ESQ 165 – Pentingnya Menjaga Sikap

By May 30, 2017 December 27th, 2017 Artikel, Ary Ginanjar Agustian
ESQ 165 | Ary Ginanjar Agustian | Motivator Indonesia Ary Ginanjar Agustian | Motivator Terbaik Indonesia | Motivator Indonesia Terbaik
expert-in-character-building

Seseorang yang mengembangkan dirinya pasti mengalami kemajuan – James Allen

Sahabat ESQ, pernah mendengar kalimat di atas? James Allen seorang jurnalis dan pembawa acara televisi asal Inggris ini pernah mengatakan bahwa orang-orang yang senantiasa memiliki kesadaran untuk mengembangkan dirinya pasti akan mengalami kemajuan. Setujukah Sahabat ESQ dengan pernyataan di atas?

Ya…kita sangat perlu untuk mengembangkan diri kita. Salah satunya adalah dengan menjaga sikap. Apa maksud mengembangkan diri dengan menjaga sikap? Sekarang saya Tanya, jika Sahabat ESQ berperilaku baik terhadap orang lain, bagaimana sikap orang lain terhadap Anda? Pasti kebanyakan orang akan merespon dengan baik kan. Coba jika Anda berperilaku kurang baik, pastinya orang lain pun akan menunjukkan sikap ketidaksukaannya pada Anda.

Bisa dibayangkan, dengan sikap Anda yang kurang baik dan orang-orang tidak suka dengan sikap Anda, apa kira-kira itu akan membawa Anda menuju kesuksesan? Namun jika Anda bersikap baik dan Anda dikelilingi orang-orang yang positif, kesuksesan mungkin lebih cepat menghampiri Anda.

BACA JUGA  Bercermin Pada Kehidupan

Sikap dalam hidup itu seperti sebuah pesawat. Saya ibaratkan Andra dan Joni sebagai tokoh di kisah ini. Andra mengajak Joni untuk main ke rumahnya karena Andra baru saja membeli pesawat. Karena Joni baru pindah rumah dekat rumah Andra, Joni ingin melihat wilayah rumah mereka dari perspektif yang berbeda.

Mereka duduk di kokpit. Mereka siap berangkat. Ketika pesawat lepas landas, Joni mengamati bahwa hidung pesawat (bagian depan pesawat) lebih tinggi daripada bagian pesawat lainnya. Joni juga melihat bahwa sawah-sawah di sekitar rumahnya pun sangat tampak indah. Joni asik melihat pemandangan, Andra masih sibuk mengawasi panel instrument pesawat.

Karena Joni tak tahu menahu tentang pesawat, kemudian Joni bertanya kepada Andra

[highlight background=”#004f94″ color=”#ffffff”]Joni : Alat apa ini?[/highlight] [highlight background=”#004f94″ color=”#ffffff”]Andra : Ini indikator sikap pesawat[/highlight] [highlight background=”#004f94″ color=”#ffffff”]Joni : Bagaimana pesawat bisa memiliki sikap?[/highlight] [highlight background=”#004f94″ color=”#ffffff”]Andra : Ketika terbang, sikap pesawat ialah posisi hidung pesawat menatap langit. Dan ketika pesawat ingin landing, sikap pesawat dengan hidung yang menunduk[/highlight]
BACA JUGA  Perbedaan Konseling dan Coaching

Joni kemudia terdiam sejenak. Ia kemudian mengerti dan berkata kepada Andra “Aku mengerti kenapa indikator sikap menempati bagian yang sangat mudah dilihat dalam panel yang ada di pesawat”

Kemudian Andra menjawab “ Ya…karena kinerja pesawat ditentukan oleh sikapnya. Jika ingin mengubah kinerja pesawat, kau harus merubah sikapnya”

Begitu juga dengan manusia. Sikap manusialah yang mampu merubah manusia itu sendiri. Sikap akan menentukan kinerja dari seseorang. Setiap orang punya indikator sikap yang berguna untuk mengevaluasi sudut pandang dalam hidup.

Sikap merupakan ekspresi perasaan terdalam yang ingin diungkapkan melalui tingkah laku. Namun, banyak sekali orang yang salah menyampaikan ekspresinya dalam bersikap sehingga membawa seseorang ke dalam keadaan yang tak diinginkan.

Sikap adalah segalanya. Sikap yang kita tunjukkan kepada orang lain akan memengaruhi tampilan kita di luar. Ketika kita mempunyai sikap tidak baik, hati kita akan ditutupi belenggu yang akan menyulitkan kita untuk bisa meraih apa yang kita impikan. Jalannya akan sulit karena sikap yang kita tunjukkan sangat tidak baik. Namun, jika kita memberikan sikap yang positif, RAS akan membantu kita untuk mencari hal-hal postif apa yang akan datang selanjutnya kepada kita. Alam semesta akan membatu kita mewujudkan apa yang ingin kita raih asalkan kita punya sikap yang positif.

 

BACA JUGA  Kebahagiaan Ibu Ikut Menentukan Kebahagiaan Anak. Sudah Bahagiakah Anda ?

Betapa DAHSYATNYA jika kita memiliki kesadaran untuk PENTINGNYA menjaga sikap. Bagaimana cara Sahabat ESQ menjaga sikap di kantor atau di lingkungan keluarga?

Sahabat ESQ bisa komentar di kolom di bawah ini. Mari kita saling sharing dan memotivasi di kolom komentar.

Salam 165

Ary Ginanjar Agustian

href="#" data-color-override="false" data-hover-color-override="false" data-hover-text-color-override="#fff">Button Text

 


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari Ary Ginanjar Agustian dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/Ary.Ginanjar.Agustian//

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by