Skip to main content

Tujuan serta Manfaat Coaching dan Mentoring

Coaching dan Mentoring
expert-in-character-building

Coaching dan mentoring menjadi cara terefektif untuk memberdayakan kemampuan seseorang, baik individu maupun tim atau kelompok.

Dengan keduanya, kesuksesan dalam karier dapat Anda raih dengan cepat tanpa harus melangkah dari satu posisi ke posisi lain. Apalagi, kedua alat ini menjadi duet maut dalam menolong orang untuk menavigasikan pekerjaan juga mengembangkan SDM-nya.

Lantas, apa tujuan keduanya?

Tujuan Coaching

Coaching adalah teknik mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan guna meningkatkan prestasi juga produktivitas pada seseorang.

Beberapa tujuan dari coaching adalah.

  1. Mendorong karyawan untuk mengenali dan menggali potensi diri,
  2. Menolong proses penyesuaian diri anggota dengan lingkungan kerjanya,
  3. Membuat anggota termotivasi untuk bekerja dengan penuh komitmen,
  4. Memberdayakan anggota untuk berani ambil keputusan, dan
  5. Membantu anggota membangun hubungan yang harmonis.

Inti dari tujuan coaching adalah meningkatkan potensi, memotivasi anggota, membangun team work, memunculkan ide baru yang kreatif dan inovatif, juga adanya perubahan perilaku.

Tujuan Mentoring

Sedangkan tujuan dilakukannya mentoring adalah membantu seseorang melakukan perubahan menjadi lebih baik di lingkungan kerja atau bidangnya, mempelajari keterampilan baru yang mendukung prestasi dan produktivitas, juga pengembangan SDM.

BACA JUGA  Strength yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Manfaat Coaching dan Mentoring

Apabila kedua kegiatan ini digabung, berikut adalah manfaat coaching dan mentoring yang akan Anda dan tim dapatkan.

  1. Coaching dan mentoring adalah pembinaan juga pendampingan yang diperuntukkan seseorang guna mengembangkan kemampuan, keahlian, serta keterampilan baik pengetahun, soft skill, maupun hard skill.
  2. Melalui coaching, Anda bisa dengan mudah mengenali, menggali, dan memberdayakan potensi anggota atau diri sendiri. Sementara dari mentoring, Anda bisa memberikan dan mendapatkan ilmu baru.
  3. Memotivasi seseorang untuk meningkatkan rasa profesional karena menyadari potensi diri dan tujuan yang lebih jelas ke depannya untuk karier karena mindset sudah tepat.
  4. Melatih berkomunikasi secara efektif.
  5. Skill dan produktivitas meningkat.

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari coaching maupun mentoring, sudahkah Anda mengikuti program pembinaan dan pendampingan yang tepat?

Jika belum, saatnya untuk ikut program coaching dan mentoring dari ESQ Learning Center, yaitu program latihan untuk menjadikan Anda lebih handal dalam waktu relatif singkat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.