Cara Menghadapi Murid yang Tidak Sopan atau Bermasalah Dengan Etika

By August 8, 2019 Artikel, TOT
Cara Menghadapi Murid yang Tidak Sopan atau Bermasalah Dengan Etika
expert-in-character-building

Cara Menghadapi Murid yang Tidak Sopan atau Bermasalah Dengan Etika | Bagaimana Seharusnya Guru Bersikap Ketika Ada Murid Minus Etika? Pahlawan tanpa tanda jasa, itulah kalimat yang mencerminkan salah satu profesi yang tak pernah tergerus oleh zaman. Yap, profesi itu adalah guru. 

Guru merupakan orang yang tanpa pamrih mengajar, mendidik, hingga menuntun generasi bangsa agar bisa meraih cita-cita dan memajukan negara ini. Namun sayangnya, tugas ini terasa berat dijalankan oleh sebagian besar guru di Indonesia. 

Pasalnya, guru cenderung kurang dihargai di negara ini. Baik dari segi penghasilan, penghargaan, maupun training. Ditambah lagi perlakuan murid-murid yang minus etika menjadi momok menakutkan untuk seorang guru. 

Kalau sudah begini, apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru?

Jika Anda adalah seorang guru, dosen, atau tenaga pengajar. Yuk, jaga sikap di bawah ini agar guru bisa menjadi tauladan bagi para pelajar di Indonesia. Let’s scroll down!

 

  • Sikap Sabar 

 

Sabar merupakan kunci utama yang harus dipegang oleh guru. Tanpa rasa sabar, guru akan sulit mengontrol emosi baik untuk diri sendiri maupun para murid. Dari kesabaran guru, para murid pun pasti akan meniru kesabaran dan kebijaksanaan yang ditonjolkan oleh seorang guru. 

 

  • Sikap Santun
BACA JUGA  Kisah Inspirasi Hidup, Semangat Stephen Hawking, Amazing !

 

Santun dan sopan adalah sikap terpuji yang harus ditunjukkan kepada para murid. Bagaimana murid bisa sopan jika gurunya tidak menjaga sikap santun di dalam sekolah? Untuk itu, yuk pertahankan sikap santun dan sopan agar para murid kita bisa mencontoh sikap baik dari diri kita.

 

  • Sikap tegas 

 

Selain sabar dan santun, sikap tegas juga perlu dimiliki oleh seorang guru. Selain bermanfaat untuk menanamkan rasa tanggung jawab pada murid, ketegasan pun juga bisa membuat murid jadi lebih menghargai dan menghormati guru dalam mengajar di lingkungan sekolah. 

Bagaimana, apa informasi di atas berguna untuk Anda? Jika dirasa belum cukup, atau Anda ingin meng-upgrade skill mengajar Anda melalui Training of Trainer Skema 3 dari ESQ Leadership Center. 

Berminat? Silakan Kunjungi Training of Trainer Skema 3

ESQ – Expert in Character Building


Anda tertarik mengetahui tentang Program Pembentukan Character dari ESQ Training? Ikutilah berbagai artikel inspiratif dari ESQ Training dalam sejumlah topik yang berbeda. Secara teratur kami merilis berbagai update terbaru mengenai pembentukan karakter, perjalanan meraih kesuksesan, penguatan mental, pendidikan di dalam keluarga, keterampilan public speaking, serta pengasuhan anak dan remaja dengan metode peningkatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Untuk mempelajari cara melakukan pengembangan karakter untuk penguatan sumber daya manusia di dalam perusahaan demi kelangsungan bisnis dan perkembangan langkah dalam menghadapi beragam persaingan yang kian sengit, dapat mengikutkan karyawan di Personal Transformation Program serta Training Character Building

Bila di dalam perusahaan Anda membutuhkan pendekatan kepemimpinan yang mampu merangkul karyawan, dapat mengikuti berbagai program dari ESQ Coaching Academy.

Untuk memiliki kemampuan Public Speaking. Untuk membangun Perjalanan Meraih Kesuksesan, anda juga bisa ikutan Training Public Speaking. Untuk mendapatkan sertifikasi resmi nasional dari badan nasional sertifikasi profesi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ untuk keahlian coaching, public speaking, kemampuan trainer, dan membangun budaya perusahaan.

Bila karyawan Anda memiliki masalah dalam pengelolaan keuangan pribadi atau ingin membentuk angkatan kerja yang memiliki kemampuan finansial tinggi dan memiliki Rich Mind anda dapat mengikuti Training ESQ Rich Mind .

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dengan kemampuan memimpin yang dapat menanamkan pengaruh positif melalui kata-kata dan inspirasi, Anda dapat mengikutsertakan Para Calon Pimpinan di Perusahaan Anda di Training ESQ NLP (Neuro Linguistic Programming) dengan klik disini.

Bila memiliki kesulitan atau masalah di beberapa sisi seperti keluarga karyawan yang disharmoni atau tidak rukun, yang dapat mengakibatkan menurunnya performa pegawai. Bila itu masalahnya, bagi para karyawan yang memiliki keluarga di Organisasi Anda, dapat mengikuti program  ESQ Parenting . Untuk pengembangan karakter anak, dapat klik disini. Untuk penguatan karakter remaja, dapat mengikuti Program Pendidikan Karakter Untuk Anak dan Remaja .

Untuk melakukan perkembangan di organisasi dan korporasi Anda, Anda dapat mempelajari cara membangun budaya perusahaan, mempelajari cara menciptakan strategi yang tepat untuk perusahaan di ACT Consulting

Bila dalam perusahaan Anda sejumlah pegawai akan Pensiun, mereka memerlukan pelatihan untuk menguatkan mental dan memperkaya keterampilan wirausaha, kecerdasan keuangan, dan mengelola kesehatan, Anda dapat mengikutsertakan dalam Training Masa Persiapan Pensiun .

Untuk mendapatkan bantuan mengenai cara membentuk karakter para pegawai dan pimpinan hingga dapat mengakselerasi perubahan yang kompetitif di organisasi Anda, ESQ Training memiliki langkah-langkah dan metodologi yang diperlukan. Hubungi kami via email di info@esqtraining.com atau telepon ke 0821-2487-0050 (Gisri).

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by