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh tetap bugar meski menjalankan saum.

Tidur yang cukup membantu kinerja otak berjalan dengan baik. Tekanan darah menjadi normal, daya ingat semakin meningkat, konsentrasi bertambah, hingga turunnya risiko diabetes bisa Anda rasakan. Anda pun bisa menjalankan serangkaian ibadah seperti tarawih atau tadarus dengan lancar.

Meski tidur termasuk rangkaian ibadah di Ramadhan, jangan dilakukan secara berlebihan ya. Sebab, bukannya segar tubuh malah bisa jadi semakin lemas. Sebaiknya buat jadwal tidur selama bulan puasa. Contohnya tidur malam pukul 22.00 s.d. 03.00 dan tidur siang selama 30-45 menit.

Selamat mencoba tips bermanfaat ini, ya! Jika rutin dilakukan, tubuh Anda pasti akan tetap sehat saat puasa. Anda pun dapat beraktivitas harian dengan maksimal dan selalu khusyuk  menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

 

Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by