Skip to main content

Pentingnya Menjaga Sikap Di Tengah Perbedaan dan Dalam Pergaulan

Pentingnya Menjaga Sikap Di Tengah Perbedaan dan Dalam Pergaulan - Ary Ginanjar ESQ 165
expert-in-character-building

Seseorang yang mengembangkan dirinya pasti mengalami kemajuan – James Allen

Sahabat ESQ, pernah mendengar kalimat di atas? James Allen seorang jurnalis dan pembawa acara televisi asal Inggris ini pernah mengatakan bahwa orang-orang yang senantiasa memiliki kesadaran untuk mengembangkan dirinya pasti akan mengalami kemajuan. Setujukah Sahabat ESQ dengan pernyataan di atas?

Ya…kita sangat perlu untuk mengembangkan diri kita. Salah satunya adalah dengan menjaga sikap. Apa maksud mengembangkan diri dengan menjaga sikap? Sekarang saya Tanya, jika Sahabat ESQ berperilaku baik terhadap orang lain, bagaimana sikap orang lain terhadap Anda? Pasti kebanyakan orang akan merespon dengan baik kan. Coba jika Anda berperilaku kurang baik, pastinya orang lain pun akan menunjukkan sikap ketidaksukaannya pada Anda.

Bisa dibayangkan, dengan sikap Anda yang kurang baik dan orang-orang tidak suka dengan sikap Anda, apa kira-kira itu akan membawa Anda menuju kesuksesan? Namun jika Anda bersikap baik dan Anda dikelilingi orang-orang yang positif, kesuksesan mungkin lebih cepat menghampiri Anda.

BACA JUGA  Asal Kau Bahagia

Sikap dalam hidup itu seperti sebuah pesawat. Saya ibaratkan Andra dan Joni sebagai tokoh di kisah ini. Andra mengajak Joni untuk main ke rumahnya karena Andra baru saja membeli pesawat. Karena Joni baru pindah rumah dekat rumah Andra, Joni ingin melihat wilayah rumah mereka dari perspektif yang berbeda.

Mereka duduk di kokpit. Mereka siap berangkat. Ketika pesawat lepas landas, Joni mengamati bahwa hidung pesawat (bagian depan pesawat) lebih tinggi daripada bagian pesawat lainnya. Joni juga melihat bahwa sawah-sawah di sekitar rumahnya pun sangat tampak indah. Joni asik melihat pemandangan, Andra masih sibuk mengawasi panel instrument pesawat.

Karena Joni tak tahu menahu tentang pesawat, kemudian Joni bertanya kepada Andra

Joni : Alat apa ini?
Andra : Ini indikator sikap pesawat
Joni : Bagaimana pesawat bisa memiliki sikap?
Andra : Ketika terbang, sikap pesawat ialah posisi hidung pesawat menatap langit. Dan ketika pesawat ingin landing, sikap pesawat dengan hidung yang menunduk

Joni kemudian terdiam sejenak. Ia kemudian mengerti dan berkata kepada Andra “Aku mengerti kenapa indikator sikap menempati bagian yang sangat mudah dilihat dalam panel yang ada di pesawat”

BACA JUGA  Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar

Kemudian Andra menjawab “ Ya…karena kinerja pesawat ditentukan oleh sikapnya. Jika ingin mengubah kinerja pesawat, kau harus merubah sikapnya”

Begitu juga dengan manusia. Sikap manusialah yang mampu merubah manusia itu sendiri. Sikap akan menentukan kinerja dari seseorang. Setiap orang punya indikator sikap yang berguna untuk mengevaluasi sudut pandang dalam hidup.

Sikap merupakan ekspresi perasaan terdalam yang ingin diungkapkan melalui tingkah laku. Namun, banyak sekali orang yang salah menyampaikan ekspresinya dalam bersikap sehingga membawa seseorang ke dalam keadaan yang tak diinginkan.

Sikap adalah segalanya. Sikap yang kita tunjukkan kepada orang lain akan memengaruhi tampilan kita di luar. Ketika kita mempunyai sikap tidak baik, hati kita akan ditutupi belenggu yang akan menyulitkan kita untuk bisa meraih apa yang kita impikan. Jalannya akan sulit karena sikap yang kita tunjukkan sangat tidak baik. Namun, jika kita memberikan sikap yang positif, RAS akan membantu kita untuk mencari hal-hal postif apa yang akan datang selanjutnya kepada kita. Alam semesta akan membatu kita mewujudkan apa yang ingin kita raih asalkan kita punya sikap yang positif.

 

BACA JUGA  Apa Itu NLP dan Apa Manfaatnya Untuk Kehidupan Sehari-hari

Betapa DAHSYATNYA jika kita memiliki kesadaran untuk PENTINGNYA menjaga sikap. Bagaimana cara Sahabat ESQ menjaga sikap di kantor atau di lingkungan keluarga?

Sahabat ESQ bisa komentar di kolom di bawah ini. Mari kita saling sharing dan memotivasi di kolom komentar.

Salam 165

Ary Ginanjar Agustian

Semoga artikel ini bermanfaat

Pentingnya Menjaga Sikap Di Tengah Perbedaan dan Dalam Pergaulan

 


Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di [email protected] atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.