was successfully added to your cart.

5 Sikap yang Harus Dimiliki Orang Tua Dalam Mendidik Anak

By September 20, 2017 April 9th, 2019 Artikel, Character, Great Family Series, Motivator Anak, Parenting
expert-in-character-building

Membantu anak melewati proses belajar di rumah adalah keharusan bagi setiap orang tua. Menjadi tutor pertama yang akan mengajarkan sejumlah nilai kehidupan lewat cara-cara yang tepat.

Untuk itu, persiapkan diri anda untuk menjadi tutor yang baik bagi buah hati di rumah. Tutor yang tidak sekadar mengajarkan, namun juga jadi teladan.

Nah, dalam menjadi tutor itu sebaiknya Anda memiliki 5 sikap berikut :

#1 Kreatif Lewat Ketertarikan si Kecil
Proses belajar dengan anak-anak akan jadi seru dan menyenangkan, bila Ayah dan Bunda memasukkan unsur ketertarikan anak.

Contohnya, Anda memiliki anak yang menyukai permen. Anda bisa memanfaatkan permen-permen yang dibungkus sebagai media belajar berhitung.

#2 Jangan Terlalu Sering “Mengajari”
Jangan selalu bersikap layaknya guru atau tutor di sekolah pada anak-anak. Sesekali berperanlah menjadi murid dan anak gurunya. Ajak si kecil belajar bersama.

Cara ini akan menanamkan bahwa belajar itu menyenangkan. Anak pun jadi lebih kreatif dan tertarik untuk mempelajari hal menarik lainnya.

#3 Jadilah Pendengar yang Baik
Ketika si kecil mengalami kesulitan, dengarkanlah dengan baik. Jangan memotong pembicaraannya, hingga anak-anak selesai mengeluarkan keluh kesahnya.

BACA JUGA  Tips Tepat Atasi Anak-Anak yang Rewel ketika Mudik Lebaran

Misalnya si kecil tengah berkelahi dengan teman sebayanya. Atau nilai sekolah si kecil menurun, padahal ia sudah belajar dengan maksimal.

Berikan semangat dan energi positif pada anak-anak untuk mampu menghadapi masalah. Jelaskan bahwa dia perlu bersabar dan terus berupaya untuk jadi lebih baik lagi untuk memetik hasil sesuai harapan.

#4 Terapkan Disiplin secara Tepat
Anak-anak kerap lupa waktu ketika melakukan sejumlah aktivitas yang menyenangkan. Di sini Ayah dan Bunda bisa mengajarkan untuk disiplin waktu dengan menjadi pengingat yang baik.

Selalu ingatkan anak jika sudah masuk waktu belajar, waktu istirahat, dan sebagainya. Lakukan pelajaran disiplin waktu ini secara konsisten, hingga jadi kebiasaan sehari-hari.

#5 Bersabar dan Jadilah Pemaaf
Saat si kecil tak jua mengerti yang Anda ajarkan, jangan lekas marah. Pahami dia, cari tahu masalahnya, dan temukan solusinya.

Setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda-beda. Untuk itu, jangan bosan untuk selalu mendidik dan membimbing anak dengan sabar dan telaten ya Ayah dan Bunda.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Anda Merespon Masalah Dalam Hidup?

Yuk didik anak menjadi pribadi BERKARAKTER UNGGUL, MANDIRI, TANGGUH DAN SUKSES DI MASA DEPAN lewat pola asuh yang tepat.

Jika Ayah dan Bunda butuh panduan untuk pola asuh ini, join dengan kami di TRAINING ESQ PARENTING (untuk orang tua) dan TRAINING ESQ KIDS/TEENS (untuk anak-anak dan remaja).

Ada diskon harga hingga 70% untuk Anda yang daftar segera.

Jika tertarik, cukup katakan “SAYA” di kolom komentar ya…

Salam 165

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.