3.000 Orang dari 21 Klaster Infrastruktur BUMN Hadiri Launching Core Values AKHLAK

expert-in-character-building

JAKARTA – Launching Core Values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyalitas, Adaptif, dan Kolaboratif) di 21 Klaster Infrastruktur BUMN digelar pada Jumat (02/10/2020) via online, yang diikuti oleh 3.000 orang pimpinan dengan berbagai tingkatan. Dari layar monitor zoom meeting, terlihat senyuman di wajah mereka dan ekspresi semangat mengikuti acara tersebut.

21 Klaster Infrastruktur BUMN di antaranya: Adhi Karya, Amarta Karya, Bina Karya, Brantas Abipraya, Hutama Karya, Indra Karya, Indah Karya, Istaka Karya, Nindya Karya, Perum Perumnas, PP, Waskita Karya, WIKA, Virama Karya, Yodya Karya, Semen Baturaja, Semen Indonesia, Semen Kupang, Semen Padang, Semen Tonasa, dan Semen Gresik.

Entus Asnawi Mukhson selaku Direktur Utama PT Adhi Karya memberikan sambutannya di awal acara. “Kami sudah melakukan sosialisasi sejak diluncurkan Core Values AKHLAK oleh pak Menteri Erick Tohir. Namun, belum lengkap rasanya tanpa peresmian serta mendapat arahan dari Deputi SDM pak Alex Denni.”

Ia mengatakan bahwa Core Values BUMN telah bertransformasi, dan berharap Core Values AKHLAK bisa lebih efektif untuk ke depannya. Seperti halnya PT Adhi Karya yang telah menetapkan Visinya yakni “Menjadi Korporasi Inovatif dan Berbudaya Unggul untuk Pertumbuhan Berkelanjutan.”

BACA JUGA  Core Values AKHLAK di Telkom, Ary Ginanjar: Apa Orientasi Anda dari BUMN?

“Hari ini menetapkan Core Values AKHLAK di dalam Perusahaan. Berharap orang-orang yang ada di Adhi Karya dapat menginternalisasi serta implementasikan AKHLAK di dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Event tersebut menghadirkan 2 narasumber yaitu Dr. Alex Denni (Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi KBUMN) dan Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (President ESQ Group).

Alex memaparkan tentang mekanisme dan sistem Core Values AKHLAK di BUMN. Sekaligus meresmikan launching AKHLAK BUMN di lingkup BUMN dari Klaster Infrastruktur. “Tinggal simbolisnya saja karena sudah diadakan sosialisasi. Kali ini kita akan bicara speed dan pentingnya menumbuhkan budaya di dalam organisasi.”

Budaya sangatlah penting menurut pria yang hobi bermain gitar itu. Karena budaya adalah bekal untuk jangka panjang ke depan. Apalagi di era VUCA yakni jaman yang serba Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity dan ditambah dengan adanya Covid-19 ini.

“Covid-19 sudah mempercepat pergerakan kita. Maka penting bagi kita untuk memperhatikan speed dalam kemampuan yang kita miliki. Harus gerak cepat aplikasikan Core Values AKHLAK. Dan pak Ary sebagai promotor Core Values AKHLAK ini.” tambahnya.

BACA JUGA  Tingkatkan Kinerja Karyawan, SMPN 98 Jakarta Gelar Training Capacity Building bersama ESQ Leadership Center

Tugas Ary Ginanjar setelah ikutserta merumuskan Core Values AKHLAK, yakni menjaganya dengan baik. “Potret masa depan telah di sampaikan pak Alex. Saya mengibaratkan sebuah pot adalah sistemnya dengan 7 arsitektur BUMN yang dibangun. Pak Menteri Erick Tohir yang memberikan bibitnya, sedangkan tugas saya adalah menjaga agar tanah serta tanamannya (BUMN) tumbuh subur dan berkembang,” jelas Ary dari Studio lantai 23 Menara 165.

Apa kunci agar BUMN tumbuh subur dan berkembang? Dengan memperkuat fondasi. Fondasi itu terdiri dari Core Values dan Core Purpose.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?