Intonasi dan Artikulasi yang Tepat dalam Melakukan Presentasi, Perhatikanlah !

By April 30, 2018 August 21st, 2018 Artikel, Communication
Intonasi-dan-Artikulasi-yang-Tepat-dalam-Melakukan-Presentasi,-Perhatikanlah
expert-in-character-building

Intonasi dan Artikulasi yang Tepat dalam Melakukan Presentasi, Perhatikanlah ! Sebagai seorang Public Speaker yang handal tentu saja harus mengetahui dan menguasai salah satu ilmu dasar dari public speaking, yaitu teknik vokal. Dalam teknik vokal ada dua hal inti yang tentunya harus diperhatikan oleh para public speaker ketika berbicara baik itu didepan umum, yaitu Intonasi dan Artikulasi. Mengapa intonasi dan artikulasi sangat penting dan harus diperhatikan oleh seorang public speaker? Mari kita bahas secara tuntas dibawah ini,

Sebelumnya, coba Anda bayangkan bila Anda sebagai public speaker dan Anda berbicara di depan umum tetapi intonasi suara yang digunakan terkadang tinggi dan terkadang rendah, cenderung tidak jelas intonasi yang digunakan, apakah audience atau peserta yang ada akan memperhatikan Anda ketika berbicara? Tentu saja jawabannya adalah tidak.

 

Intonasi (Nada Bicara)

Intonasi merupakan tinggi rendahnya nada suara, irama bicara, atau alunan nada. Pada public speaking intonasi suara yang baik adalah intonasi suara ketika kita berbicara seperti biasa kepada orang lain. Waspadalah, penggunaan intonasi yang cenderung monoton juga dapat membuat audience atau pendengar merasa bosan.

BACA JUGA  Sering Mengalami Gugup Bicara di Depan Umum? Begini Cara Mengatasinya

Jadi pada intinya seorang public speaker yang handal harus memperhatikan tinggi rendahnya nada suara, irama bicara, atau alunan nada.

Artikulasi (Kejelasan)

Artikulasi adalah teknik penyebutan suatu kalimat berdasarkan suku kata dan konsonan yang benar atau penjelasan yang lebih singkatnya adalah kejelasan dalam pengucapan kata-kata. Umumnya tanpa disadari kita suka berbicara terlalu cepat ketika berbicara di depan umum, sehingga kita menghilangkan beberapa huruf dalam kalimat dan pada akhirnya membuat audience atau pendengar merasa tidak jelas apa yang sebenarnya kita sampaikan.

Anda juga tidak perlu terburu-buru dalam menyampaikan suatu pesan atau informasi, agar informasi dan pesan yang Anda sampaikan jelas dan mudah dipahami oleh para pendengar atau audience.

Lalu bagaimanakah caranya agar artikulasi kita dapat jelas dan mudah dimengerti? Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat melatihnya dengan cara mengulang-ulang pengucapan huruf vocal A-I-U-E-O.

Demikianlah dual hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang public speaker yang profesional. Apakah Anda tertarik untuk mengetahui ilmu public speakinglebih jauh lagi? Yuk, ikuti Public Speaking Training yang akan diadakan oleh ESQ. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan klik tautan berikut ini

Semoga artikel 

BACA JUGA  Jadikan Lebaran 2019 Anda Lebih Seru di Ibu Kota Jakarta

Intonasi dan Artikulasi yang Tepat dalam Melakukan Presentasi, Perhatikanlah !

Bermanfaat untuk Anda

Intonasi dan Artikulasi yang Tepat dalam Melakukan Presentasi, Perhatikanlah !

Intonasi dan Artikulasi yang Tepat dalam Melakukan Presentasi

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by