Belajar dari Kisah Audrey, Ini Cara Tanggapi Aksi Bullying yang Tepat

Belajar dari Kisah Audrey, Ini Cara Tanggapi Aksi Bullying yang Tepat
expert-in-character-building

Hai, sahabat ESQ, apakah Anda sudah mendengar berita terbaru seputar bullying terhadap Audrey? Jika sudah, bagaimana tanggapan Anda? Kami dari pihak ESQ merasa sangat miris sekali terhadap kasus yang menimpa gadis 14 tahun ini. Bagaimana tidak? Seorang gadis SMP dianiaya oleh 12 anak SMA, bahkan sampai tega melakukan hal tidak senonoh.

Namun, jika kita telusuri lebih dalam lagi, tentu ada beberapa penyebab yang menjadikan pelaku sampai tega melakukan hal keji kepada Audrey. Untuk itu sekesal dan semarah apapun kita menanggapi kasus ini, alangkah baiknya tetap bijak menyikapi. Jangan sampai kita jadi ikut membully dengan melakukan hal serupa pada pelaku bullying Audrey.

Kasus ini sudah dibawa ke ranah hukum dan semoga ada penyelesaian terbaik untuk semuanya. Nah, terkait bullying ini dan untuk menghindari hal serupa terulang lagi, ada beberapa tips ini untuk kita semua. Apa saja itu?

1. Hindari lingkungan negatif

Menurut beberapa sumber, anak remaja yang melakukan aksi bullying cenderung dekat dengan lingkungan negatif seperti kekerasan, narkoba, seks bebas, bahkan homo seksual. Hal tersebut tentu bisa merusak norma dan akal pikiran manusia sehingga tindakan bullying dapat dengan mudah terjadi. Maka dari itu, hindari Anda dan keluarga terdekat dari lingkungan negatif supaya aksi bullying dapat teratasi.

BACA JUGA  Motivator Anak Indonesia, 3 Hal Yang Seringkali Membuat Anak Takut

2. Fokus pada hal positif dalam diri Anda

pada dasarnya, fitrah manusia dilahirkan dalam keadaan suci dan baik. Namun, pengaruh-pengaruh negatif lah yang terkadang membuat kita lupa diri sehingga melakukan tindakan yang kurang terpuji. Untuk mengatasi itu semua, kita harus fokus terhadap kelebihan yang ada pada diri dan senantiasa melakukan hal positif untuk meminimalisir hal negatif di sekitar kita. Dengan begitu, potensi terjadinya aksi bullying semakin kecil.

3. Percaya diri

Percaya diri sangat penting! Anda harus berani melawan jika ada teman atau orang di sekitar Anda sedang mengalami aksi bullying. Hal ini karena para pelaku bullying cenderung senang dan semakin brutal apabila target bullying lemah dan tidak berdaya. Untuk itu, Anda harus berani dan melawan agar aksi bullying tidak terjadi oleh Anda maupun orang-orang di sekitar Anda.

4. Pencegahan di sekolah

Sekolah wajib turut andil dalam pencegahan aksi bullying. Cara pencegahan pun ada beragam. salah satunya ialah memberikan penyuluhan kepada guru, staff sekolah, hingga murid-murid bahwa perilaku bullying sangat merugikan sekolah maupun setiap individu. Dengan begitu, lembaga pendidikan terbebas dari ancaman bullying dan nama baik sekolah pun tetap terjaga.

BACA JUGA  Tips Parenting : Waspada Dampak Bullying Terhadap Anak Kita !

5. Pencegahan oleh orang tua

Pencegahan aksi bullying juga dapat diterapkan dari keluarga. Jaga komunikasi Anda bersama buah hati agar Ia dapat terbuka dan tidak canggung menceritakan hal buruk yang sedang Ia alami. Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda sudah mencegah terjadinya aksi bullying terhadap anak Anda dan lingkungan sekitarnya.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Stop Bullying, Ini Cara Mengatasi Aksi Bullying yang TepatWriter : Tya

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by