4 Trik Jitu Kelola Emosi di Bulan Puasa, Yuk Coba!

By May 31, 2017Artikel, Character
4-Trik-Jitu-Kelola-Emosi-di-Bulan-Puasa
expert-in-character-building
[dropcap font=”” size=”50″ background=”#0c4ea0″ color=”#ffffff” circle=”2″ transparent=”0″]K[/dropcap]ita sama-sama tahu betul bahwa puasa tidak sekadar menahan haus dan lapar. Selama 1 bulan, umat muslim di seluruh dunia pun wajib mengelola emosi, bila ingin puasanya mendapat pahala dan menjadi berkah.

Inilah tantangan sesungguhnya menjalankan puasa. Bagaimana mengendalikan emosi, menekan amarah, dan seterusnya, yang selama ini mudah diluapkan begitu saja?

Jika Anda butuh bantuan, coba simak ulasan berikut. James Gross, psikolog dari University of California, Berkeley memiliki model mengelola emosi secara bertahap. Kita bisa mencoba trik yang dikemukakan James tersebut selama bulan puasa ini. Di antaranya :

Tips Ramadhan, Cara Mengisi Ramadhan, Memanfaatkan Ramadhan

 

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#1 Sadar Situasi[/highlight] Salah satu langkah tepat mengelola emosi ialah dengan memilih menghindari situasi yang memicu amarah itu sendiri. Contohnya, untuk menghindari macet di jalan dan memancing emosi nantinya, coba berangkat 10-15 menit lebih awal dari biasanya.

 

Belajar Cerdas Emosi Di Bulan Ramadhan, Tips Mengelola Emosi di Bulan Ramadhan, Ramadhan Bersama ESQ

 

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#2 Alihkan Emosi[/highlight] Ketika berada di sebuah diskusi atau perdebatan dalam pekerjaan, jangan terburu-buru memanas dan menaikkan emosi. Belajarlah untuk bersikap tenang karena kebiasan ini sangat membantu mengelola emosi diri. Caranya bisa dengan membayangkan hal-hal yang membuat diri Anda tenang dan senang. Nah, ketika pikiran dan emosi sudah stabil, Anda bisa mendinginkan situasi yang panas menjadi damai.

BACA JUGA  Belajar Cara Menjaga Komitmen, Learning Commitment Jadi Andalan Training The Amazing You

 

Ubah Pola Pikir saat Ramadhan, Berbuat Baik Saat Ramadhan, Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan

 

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#3 Ubah Pola Pikir[/highlight] Emosi meluap biasanya karena pola pikir yang negatif. Pemikiran yang akan menjauhkan kita dari kebahagiaan dan ketentraman. Emosi justru akan mendekatkan kita apda kecemasan, kegagalan, rasa pesimis, dan hal negatif lainnya. Jadi, coba hindari dengan membuat beberapa pilihan sebelum bertindak dan pikirkan dengan baik. Ini antisipasi untuk membuahkan hasil yang baik untuk diri Anda sendiri.

 

Ramadhan Bersama ESQ, Mengubah Karakter Dengan Puasa Ramadhan

 

[highlight background=”#ed1c24″ color=”#ffffff”]#4 Ubah Respons[/highlight] Ketika emosi memasuki pikiran, langkah terakhir untuk mengendalikannya ialah dengan mengubah respon. Ambil napas dalam-dalam sambil menutup mata sejenak. Tenangkan diri selama beberapa menit, agar emosi bisa stabil kembali. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengumpulkan daya batin yang positif. Anda juga bisa mencoba untuk berwudhu, ketika merasa emosi naik.

 

[highlight background=”#0c4ea0″ color=”#ffffff”]Semoga puasa sahabat ESQ penuh berkah dan dapat mengelola emosi di bulan yang suci ini. amin[/highlight]

 

p/s : Silakan di SHARE jika postingan ini dirasa bermanfaat untuk Anda

BACA JUGA  7 Sikap Orang Tua yang Justru Mempermalukan Diri Sendiri di Hadapan Anak

 


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Character Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/esqtraining/

Informasi mengenai Pelatihan ESQ kunjungi  Training ESQ 165 Great Character Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?