Skip to main content

Tips Parenting : Waspada Dampak Bullying Terhadap Anak Kita !

Dampak-Bullying-Terhadap-anak,-Cara-Membangkitkan-Rasa-Percaya-Diri-Anak-Korban-Bully
expert-in-character-building

AYAH BUNDA, YUK KEMBALIKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK SETELAH DIBULLY

 

Sebuah penelitian terbaru menjelaskan lebih dari 3,2 juta anak di dunia menjadi korban bully oleh teman-teman atau lingkungan sekitarnya. Lebih miris lagi, bullying juga semakin marak terjadi lewat jejaring sosial.
Hal yang paling menyedihkan dalam hal ini ialah hilangnya rasa percaya diri anak-anak yang menjadi korban bully. Mereka biasanya jadi pendiam, pemurung, terbawa arus untuk menjadi yang orang lain mau, hingga nekat mengakhiri hidup. Nauzubillahiminzalik…

 

Untuk mengatasi atau setidaknya meminimalisir dampak buruk bullying inilah dibutuhkan peran aktif orang tua. Melindungi buah hati dengan menyediakan waktu bersama. Misalnya, dengan membiasakan sharing hal-hal menarik sehari-hari dan sebagainya.

 

Namun bagaimana, jika anak telah menjadi korban bullying dan kita sebagai orang tua baru mengetahuinya?
Jika memang sudah demikian, hal pertama yang perlu Ayah dan Bunda lakukan ialah bersikap tenang, agar segera menemukan solusinya. Satu di antara solusi itu ialah dengan menyimak sejenak ulasan di bawah ini.
Ada beberapa tips parenting yang bisa membantu Ayah dan Bunda mengembalikan rasa percaya diri pada anak-anak korban bullying. Di antaranya :

Tips-Parenting,-Training-Parenting,-Seminar-Parenting,-Pelatihan-ESQ-Parenting

Tips Parenting, Training Parenting, Seminar Parenting, Pelatihan ESQ Parenting, Dukung Anak Korban Bullying Untuk Percaya Diri

1. Berikan Dukungan dan Motivasi secara Intens

BACA JUGA  Meneladani Rasulullah SAW Untuk Berbicara Di Depan Umum

Umumnya, tanda-tanda bullying diketahui lewat perubahan sikap pada anak. Misalnya, dia yang dulunya ceria, kini menjadi pemurung dan tertutup. Jika ini yang terjadi, cobalah lakukan pendekatan dan ajak ngobrol si kecil dari hati ke hati.

Jika, si kecil akhirnya terbuka telah dibully oleh teman atau lingkungannya, hal pertama yang harus Ayah dan Bunda lakukan ialah menenangkan mereka. Berikan dukungan, nasehat, dan motivasi pada anak, bahwa semuanya akan baik-baik saja. Yakinkan anak bahwa mereka adalah pribadi yang tangguh dan kuat, serta berikan rasa aman padanya.

 

Ajak-Anak-Korban-Bullying-Untuk-Bersabar,-Tips-Parenting,-Cara-Mengatasi-Rasa-Percaya-Diri-Korban-Bullying

Ajak Anak Korban Bullying Untuk Bersabar, Tips Parenting, Cara Mengatasi Rasa Percaya Diri Korban Bullying

 

2. Ajak Anak Bersabar dan Trik Menghadapi Bullying

Hal selanjutnya yang harus Ayah dan Bunda lakukan ialah memahami tentang apa itu bullying. Cari tahu apa penyebabnya dan cara mengatasinya di internet, atau lewat pelatihan-pelatihan motivasi seputar parenting.

Ajari dan ajak anak untuk bersabar dan melakukan trik-trik menghadapi bullying. Misalnya dengan mengajarinya untuk berbesar hati tetap tangguh, murah senyum, dan sebagainya.

BACA JUGA  Menjadi Orangtua Adalah Tanggungjawab Seumur Hidup

 

Tips Parenting, Laporkan Bullying Kepada Yang Berwajib, Training ESQ Parenting

Tips Parenting, Laporkan Bullying Kepada Yang Berwajib, Training ESQ Parenting

 

3. Laporkan Bullying pada Pihak Berwenang

Ketika anak mengalami bullying di sekolah, laporkan perbuatan ini pada pihak sekolah, baik itu guru maupun kepala sekolah. Jika bullying terjadi di lingkungan sekitar, temukan penyelesaian masalah bersama-sama.
Sebagai orang tua, Ayah dan Bunda pun perlu bersikap tegas untuk memperoleh keadilan dan keamanan bagi anak, serta keluarga. Namun, alangkah baiknya penyelesaian ini dilakukan dengan cara yang tetap sopan dan santun.

Tips Parenting, Pelatihan Parenting, Menangkal Bullying terhadap Anak, Mengatasi Percaya Diri Korban Bullying

Tips Parenting, Pelatihan Parenting, Menangkal Bullying terhadap Anak, Mengatasi Percaya Diri Korban Bullying

4. Hindari Memindahkan Anak dari Sekolah Lama

Cara ini sama saja dengan mengajari anak untuk lari dari masalahnya dan membuat mereka menjadi lebih manja. Untuk itu, hindari memindahkan sekolah anak atau memilih home schoolling. Sebagai orang tua, Ayah dan Bunda bertugas untuk membantu anak menyelesaikan masalah dan memberikan rasa aman. Untuk itu, pantau terus tumbuh kembang anak, dengan cara-cara yang tepat.

BACA JUGA  Bahagia Itu Sederhana, Yuk Mulai Lakukan Hal Mudah Ini Setiap Hari

 

Tips-Parenting,-Jalin-Komunikasi-Dua-Arah,-Mengembalikan-rasa-Percaya-Diri-Pada-Anak-Korban-Bullying,-Pelatihan-ESQ,-Training-ESQ

Tips Parenting, Jalin Komunikasi Dua Arah, Mengembalikan rasa Percaya Diri Pada Anak Korban Bullying, Pelatihan ESQ, Training ESQ

5. Jalin Komunikasi Dua Arah yang Baik

Ketika anak menjadi korban bullying, penting untuk selalu berkomunikasi. Lakukan komunikasi dua arah yang tepat, untuk membangun mental kuat dan rasa aman pada buah hati. Sesekali ajaklah anak-anak melakukan kegiatan positif bersama. Misalnya olahraga, menemukan teman baru, dan hal lain yang disukai bersama-sama.
Arahkan anak untuk mengeluarkan potensi dan kreativitasnya sesuai keinginan mereka. Selain itu, berikan pujian secukupnya, bila mereka berprestasi dan hindari memberikan hukuman yang terlalu keras.
Jadilah orang tua yang bisa diandalkan, mampu melindungi, dan mendidik anak dengan tepat, demi masa depannya. Nah, jika Ayah dan Bunda membutuhkan tips lebih lanjut atau pengetahuan seputar parenting, coba klik link ini.
ESQ Leadership Centre memiliki program khusus pelatihan parenting untuk orang tua, anak-anak, dan remaja. Pelatihan yang bisa menjadi bekal ilmu, pemahaman, dan pengalaman berharga untuk Anda sekeluarga. Semoga bermanfaat! (Ni)


Mari sukses bersama mendidik anak , yuk gabung bersama kami di Training ESQ PARENTING. Training akan dibawakan langsung oleh  Ary Ginanjar Agustian dan diadakan di Menara 165 – Cilandak, Jakarta Selatan.

Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Family Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/Esq165GreatFamily/

Informasi dan pendaftaran Training ESQ untuk Keluarga silahkan kunjungi ESQ 165 Great Family Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.