Awas! Ini 5 Faktor Penyebab Bau Mulut Orang Puasa

Awas! Ini 5 Faktor Penyebab Bau Mulut Orang Puasa - 09 - ESQ Ramadhan
expert-in-character-building

Awas! Ini 5 Faktor Penyebab Bau Mulut Orang Puasa – Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar hadis ini bukan?

“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak wangi.” (H.R Bukhari no 1894 dan Muslim no. 1151).

Meski sudah mengetahui sabda tersebut, aroma tak sedap saat menjalankan puasa Ramadhan bisa membuat Anda kehilangan rasa percaya diri. Kerabat atau teman-teman pun merasa tak nyaman berada di dekat Anda. Hasilnya, Anda tidak bisa beraktivitas secara maksimal di bulan suci.

Inilah alasan kenapa Anda wajib mengetahui faktor apa saja yang jadi penyebab bau mulut orang puasa. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari semua risiko di atas.

Kira-kira apa saja ya pemicu aroma tak sedap di mulut saat berpuasa? Simak ulasan lengkap berikut ini yuk!

Kurangnya Produksi Liur

Menahan haus dan lapar selama seharian tentu bisa membuat kondisi tubuh kekurangan cairan. Akibatnya, area mulut akan menjadi kering karena produksi saliva atau air liur menurun.

Air liur sangat berguna untuk melembabkan mulut dan membilas kuman penyebab plak lho. Jika tak banyak produksi saliva dalam mulut, risiko keluarnya aroma tak sedap tentu akan semakin meningkat. Sebab, bakteri pasti akan lebih cepat dan mudah berkembang biak di sana.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk terus menjaga jumlah cairan dalam tubuh. Caranya adalah dengan membuat jadwal untuk minum air putih selama puasa. Idealnya adalah 2 gelas di waktu berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Jika dilakukan dengan rutin, aroma mulut Anda akan senantiasa terjaga kesegarannya.

 

BACA JUGA  Proses Menata Hidup

Masalah Pada Sistem Pencernaan

Selain dehidrasi, penyebab bau mulut orang puasa juga terjadi karena adanya gangguan di organ pencernaan seperti maag hingga radang usus. Masalah yang ditimbulkan dari penyakit tersebut adalah terganggunya penyerapan asupan nutrisi pada tubuh.

Untuk Anda ketahui, makanan yang tidak dicerna dengan baik adalah pemicu terjadinya asam lambung. Dari sinilah timbul gas berbau tak sedap yang bisa muncul lewat area mulut.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan lambung saat berpuasa. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan secara teratur saat sahur dan berbuka. Pastikan untuk tidak membiarkan perut kosong. Namun, tetap harus ingat untuk tidak kalap dan berlebihan saat menikmati menu Ramadhan. Dengan begitu, risiko bau mulut bisa dicegah.

 

Makanan

Faktor selanjutnya tentu saja berasal dari pola makan selama Ramadan. Orang-orang kerap membalas dendam puasa dengan cara mengonsumsi makanan secara berlebihan saat sahur atau berbuka. Mereka tentu tak akan memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut. Akibatnya, risiko mengalami bau mulut jadi semakin besar.

Sebaiknya Anda hindari makanan tertentu saat menjalankan ibadah puasa. Dengan begitu, bau mulut bisa lebih mudah dicegah. Contohnya saja adalah tidak mengonsumsi makanan seperti pete, jengkol, atau bawang putih yang memiliki aroma kuat. Kurangi pula asupan yang mengandung gula atau lemak tinggi. Sebab, keduanya mudah terselip di celah gigi dan sulit untuk dicerna dengan baik.

Perbanyak konsumsi air putih dan hindari kafein atau minuman soda. Perbanyak sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Gantilah camilan Anda dengan yoghurt atau kacang-kacangan.

Semoga informasi tentang penyebab bau mulut orang puasa ini bermanfaat ya. Jangan lupa untuk mempraktikkan langkah-langkah pencegahannya. Dengan begitu, Anda pasti jadi lebih percaya diri dan nyaman untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini.

Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by