Kriteria Orang Tua Ideal yang Harus Ada di Dalam Diri Ayah Bunda

By September 28, 2018 April 9th, 2019 Artikel, Parenting
expert-in-character-building

Kriteria orang tua ideal – Orang tua memegang peran terbesar dalam perkembangan karakter buah hatinya. Segala perilaku yang dilakukan oleh mereka akan berpengaruh kesuksesan anak di masa depan nanti.

Untuk bisa menjalankan perannya dengan baik, orang tua tentu perlu menjadi sosok ideal bagi putra-putrinya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi mereka membimbing dan mendidik buah hatinya untuk menjadi pribadi yang berkarakter unggul serta bermental tangguh.

Lalu, seperti apa kriteria orang tua ideal bagi seorang anak? Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Mampu Memberikan Kasih Sayang Sepenuhnya

Kriteria orang tua ideal yang pertama adalah mampu memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada buah hati. Namun, ini tak berarti Anda harus memanjakan mereka ya.
Kasih sayang yang dimaksud adalah perhatian, dukungan, dan bimbingan yang tepat untuk anak. Dan yang pasti, Anda harus selalu berada di sisi putra-putri kapan pun mereka butuhkan.

2. Mampu Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak

Ini adalah kasus yang paling sering dialami oleh orang tua di zaman sekarang. Mereka sering meminta putra-putrinya agar menjadi pribadi berkarakter positif. Namun, mereka tak mampu mencontohkan hal tersebut kepada anaknya. Padahal, apa yang dilakukan oleh anak meruapakan cerminan orang tuanya lho.

BACA JUGA  Jadikan Bulan Suci Penuh Makna dengan Rangkaian Kegiatan Ramadhan Ala ESQ Ini

Contoh sederhana dari kasus ini adalah ketika orang tua meminta anaknya untuk banyak belajar dan melarangnya banyak mengakses sosial media. Akan tetapi, orang tua tersebut justru sibuk bermain dengan ponselnya tak mendampingi anak ketika belajar. Jika sudah begini, jangan heran dan berhenti mengeluhkan sikap anak yang malas belajar karena kecanduan gadget.

3. Mampu Menjadi Sahabat Anak

Orang tua yang ideal adalah mereka yang mampu menjadi sahabat bagi anak-anaknya. Pendekatan secara personal akan lebih mudah dilakukan ketika Anda telah menjadi orang terdekat bagi mereka.

Anda bisa lebih tahu isi hati anak. Sebab, mereka akan merasa lebih aman dan nyaman ketika bercerita dengan Anda. Jika ini sudah terjadi, Anda bisa lebih paham langkah-langkah dalam memberikan arahan serta bimbingan yang tepat untuk mereka.

Jika Anda butuh bantuan dan panduan mendidik anak-anak zaman sekarang dan menjadi orang tua yang ideal untuk buah hati, sempatkan waktu mengikuti TRAINING PARENTING dari ESQ Leadership Center.

Writer : First | Editor : Nia | Image : Lulu

BACA JUGA  7 Tips Sukses Dari Albert Einstein

Info lebih lanjut mengenai training bisa disimak di tautan berikut Training ESQ parenting.

Pelatihan Parenting Terbaik - Mandatory Guidance For Parents

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by