Inilah Cara Ampuh untuk Melatih Kemampuan Public Speaking agar Menjadi Lebih Baik

Inilah Cara Ampuh untuk Melatih Kemampuan Public Speaking agar Menjadi Lebih Baik
expert-in-character-building

Public speaking merupakan kemampuan yang harus Anda kuasai. Hal ini karena public speaking dibutuhkan di semua bidang. Membuat orang lain tertarik dengan apa yang akan kita katakan memang tidak mudah, untuk itu dibutuhkan kemampuan public speaking yang baik.

Ada sejumlah cara ampuh yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kemampuan public speaking Anda. Apa saja caranya? Simak ulasannya di bawah ini:

Kuasai Materi yang Akan Anda Bawakan

Supaya materi yang sudah Anda pelajari tidak tiba-tiba hilang dari otak Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah menghindari kegugupan. Gugup sebenarnya wajar-wajar saja, tapi jangan sampai gugup tersebut menguasai diri Anda. Saat berbicara di depan umum, tidak ada yang lebih menakutkan disbanding berbicara tentang suatu hal yang tidak Anda kuasai.

Anda pun harus mencatat urutan poin yang akan Anda sampaikan. Hal ini bertujuan supaya penyampaian materi lebih terstruktur dan tidak melebar kemana-mana. Hal ini harus lebih diperhatikan jika Anda diberikan durasi terbatas saat menyampaikan materi tersebut.

BACA JUGA  Teknik Mengubah Pola Pikir dengan NLP

Kenali Pendengar dan Tempatnya

Mengenali pendengar sebelum Anda melakukan public speaking memang sangat penting. Hal ini akan menentukan gaya Bahasa seperti apa yang harus Anda gunakan. Anda pun harus mengenali seperti apa tempat yang akan Anda gunakan untuk menyampaikan materi tersebut.

Bila Anda akan mempresentasikan suatu penemuan di depan para professional, maka Anda dapat menggunakan istilah-istilah asing yang hanya dapat dipahami oleh orang-orang yang bergelut di bidang tersebut saja. Akan tetapi jika Anda dihadapkan dengan para mahasiswa, tentu Anda harus mengetahui bagaimana cara menarik perhatian mahasiswa tersebut, minimal Anda menguasai beberapa jokes yang membuat suasana lebih hidup.

Jangan Pernah Meminta Maaf

Pasti setiap pendengar yang tengah mendengarkan Anda dari kursi mereka, tidak akan menyimak satu persatu dari materi yang Anda sampaikan. Untuk itu, bila Anda melakukan kesalahan yang sama, seperti melewati satu bagian yang harusnya disampaikan saat itu, maka jangan khawatir. Sebab, kemungkinan besar pendengar tidak akan menyadarinya. Anda bisa terus melanjutkan penyampaian materi Anda tanpa merasa khawatir berlebihan. Jangan pernah meminta maaf karena melewatkan hal-hal kecil selama presentasi.

BACA JUGA  Macam-Macam Teknik NLP yang Perlu Anda Ketahui

Bayangkan Anda Memberikan Pidato yang Hebat

Postif thinking dalam menyampaikan sesuatu adalah suatu keharuskan. Untuk itu, Anda bisa membayangkan diri Anda tengah menyampaikan suatu pidato hebat dihadapan audien. Sampaikan poin-poin penting dengan gesture dan juga body language yang meyakinkan pendengar.

Jangan lupa juga untuk membayangkan pendengar Anda akan memberikan tepuk tangan terbaiknya pada Anda karena penampilan yang sangat luar biasa.

Fokus Pada Materinya, Bukan Diri Anda

Public speaking pemula seringkali membiarkan rasa gugup menguasai mereka. Saat suatu hal terjadi, misalnya saja adanya gangguan pada presentasi Anda, atau mungkin Anda lupa suatu hal, suara biasanya menjadi berubah. Terasa bergetar dan tidak meyakinkan.

Jangan biarkan gugup menguasai Anda. Fokuslah pada hal utama, yaitu pesan yang ingin Anda sampaikan. Temukan kembali semangat untuk menghibur, memberikan inspirasi dan motivasi kepada pendengar Anda. Dengan cara seperti ini, Anda bisa menemukan tujuan dan maksud kenapa Anda tampil di depan umum. Selain itu, Anda pun harus selalu belajar dalam melatih kemampuan dalam memberikan presentasi agar kemampuan Anda semakin memukau.

BACA JUGA  Belajar Bicara dari Raja Gagap Yang Sukses Setelah Ikut Training Public Speaking

Itulah sejumlah cara ampuh dari public speaking. Semoga dengan mengetahui cara ampuh di atas, Anda tahu bagian mana yang harus Anda tingkatkan untuk mengasah kemampuan public speaking Anda. Selamat mencoba.

ESQ Powertalk, Kekuatan Kata-kata, Suara dan gerak Tubuh, Untuk Mempengaruhi Lawan Bicara

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by