9 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Ini Dapat Anda Praktikkan Selama Bulan Ramadhan, Yuk Coba!

expert-in-character-building

9 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Ini Dapat Anda Praktikkan Selama Bulan Ramadhan, Yuk Coba! – Salah satu keistimewaan dari bulan Ramadhan ialah adanya malam Lailatul Qadar, yang munculnya di 10 hari terakhir Ramadhan. Lalu, bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadar? Apa aja amalan yang harus dikerjakan? Untuk mengetahuinya simak sejenak ulasan berikut.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui, Lailatul Qadar berlangsung dari malam hari. Tepatnya dimulai dari terbenamnya matahari hingga terbit fajar di waktu subuh. Malam Lailatul Qadar memang sangat istimewa. Untuk itu, kedatangannya sangat diharapkan oleh semua umat Muslim. Seperti yang tertuang dalam QS Al-Qadr : 3-5.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabb-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al Qadr : 3-5)

Nah untuk membantu Anda mendapatkan malam istimewa ini, 9 cara mendapatkan malam Lailatul Qadr berikut bisa coba Anda praktikkan di Ramadhan kali ini. Di antaranya :

Luruskan Niat untuk Beribadah Kepada Allah Subhanahu Wa’Taala

Pertama, yang harus Anda lakukan ada;lah luruskan niat. Semua yang Anda lakukan semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah dan mengejar ridha Allah.

Bermujahadah Dalam Ibadah

Maksud bermujahadah di sini adalah melakukan ibadah melebihi kesungguhan Anda di hari-hari selain di bulan Ramadhan. Anda harus lebih bersungguh-sungguh saat beribadah pada bulan Ramadhan. Contohnya seperti berpuasa tanpa melakukan maksiat dalam hal apapun, membaca Alquran disertai dengan pemahaman dan penghayatan, serta, melakukan sholat tarawih tanpa putus dengan tumaninah

Menjalani Syariat Allah Subhanahu Wa’Taala

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan  untuk mendapakan malam Lailatul Qadar adalah dengan cara menjalani apa yang telah disyariatkan oleh Allah Subhanahu Wa’Taala. Seperti zakat maal bagi hartawan, atau memakai jilbab bagi yang wanita

Itikaf di Masjid

Itikah di Masjid juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan malam Lailatul Qadar. Hal ini juga pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW saat bulan Ramadhan

Khusyuk dalam Menjalani Ibadah

Kekhusyukan saat ibadah saat bulan Ramadhan perlu Anda tingkatkan lagi. Tidak banyak tidur dan berbicara.

Berazam dan Bersumpah  untuk Taubatan Nasuha

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar adalah dengan berazam dan bersumpah untuk taubatan nasuha. Berjanji tidak akan berbuat zalim dan menyakiti hati siapapun.

Minta Maaf

Minta maaf juga bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk mendapatkan malam Lailatul qadar. Anda bisa meminta maaf kepada siapa saja termasuk keluarga, sahabat yang pernah Anda sakiti.

Tidak Menyia-Nyiakan Waktu

Manfaatkanlah waktu Ramadhan ini untuk melakukan banyak hal baik, terutama untuk melaksanakan ibadah. Jangan sampai waktu yang Anda lewati ini terbuang dengan sia-sia. Perbanyaklahh berdzikir, beristighfar, bershalawat, menjaga diri agar tetap dalam wudhu serta perbanyak sedekat

Sungguh-Sungguh dalam Berdoa

Yang terakhir, jika Anda ingin mendapatkan malam Lailatul Qadar, Anda harus sungguh-sungguh dalam berdoa. Anda harus meyakini bahwa Allah akan mengampuni dosa Anda dan mengambulkan doa yang Anda pinta dalam sholat.

Nah, yakinkah Anda bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar? Praktikkan cara mendapatkan malam Lailatul Qadar yang disebutkan di atas. Teruslah berada pada jalan ketaatan  yang sudah Allah perintahkan. Semoga hal-hal baik yang Anda lakukan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah Subhanahu Wa’Taala.

BACA JUGA  5 Kegiatan Bermanfaat yang Biasanya Diadakan Saat Bulan Ramadhan di Sekolah
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by