Makanan Khas Lebaran yang Selalu Menjadi Favorit

Makanan Khas Lebaran yang Selalu Menjadi Favorit
expert-in-character-building

Makanan Khas Lebaran yang Selalu Menjadi Favorit – Setelah satu bulan berpuasa, lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Muslim di dunia. Lebaran menjadi momen untuk pulang kampung, saling bermaafan dan juga waktunya untuk membeli baju baru. Selain itu, apalagi yang ditunggu kalau bukan makan-makan!

Ya! Pada saat Lebaran semua keluarga akan berkumpul untuk bersilaturahim. Nah, acara kumpul-kumpul tentunya tidak akan lengkap jika tidak menghidangkan makanan khas yang selalu ada pada saat Lebaran. Ini dia beberapa makanan khas Lebaran yang selalu ada di meja makan dan menjadi favorit semua orang.

Ketupat

Si putih yang terbuat dari beras atau ketan ini menjadi makanan khas Lebaran yang wajib ada di meja makan. Selain di Indonesia, ketupat bisa Anda temui di Malaysia, Singapura, Filipina dan juga Brunei Darusalam. Selain sebagai pelengkap hidangan Lebaran, ketupat ternyata memiliki makna yang dalam, lho! Kulit ketupat yang dianyam mencerminkan perjalanan hidup yang tidak selalu mudah dan mulus dijalani. Selain itu, tali anyaman yang tidak putus mencerminkan pentingnya tali silaturahim antara saudara dan kerabat.

Opor Ayam

Makanan khas Lebaran yang selalu dijadikan menu utama adalah opor ayam. Makanan yang menjadi “jodohnya” ketupat ini berisi potongan ayam yang dipadukan dengan kuah santan gurih dan juga rempah-rempah khas Indonesia. Walaupun warnanya terkesan pucat, tapi rasanya jangan diragukan lagi. Yuumm!

Sambal Goreng Kentang Ati

Makanan yang satu ini bukan sambal dalam arti sesungguhnya, ya. Sambal goreng kentang ati merupakan makanan yang terdiri dari potongan kentang yang dipadukan dengan ati dan dibumbui dengan rempah-rempah yang semakin memperkuat cita rasanya. Agar semakin mantap saat disantap, biasanya sambal goreng kentang ati ini ditambah dengan potongan pete.

Rendang

Tidak hanya di Padang, rendang sudah menjadi makanan favorit semua daerah bahkan hingga ke luar negeri. Tidak heran jika makanan yang satu ini tidak pernah ketinggalan untuk disajikan saat Lebaran. Potongan daging sapi yang dipadukan dengan santan kental dan bumbu rempah khas Indonesia ini memang paling mantap jika disantap bersama ketupat dan opor ayam. Konon, cita rasa rendang semakin mantap walaupun sudah berhari-hari.

Semur Daging

Makanan yang satu ini juga menjadi makanan khas Lebaran dan menjadi favorit. Sekilas semur daging mirip dengan rendang. Namun semur daging mempunyai cita rasa yang lebih manis karena dimasak dengan kuah kecap hingga meresap ke dagingnya. Untuk semakin memperkuat rasanya, semur daging dibumbui dengan rempah-rempah khas Indonesia seperti ketumbar, merica, jintan, biji pala, lengkuas dan juga jahe.

Kue Kering

Salah satu yang tidak boleh ketinggalan untuk dihidangkan saat lebaran adalah kue kering. Kue kering yang menjadi favorit adalah nastar dengan isian selai nanas dan juga putri salju yang bertabur gula halus. Selain itu, ada juga yang menjadikan kastengel sebagai kue kering favorit yang selalu dihidangkan saat lebaran. Makanan yang berbahan dasar keju ini tidak hanya ada pada saat lebaran saja, tetapi juga pada saat Natal. Acara kumpul bersama keluarga semakin seru jika ditemani dengan camilan kue kering dan segelas teh hangat.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Lebaran yang wajib ada di meja makan dan menjadi favorit semua orang. Apapun makanannya, yang penting tetap kumpul dan silaturahim dengan keluarga dan kerabat, ya. Jadi, makanan apa yang menjadi favorit Anda dan keluarga?

BACA JUGA  Tips Mudik Lebaran biar Enggak Mabuk di Perjalanan
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by