Ini Dia 5 Amalan Puasa Ramadhan Saat Haid

Ini Dia 5 Amalan Puasa Ramadhan Saat Haid
expert-in-character-building

Ini Dia 5 Amalan Puasa Ramadhan Saat Haid – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Muslim di dunia. Semua umat Muslim berharap bisa menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Namun, sayangnya ada beberapa orang yang tidak bisa merasakan nikmatnya berpuasa di bulan Ramadhan.

Beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa adalah orang lanjut usia dan musafir. Selain itu, ada juga yang memang diharamkan untuk berpuasa yaitu perempuan yang sedang dalam masa nifas (sehabis melahirkan) dan juga perempuan yang sedang datang bulan atau haid.

Rasanya pasti sedih jika tidak bisa menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan yang akan diganjar pahala berkali-kali lipat oleh Allah SWT. Namun, jangan dulu bersedih dan galau. Anda tetap bisa melakukan amalan-amalan ini saat sedang haid. Berikut 5 amalan puasa Ramadhan saat haid.

Menyiapkan Makanan Berbuka Puasa Bagi yang Berpuasa

Salah satu amalan puasa Ramadhan saat haid yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan makanan berbuka puasa atau iftar. Pahala orang yang menyiapkan makanan berbuka puasa, sama dengan pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa sedikit pun. Untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda lagi, Anda bisa menyiapkan makanan berbuka puasa untuk para musafir di masjid dan juga bagi kaum dhuafa yang membutuhkan seperti anak yatim piatu di panti asuhan.

Perbanyak Dzikir dan Doa

Walaupun sedang haid, kita tetap harus mengingat dan menyebut nama Allah SWT. Bahkan Allah SWT akan melipat gandakan pahala bagi perempuan yang selalu menyebut nama-Nya. Doa dan dzikir merupakan amalan yang paling mudah karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja selama kita mampu.

Menolong yang Kesusahan

Amalan puasa Ramadhan saat haid yang paling mudah dilakukan namun berlipat ganda pahalanya adalah menolong sesama yang sedang kesusahan atau khidmat. Meringankan beban orang lain merupakan keutamaan dari amalan ini.

Bersedekah

Tidak hanya pada saat bulan Ramadhan saja, sedekah merupakan amalan yang bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Bersedekah dapat memberikan kebahagiaan bagi orang yang membutuhkan. Bersedekah bisa dilakukan berupa sedekah materi maupun perbuatan. Jika Anda tidak bisa bersedekah materi, Anda bisa bersedekah perbuatan dengan cara menjadi bermanfaat bagi orang lain. Misalnya, melakukan aksi sosial dengan mengajar dan menghibur adik-adik yang ada di panti asuhan.

Mencari Ilmu

Mencari ilmu atau tholabul’ ilmi merupakan amalan puasa Ramadhan saat haid yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencari ilmu dengan banyak membaca buku-buku terkait agama Islam. Selain itu, saat bulan Ramadhan, pasti banyak majelis-majelis yang mengadakan kajian Keislaman. Mendatangi majelis-majelis ilmu tersebut sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan tentang agama Islam. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh H.R Muslim, yang berbunyi:

“Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT akan menunjukkan jalan surga baginya.”

Selain mendatangi kajian, Anda juga bisa mencari ilmu dengan mempelajari Al-Quran. Walaupun ada beberapa riwayat yang tidak memperbolehkan perempuan yang sedang haid membaca Al-Quran, jika mempelajari saja atau mendengarkan bacaannya masih diperbolehkan.

Itu tadi lima amalan puasa Ramadhan saat haid yang bisa Anda lakukan. Selain kelima amalan diatas, masih ada amalan yang bisa dilakukan yaitu mendorong orang lain untuk berbuat kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah, serta menjauhi segala larangan-Nya. Semoga amalan kita diterima Allah SWT.

BACA JUGA  Satu Doa yang Mampu Atasi Segala Masalah
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by