Skip to main content

5 Cara Efektif Agar Tetap Sehat Saat Lebaran

5 Cara Efektif Agar Tetap Sehat Saat Lebaran - ESQ Ramadhan
expert-in-character-building

5 Cara Efektif Agar Tetap Sehat Saat Lebaran – Risiko berat badan meningkat hingga sakit pencernaan kerap menghantui kita saat Idul Fitri tiba. Hal ini disebabkan oleh banyaknya menu-menu lezat khas yang dihidangkan. Saat seperti ini biasanya kita akan sulit mengontrol diri dan cenderung “membalas dendam”, setelah menjalankan puasa Ramadhan selama sebulan. Akhirnya, tubuh pun kaget dan impian untuk tetap sehat saat Lebaran bisa kandas begitu saja.  

Anda tentu tak mau kan itu terjadi? Oleh sebab itu, sebaiknya simak ulasan berikut agar Anda dapat menjaga tubuh agar senantiasa fit di hari yang fitri.

Hindari Lapar Mata dan Hindari Menu Tertentu

Aneka menu menggugah selera pasti akan Anda temukan saat Lebaran tiba. Jenis-jenis makanan yang ditawarkan biasanya berupa camilan manis, opor ayam, gulai, sambal goreng, hingga ketupat. Kalau sudah begini, siapa sih yang bisa menolak?

Sebenarnya tidak ada salahnya kok menikmati beraneka menu khas Idul Fitri. Namun, jangan mengonsumsinya secara kalap dan berlebihan. Sebab, hal ini bisa membuat lambung Anda kaget lalu risiko kembung hingga maag bisa terjadi. Hasilnya, Anda mungkin bisa kehilangan momen silaturahmi bersama keluarga besar saat Lebaran.

BACA JUGA  Permasalahan Wanita Saat ini dan Solusinya Agar Bahagia

Oleh sebab itu, hindari lapar mata saat Lebaran. Nikmati menu yang ada dalam porsi kecil. Jangan paksakan diri untuk memasukan makanan jika memang merasa perut Anda sudah kenyang. Cegah juga menu tertentu seperti makanan manis dan berlemak. Sebab, inilah penyebab utama mengapa kadar kolesterol kerap naik di hari raya.

Perbanyak Konsumsi Air Putih, Sayur, dan Buah

Keinginan untuk menikmati menu Lebaran yang nikmat memang agak sulit dibendung. Oleh sebab itu, Anda harus pintar-pintar mengakalinya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan lho. Namun, langkah yang paling mudah dilakukan adalah memperbanyak konsumsi air putih, sayur, dan buah.

Meminum air putih setidaknya dua gelas sebelum makan akan berpengaruh terhadap pola makan Anda. Tanpa disadari, porsi makan yang Anda ambil akan lebih sedikit. Dengan begitu, asupan gula, sodium, dan lemak yang terkandung dalam menu Lebaran jadi semakin kecil masuk ke dalam tubuh.

Sayur dan buah juga bermanfaat untuk Anda yang ingin selalu sehat saat Lebaran. Kandungan serat yang ada di dalamnya akan membuat tubuh lebih mudah mencerna nutrisi. Anda juga bisa merasa kenyang lebih cepat sehingga nafsu untuk menyikat habis makanan Idul Fitri pasti bisa dihindari.

BACA JUGA  Ini Cara Bangkit Dari Kegagalan Dengan Quantum Excellence

Tetap Berolahraga

Biasanya orang akan malas melakukan olahraga saat Lebaran. Pasalnya, di hari libur ini mereka memang lebih banyak disibukkan dengan kegiatan silaturahmi yang cukup menyita waktu dan tenaga.

Kebiasaan tersebut tentu tidak boleh Anda tiru. Meskipun sedang menikmati libur Lebaran, Anda tetap wajib meluangkan waktu untuk berolahraga. Selain bisa menghilangkan racun dalam tubuh yang berasal dari menu Hari Raya, Anda juga bisa meningkatkan hormon endorfin.

Zat inilah yang mampu menjaga mood agar senantiasa gembira dan positif. Ini pula yang membuat nafsu makan menurun dan membantu Anda mengontrol diri untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Atur Pola Makan

Mengatur pola makan adalah langkah jitu untuk menjaga tubuh agar tetap fit saat Lebaran. Anda harus memperhatikan jadwal  dan cara mengunyah yang tepat. Contohnya tidak mengonsumsi makanan berat seperti ketupat dan opor ayam lebih di malam hari. Sebab, tubuh akan lebih lama mencerna makanan di  waktu tersebut. Kunyahlah makanan secara perlahan untuk menekan nafsu makan dan membantu kelancaran pencernaan.

BACA JUGA  Mencapai Sukses Seperti Sosok Idola Kita

Semoga tips sehat saat Lebaran ini bermanfaat. Jangan lupa untuk dikerjakan agar tubuh Anda senantiasa bugar di Idul Fitri nanti.

Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019
Talent Based Coaching Indonesia - ESQ - Belajar Menjadi Coach - Training Sertifikasi Coach

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.