Skip to main content

Training of Trainer, Kunci Sukses Menjadi Pelatih Andal

Training of Trainer, Kunci Sukses Menjadi Pelatih Andal
expert-in-character-building

Dalam dunia coaching, ada istilah Training of Trainer, rasanya tidak asing ya? Training adalah berlatih dan trainer adalah pelatih, jadi secara harfiah artinya berlatih dari pelatih. 

Arti secara harfiah dari Training of Trainer (ToT) di atas bila kita ambil intinya memang seperti itu. Trainer yang masih kurang berpengalaman, belajar dari trainer yang sudah lebih berpengalaman. Untuk apa trainer belajar dari trainer yang sudah berpengalaman dan kenapa?

Apa itu ToT?

Untuk menjawab hal tersebut pertama-tama Anda harus tahu dulu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Training of Trainer. ToT adalah sebuah model pelatihan guna meningkatkan kemampuan trainer agar menjadi lebih baik. 

Trainer tersebut belajar dari trainer yang lebih berpengalaman untuk meningkatkan skill dan kompetensinya. Peningkatan kemampuan dan kompetensi tersebut tidak terbatas pada ilmu yang mereka pelajari. Hal ini bisa juga mengenai cara penyampaian ilmu itu sendiri.

Contohnya, pada pengajar, kepala perusahaan, atau instruktur. Mereka ini tidak hanya perlu memperdalam ilmunya, akan tetapi juga butuh belajar tentang bagaimana menyampaikan ilmu tersebut. Mempelajari cara penyampaian suatu ilmu juga bisa melalui ToT. 

BACA JUGA  Skill yang Harus Dimiliki Para Coach Agar Coaching Berjalan Efektif

Apabila Anda ingin benar-benar serius belajar mengenai hal ini bisa mendaftar di ESQ. Anda bisa melihat informasinya lebih jauh pada website ESQ di sini

Pada ESQ ToT sendiri adalah sebuah program yang dirancang guna meningkatkan kemampuan mengajar. Jadi, apabila Anda seorang guru, maka akan penting juga mempelajari bagaimana sebaiknya dalam menyampaikan materi di kelas. Cara penyusunan, media, sikap, serta kompetensi akan terasah.

Hal ini juga berlaku untuk profesi serupa yang sama-sama perlu menyempurnakan kemampuan mengajarnya. Nantinya lisensi atau sertifikasi yang akan Anda dapat resmi dari BNSP. Hal ini karena ESQ merupakan lembaga yang memang sudah berstandar BNSP. 

Tentunya untuk mendapatkan sertifikat tersebut tidak serta-merta langsung dapat. Akan ada uji kompetensi yang harus Anda lalui guna membuktikan kemampuan Anda. Apabila Anda mengikuti kegiatan dari ESQ dengan benar, pasti bisa melewatinya dengan lancar. 

Sekarang, sudah jelas bukan apa itu training of trainer? Lantas, apakah Anda tertarik untuk mengembangkan kemampuan mengajar Anda dan mencoba kelasnya?

BACA JUGA  Ini Nih Tanda - Tanda Jika Kamu Kelamaan Tidak Bahagia, Ada yang Ngalamin ?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.