5 Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

07 - ESQ Ramadhan - Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan
expert-in-character-building

5 Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu – Tahukah Anda? Ternyata ada banyak sekali manfaat menjalankan ibadah saum di bulan suci. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, Anda juga bisa merasakan hikmah puasa Ramadhan bagi kesehatan. Efek Yang paling terasa mungkin bobot yang turun sehingga Anda makin mudah menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, masih ada lagi keuntungan bagi bugarnya tubuh yang bisa Anda dapatkan.

Penasaran dengan manfaat apa saja yang bisa dirasakan selama menjalankan puasa Ramadhan? Simak ulasan lengkap berikut ini, ya!

Mengurangi Risiko Diabetes dan Penyakit Kardiovaskular

Diabetes dan kardiovaskular adalah jenis penyakit yang sering menghantui masyarakat Indonesia. Hal utama yang menjadi pemicu keduanya memang berasal dari gaya hidup yang tidak sehat. Contohnya adalah pola makan buruk dan olahraga.

Saat menjalankan ibadah puasa, jadwal makan jadi tertata dengan baik mulai dari sahur hingga berbuka. Anda pun jadi bisa membatasi diri untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Inilah mengapa saum Ramadhan memberikan banyak efek positif ke dalam tubuh.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa berpuasa dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 58%. Hal ini disebabkan karena penggunaan lemak yang jadi bahan bakar tubuh dilakukan secara maksimal saat puasa. Proses detoksifikasi pun berjalan dengan baik sehingga kadar kolesterol bisa berkurang.

Sensitivitas insulin pun menjadi lebih baik. Tubuh jadi lebih mudah mentolerir karbohidrat atau gula. Dengan begitu, risiko terkena penyakit diabetes jadi berkurang karena sel-sel dalam tubuh bisa mengolah glukosa darah dengan efektif.

Mengobati Penyakit Maag

Siapa bilang puasa Ramadhan bisa memperparah penyakit lambung? Para ahli kesehatan bahkan menyebutkan kalau ibadah saum di bulan suci adalah obat maag yang paling efektif.

Perlu Anda tahu, sakit maag biasanya dipicu oleh pola makan yang tidak teratur. Namun, jadwal makan jadi tertata dengan baik saat puasa Ramadhan. Sebab, kita akan mengonsumsi makanan hanya di waktu tertentu yaitu sahur dan berbuka.

Bagi penderita maag, menjalankan puasa di minggu awal Ramadhan memang terasa agak berat. Akan tetapi, lambung pasti akan terbiasa dengan kondisi ini. Hasilnya, Anda pun akan bisa menjalankan puasa dengan lancar tanpa harus khawatir mengalami kambuh sakit lambung.

Detoksifikasi  Kulit dan Mengatasi Jerawat

Hikmah puasa Ramadhan bagi kesehatan yang selanjutnya berkaitan dengan kecantikan. Keuntungan ini akan dirasakan oleh Anda yang memang punya masalah dengan jerawat membandel di wajah.

Saat berpuasa, tubuh beristirahat dalam proses mencerna makanan. Saat inilah sistem regeneratif bekerja lebih efektif untuk menjaga kesehatan kulit.

Tubuh pun jadi lebih mudah membersihkan racun. Sebab, organ seperti hati atau ginjal bisa berfungsi maksimal dalam proses detoksifikasi. Jadi jangan heran ya kalau kulit Anda tampak lebih cerah bersinar saat puasa.

Sehat Mental dan Lebih Bahagia

Bukan hanya fisik, kesehatan mental pun akan senantiasa terjaga selama Anda berpuasa. Sebuah penelitian psikologis menunjukan, tradisi Ramadhan dapat membuat kadar hormone endorfin meningkat pesat. Hal ini disebabkan karena selama saum, orang-orang akan berusaha untuk dekat dan berbuat kebaikan untuk kerabatnya. Inilah mengapa banyak orang jadi lebih bahagia di bulan suci.

Tak cuma itu, puasa pun bisa membantu Anda untuk meningkatkan produksi protein bernama Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF). Protein inilah yang bisa melindungi sel-sel otak kita dari gangguan penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Terbukti kan kalau ada banyak sekali hikmah puasa Ramadhan bagi kesehatan yang bisa kita rasakan? Semoga Anda semakin semangat menjalankan Rukun Islam ke-4 ini setelah mengetahui fakta ini, ya.

BACA JUGA  Renungan Idul Adha: Subhanallah..Apa Yang Dilakukan Ibu ini Membuat Kita Merasa Malu
Free Download jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H - 2019

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by