Mengapa Allah SWT Memerintahkan Umat Muslim untuk Puasa?

Mengapa Allah SWT Memerintahkan Umat Muslim untuk Puasa - ESQ Spesial Ramadhan
expert-in-character-building

Menjadi umat muslim kita harus menaati semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Shalat, zakat, puasa, dan masih banyak lagi aturan yang sudah tertulis dalam Al-Qur’an serta hadits shahih. Aturan-aturan ini diciptakan bukan tanpa alasan oleh Allah.

Salah satu aturan yang paling krusial adalah puasa. Mengapa Allah menyuruh umatnya untuk menahan lapar dan haus, dari terbitnya pagi hingga terbenamnya matahari? Apakah fungsi dari puasa tersebut untuk kita? untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut ini!

Memperoleh ketakwaan

Kewajiban manusia hidup di dunia ini adalah untuk menimba ilmu dan beribadah kepada Allah SWT. Dua hal inilah yang akan mengantarkan manusia memperoleh ketakwaan yang diberikan oleh-Nya. Ketakwaan tentunya akan membawa kita ke surga terbaik Allah di hari akhir nanti.

Mencegah dari perbuatan munkar

Maksiat, zina, sombong merupakan contoh dari sebagian perbuatan munkar yang sebaiknya kita jauhi. Melaksanakan puasa sebulan penuh di Bulan yang suci, tentu akan berdampak positif baik untuk fisik maupun jiwa kita. Untuk itu, lakukanlah puasa sebagaimana Ia telah diatur dalam Surah Al-Baqarah ayah 183-187.

BACA JUGA  Fakta Menarik Ramadhan yang Harus Anda Tahu!

Mempersempit ruang gerak setan

Telah kita ketahui bahwa setan sering kali masuk dan berjalan melalui pembuluh darah kita yang bisa menyebabkan penyakit-penyakit tertentu seperti darah tinggi, serangan jantung, bahkan stroke. Itulah kenapa Allah menyuruh kita untuk berpuasa sebagai pelancar peredaran darah dan mempersempit ruang gerak setan di tubuh kita.

Ingin Ramadhan Anda lebih berwarna? Coba luangkan waktu mengikuti kegiatan Spiritual Ramadhan yang diselenggarakan di Menara 165, Jakarta Selatan.

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by