Waspada! Kesalahan Saat Mendidik Anak Berikut Ini Mungkin Sering Anda Lakukan

By April 17, 2018April 9th, 2019Artikel, Character, Parenting
Kesalahan Saat Mendidik Anak, kesalahan orangtua saat mendidik anak, ESQ For Kids
expert-in-character-building

Waspada! Kesalahan Saat Mendidik Anak Berikut Ini Mungkin Sering Anda Lakukan. Orang tua mana sih yang tidak ingin melihat anaknya senantiasa mandiri, sukses, dan bahagia? Ayah dan Bunda tentu juga mengharap hal yang sama untuk si buah hati.

Untuk mewujudkan itu semua, tentu dibutuhkan peran orang tua dalam membimbing mereka. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan, kecerdasan, serta kepribadian anak.

Sayangnya, orang tua juga tanpa sadar sering melakukan kesalahan saat mendidik anak. Jika terus dibiarkan, kekeliruan tersebut tentu akan memberi dampak negatif terhadap perkembangan si buah hati.

Oleh sebab itu, penting bagi Ayah dan Bunda mengetahui apa saja yang termasuk dalam kesalahan saat mendidik anak.  

Yuk, selalu berikan yang terbaik untuk buah hati kita. Bimbing mereka dengan langkah yang tepat dan hindari hal keliru seperti berikut ini.

Kesalahan Orang Tua Saat Mendidik Anak, kesalahan saat mendidik anak, Training Motivasi Anak

 

Kesalahan Saat Mendidik Anak

  1.  Mudah Emosi

Emosi orang tua seringkali meledak saat melihat anak terlalu rewel atau bandel. Namun, penting bagi Ayah dan Bunda untuk dapat mengendalikan perasaan tersebut ketika menghadapi si buah hati.

Tahukah Ayah dan Bunda, mudah emosi dapat membuat anak menjadi pribadi yang penakut, mudah cemas, mudah depresi, tak percaya diri, pemberontak, bahkan pemarah.

  1.  Tidak Konsisten Dalam Membuat Aturan

Kesalahan saat mendidik anak yang selanjutnya adalah kebiasaan tidak konsisten dalam membuat aturan.

Misalnya saat melihat anak bermain gadget di jam belajar, Anda mendiamkannya. Namun, di waktu lain, ketika ia melakukan hal yang sama Anda malah menghukumnya.

Inkonsistensi dapat memberikan dampak negatif untuk anak. Mereka jadi tak paham makna sebuah kedisiplinan. Mereka juga akan merasa tidak aman, tidak yakin, dan mengalami kebingungan dengan pola asuhan Anda.

  1.  Suka Membandingkan

“Dia bisa dapat nilai bagus, kok kamu nggak bisa?”

Kalimat ini mungkin sering terlontar dari bibir kita.

Tahukah Anda, membanding-bandingkan buah hati dengan orang lain bukanlah langkah tepat untuk memotivasi mereka. Rasa iri, benci, dan tak percaya diri justru timbul di hati mereka.

Percayalah kalau setiap anak memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Dukung selalu apa yang menjadi passion mereka. Bimbing dan berikan arahan terbaik agar mereka selalu bisa berjalan sesuai di jalur yang tepat.

  1.  Terlalu Memanjakan

Memberi kasih sayang atau memanjakan anak perlu kok dilakukan orang tua. Namun, hal ini jadi salah kalau dilakukan secara berlebihan.

Terlalu memanjakan anak justru bisa menumbuhkan karakter negatif pada diri anak. Jangan heran kalau mereka nanti jadi lebih egois, mudah marah, tidak kreatif, tidak mandiri, bahkan mudah putus asa.

  1. Sering Menyalahkan

“Kamu sih..”

Nah, kalimat ini juga mungkin sering dilontarkan oleh Ayah dan Bunda.

Tahu nggak sih, Ayah dan Bunda? Sering mengeluarkan kata-kata bernada menyalahkan seperti ini juga termasuk dalam kesalahan saat mendidik anak.

Kebiasaan tersebut justru bisa membuat anak jadi selalu merasa bersalah terhadap segala sesuatu. Apa akibatnya? Bukan tidak mungkin lho mereka jadi pribadi yang penakut. Di masa depannya, mereka tentu akan selalu takut dalam melangkah karena dibayang-bayangi oleh kesalahan yang sering dibuatnya.

Setelah mengetahui hal ini, Ayah dan Bunda tentu jadi makin semangat untuk bisa membimbing dan memberikan yang terbaik untuk buah hati, kan?

Semoga Artikel

BACA JUGA  Motivator Anak, 5 Langkah Agar Anak Lebih Percaya diri

Kesalahan Saat Mendidik Anak

bermanfaat untuk Anda

Berikan selalu yang terbaik untuk anak Anda. Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan mereka untuk mengikuti TRAINING ESQ KIDS/TEENS pada tanggal 2-3 Juni 2018 di Menara 165, Jakarta Selatan. Akan di bawakan oleh Trainer Lisensi Ary Ginanjar

 

Training spesial untuk anak-anak di usia 6-11 tahun dan remaja di usia 12-16 tahun yang menanamkan dan menumbuhkan pribadi muda berakarter tangguh, sholeh-sholehah, mandiri, dan sukses di kemudian hari. 

Tertarik untuk ikut? Dapatkan promo bundling dan diskon umroh di:

 


Sparkling Ramadhan - Promo & Disc Training ESQ

 

Salam 165

 

Dapatkan 27 Video Inspirasi Gratis dari DR. H. C. Ary Ginanjar Agustian melalui email Anda

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?