Bingung Isi Kegiatan Anak Selama Bulan Puasa? Coba 5 Ide Ini

Kegiatan-Untuk-Anak-Selama-Bulan-Ramadhan,-Kegiatan-Bulan-Ramadhan-Bersama-ESQ
expert-in-character-building
[dropcap font=”” size=”50″ background=”#0c4ea0″ color=”#ffffff” circle=”2″ transparent=”0″]M[/dropcap]engajak dan mengajarkan si kecil berpuasa di bulan Ramadhan itu gampang-gampang susah. Apalagi bila sudah mendekati waktu berbuka atau mendekati momen Idul Fitri. Anak-anak cenderung tidak sabaran, mudah bosan, dan sebagainya.

Untuk itu, Ayah dan Bunda disarankan mengajak anak melakukan beragam kegiatan menyenangkan selama bulan Ramadhan. Kegiatan yang mampu membuat mereka tetap bersemangat, ceria, dan termotivasi.

Nah, bila Ayah dan Bunda bingung mau mengisi kegiatan apa bersama anak-anak, coba simak sejenak ulasan berikut. Ada 5 ide menarik yang bisa dicoba, di antaranya :

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#1 Membuat Kerajinan Tangan[/highlight] Anda bisa mampir sejenak ke toko buku atau searching di internet. Lalu coba ajak si kecil membuat kerajinan tangan yang menarik dengan tema-tema ramadhan. Misalnya membuat kartu ucapan, hiasan dinding, boneka clay, dan seterusnya. Hasil kerajinan tangan itu bisa diberikan kepada teman atau guru yang disayanginya di sekolah.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#2 Membuat Kue[/highlight] Momen puasa dan lebaran nanti bisa jadi kesempatan Ayah dan Bunda membuat kue sendiri. Dalam rencana ini coba libatkan anak-anak, agar suasana membuat kue lebih menyenangkan dan menggembirakan. Apapun hasilnya, membuat kue bersama menciptakan kehangatan dalam keluarga. Momen berkesan yang bisa membuat anak akan merindukan dan mencintai bulan Ramadhan.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#3 Mengaji Bersama[/highlight] Rata-rata anak merasa bosan dan kurang menyukai kegiatan satu ini. Namun, ini merupakan salah satu kegiatan bermanfaat yang wajib diajarkan pada si kecil sejak dini. Untuk membuat anak-anak tetap bersemangat dan bersuka ria, coba trik-trik tertentu. Misalnya dengan membuat kelas mengaji yang berisi beberapa anak-anak. Belajar bersama jauh lebih menyenangkan, ketimbang sendirian atau privat.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#4 Membaca atau menonton[/highlight] Saat ini sudah banyak sekali buku-buku dan video bertemakan Ramadhan. Misalnya seperti cerita keistimewaan bulan ramadhan, cerita rasul dan nabi, dan masih banyak lagi. Ajak anak membaca dan menonton bersama di waktu-waktu tertentu. Ini bisa jadi pelajaran sekaligus pengalaman berkesan bersama buah hati.

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#5 Ikut Pelatihan atau Sanlat[/highlight] Ayah dan Bunda juga bisa mendaftarkan anak-anak untuk mengikuti pelatihan motivasi atau pesantren kilat yang diadakan oleh ESQ. Kegiatan bermanfaat yang akan mengajarkan anak-anak tentang emosi dan spiritual. Menjadikan mereka generasi emas yang berkarakter dan tangguh di masa depan.

BACA JUGA  Cara Memperoleh Kebahagiaan Hakiki Dengan 7 Cara Ini

Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Family Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/Esq165GreatFamily/

Dapatkan Tips, kisah yang penuh inspirasi dan motivasi seputar wanita di ESQ Woman’s Heart Journey

Informasi dan pendaftaran Training ESQ untuk Keluarga silahkan kunjungi ESQ 165 Great Family Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?