Skip to main content
Tanggung Jawab, Ary Ginanjar Agustian, Belajar Tanggung Jawab, Belajar Amanah
expert-in-character-building

Sahabat ESQ dimanapun berada, setiap manusia dilahirkan dengan tanggung jawab sesuai dengan porsinya. Tanggung jawab didefinisikan sebagai sebuah sikap ataupun tindakan seseorang dalam mengemban amanah dengan penuh rasa cinta.

Seseorang yang bertanggungjawab adalah seseorang yang menerima dengan baik setiap tugas dan kewajiban yang diemban. Seringkali, tanggungjawan diidentikan dengan sesuatu hal yang berat. Sehingga, banyak orang yang melepaskan tanggung jawab itu begitu saja.

Saat ini, banyak orang yang seakan “lempar batu sembunyi tangan”. Itu merupakan ciri-ciri orang yang tak mau bertanggungjawab atas perbuatan yang dilakukannya. Rasa tanggungjawab ada bukan karena bawaan lahir. Tetapi hal itu muncul karena adanya sebuah pilihan sikap. Namun, yang sangat disayangkan. Tanggungjawab tak di pupuk sejak dini.

Sikap tanggungjawab sangat diperlukan dalam hidup. Ketika seseorang tidak menjalankan tanggungjawabnya dengan baik, apa yang akan terjadi? Kehancuran bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Ada orang-orang yang ikut dirugikan dari ketidak tanggungjawaban kita akan sesuatu hal.

Sikap tanggungjawab senantiasa menghadirkan rasa kagum dan haru. Sifat Allah ini merupakan suara hati manusia. Bagaimana menumbuhkan sikap tanggung jawab dalam hidup? Sahabat ESQ bisa simak tipsnya di bawah ini.

BACA JUGA  Nanan Soekarna Tampil Beda dengan Kostum Super Hero serta Pimpin Yel The Amazing You!
[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#1 FOKUS[/highlight] Fokus, adalah salah satu hal yang wajib Anda terapkan. Sebisa mungkin, ketika kita sudah punya rencana yang tersusun rapi untuk mengerjakan sesuatu, usahakan lakukan apa yang sudah Anda rencanakan sesuai dengan jadwal. Teruslah untuk fokus sampai pekerjaan itu selesai.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#2 KONSISTEN[/highlight] Setelah kita fokus, konsistenlah dengan apa yang sudah kita rencanakan. Jika kita tidak fokus, sulit untuk kita menuju konsistensi sebuah pekerjaan. Selain fokus, Anda pun harus berkomitmn pada diri Anda sendiri untuk terus konsisten melakukan pekerjaan yang telah Anda susun.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#3 JANGAN TUNDA PEKERJAAN[/highlight] Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah biasakan diri anda untuk tidak menunda-nunda pekerjaan yang telah Anda susun. Semakin cepat Anda bekerja, Anda akan lebih mempunyai waktu luang.

Dengan mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu, Anda pun akan lebih mudah dan cepat mencapai tujuan yang Anda inginkan dari pekerjaanmu.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#4 KURANGI MENGELUH[/highlight] Poin yang terakhir. Poin ini juga tak kalah penting. Kurangi keluhan disaat Anda mengerjakan pekerjaan. Menjalani tanggung jawab atas apa yang Anda pilih tidak perlu disertai dengan drama yang semakin membuat Anda berat. Dengan bersikap ikhlas dalam menjalankan sebuah tanggungjawab, akan mempermudah langkah Anda untuk menggapai impian.

BACA JUGA  Tips Belajar Public Speaking Sendiri untuk Pemula

Semoga hal apapun yang saya bagikan di sini bisa bermanfaat untuk Anda yang membaca. Dan Anda pun boleh membagikan postingan ini ke rekan-rekan Anda. Kita pupuk rasa tanggungjawab dengan belajar memperbaiki diri. Sukses selalu untuk Anda.

Salam 165

 


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Character Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/esqtraining/

Informasi mengenai Pelatihan ESQ kunjungi  Training ESQ 165 Great Character Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.