Inilah Cara Mendidik Karakter Anak Kreatif yang Harus Bunda Tahu

By March 28, 2019 April 9th, 2019 Artikel, Parenting, Tips
Inilah Cara Mendidik Karakter Anak Kreatif yang Harus Bunda Tahu
expert-in-character-building

Anak mempunyai potensi masing-masing. Maka dari itu, sejak dini potensi anak harus dikembangkan Salah satu potensinya yaitu kreativitas. Karena kreativitas merupakan cara anak agar bisa menyelesaikan masalah, mampu menghasilkan pemikiran yang lebih kreaitf serta bisa mencoba hal-hal baru. Maka dari itu, sebaiknya para orang tua harus bisa menyadari akan hal ini. Karena, tidak semua anak di lahirkan mempunyai kelebihan dalam berpikir, tapi kreativitas anak bisa di latih agar terbentuk menjadi apa yang di harapkan orang tua.

Untuk mempertajam dan mengasah kreativitas anak, bisa dilakukan dengan cara yang di sukai anak-anak. Sebagaimana berikut.

 

Bermain - Inilah Cara Mendidik Karakter Anak Kreatif yang Harus Bunda Tahu

Bermain

Cara mudah mendidik anak agar kreatif yaitu dengan mengajaknya bermain. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan mainan yang di sukai anak. Mainan yang digunakan tidak harus yang mahal tapi bisa melatih kemampuan anak. Selain bermain di dalam rumah, orang tua juga perlu memberi kesempatan anak untuk bermain di luar rumah bersama teman-temanya. Sehingga anak mempunyai pengalaman dalam berinteraksi dengan lingkuangan sekitar.

BACA JUGA  Kisah Hidup Rowan Atkinson, Si Gagap Aktor Kelas Dunia, Amazing !

biarkan anak berimajinasi - Inilah Cara Mendidik Karakter Anak Kreatif yang Harus Bunda Tahu
Biarkan Anak Berimajinasi

Jangan batasi anak untuk berimajinasi dengan cara merikan buku yang di sukai anak. Dengan membaca, bisa mempunyai kesempatan untuk berpikir dan berimajinasi. Selain memberikan imajinasi, membaca juga bisa menambah bahasa anak, sehingga anak bisa menemukan kosa kata baru.

pertanyaan kreatif - biarkan anak berimajinasi - Inilah Cara Mendidik Karakter Anak Kreatif yang Harus Bunda Tahu
Pertanyaan Kreatif

Cara mendidik anak agar cerdas sejak dini yaitu dengan mendorong agar anak bisa berekspresi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kreatif. Seperti misalnya, “Coba beritahu bunda, bagaimana kamu memainkan permainan ini” perhatikan setiap jawaban yang anak lontarkan. Meskipun jawabannya salah, tapi cara ini sangat efektif untuk melatih anak dalam berfikir.

biarkan anak bereksplorasi - Inilah Cara Mendidik Karakter Anak Kreatif yang Harus Bunda Tahu
Biarkan Anak Bereksplorasi

Modal anak untuk berkembang yaitu rasa ingin tahu yang tinggi. Maka dari itu, biarkan anak-anak untuk bereksplorasi mengenai dunia yang ada di sekitarnya. Tapi, orang tua juga tetap harus memberitahukan mana yang berbahaya dan mana yang tidak berbahaya. Misalnya saja, Api itu panas dan bisa melukai kita, jika korek api terkena tubuh. Dalam hal ini jangan hanya memberikan nasehat, tetapi Anda juga perlu menyalakan korek di dekatnya. Dengan begitu anak bisa melihat sendiri apa di katakan orang tua itu memang benar adanya.

BACA JUGA  Optimis Pemerintah & Wakil Rakyat Bangun Karakter Bangsa


Jangan Paksa Anak

Jika orang tua sudah mengetahui bakat yang dimilik anak, jangan memaksa anak untuk fokus mengembangkan bakat tersebut. Yang perlu orang tua lakukan yaitu memberikan stimulus untuk memancing kretivitasnya keluar. Selain itu, juga perlu diperhatikan bahwa anak-anak melakukannya dengan rasa yang enjoy dan juga antusias. Sebaiknya, sebagai orang tua harus selalu menuntun anak untuk belajar hal-hal baru serta mengarahkannya agar anak bisa lebih percaya diri dalam melakukan tindakan.

pengalaman baru - Inilah Cara Mendidik Karakter Anak Kreatif yang Harus Bunda Tahu
Pengalaman Baru

Untuk mendidik anak, tidak melulu harus di dalam rumah. Namun, Anda juga bisa mengajak anak ke luar. Berikan anak-anak waktu khusus untuk melihat tempat-tempat baru yang belum pernah di kunjungi. Misalnya saja seperti ke kebun binatang, museum, kebun, sawah, taman rekreasi dan lain-lain. Ketika di dunia luar ini, anak-anak akan mendengar, menyentuh, merasakan, bahkan mencium sesuatu yang baru yang akan memperkaya pengalamannya. Dengan pengalaman yang ada, bisa menjadi modal anak untuk melakukan hal-hal yang yang lebih kreatif.

Itulah ulasan mengenai cara mendidik karakter anak kreatif yang harus bunda tau. Pendidikan karakter dari orang tua sejak dini memang sangat diperlukan, agar tidak keduluan efek-efek negative dari luar. Semoga artikel ini bermanfaat.

BACA JUGA  Rencanakan Kegiatan Anak secara Tepat Sesuai dengan Kecerdasannya
Pelatihan Parenting Terbaik - Mandatory Guidance For Parents

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by