Skip to main content

3 Tips Belajar Public Speaking Pemula

3 Tips Belajar Public Speaking Pemula
expert-in-character-building

Ada banyak tempat belajar public speaking pemula, salah satunya seperti di ESQ. Biasanya pemula yang bergabung di ESQ, mempunyai masalah pada rasa percaya dirinya, rasa grogi berlebihan dan sebagainya.

Padahal kalau mereka bisa mengontrolnya, bisa saja mereka menjadi speaker handal. Kalau Anda termasuk salah satu dari mereka, maka Anda bisa melihat beberapa tips belajar public speaking untuk pemula dari ESQ Training.

Tips Belajar Public Speaking Untuk Pemula

Rasa gugup dan grogi sebenarnya tidak hanya dialami oleh mereka yang tidak biasa berbicara di depan umum saja. Melainkan yang sudah terbiasa pun pasti mengalami hal tersebut.

Tapi melalui persiapan yang matang, tentunya Anda bisa mengontrol rasa grogi dan gugup tersebut. Nah untuk persiapan dan cara belajar public speaking untuk pemula, bisa Anda lihat beberapa di antaranya di bawah ini:

1. Buatlah Materi Public Speaking

Pertama, pastikan Anda sudah menyiapkan materi public speaking yang matang. Maksudnya, ialah memastikan kalau materi Anda sudah dikemas dengan baik.

BACA JUGA  4 Teknik NLP Paling Efektif untuk Level Pemula hingga Advanced

Contohnya kalau Anda ingin melakukan presentasi. Maka Anda harus menyiapkan file presentasi dengan bahasan yang tepat dan desain sederhana namun menarik.

Lalu untuk public speaking, Anda bisa membuat materinya di selembar kertas. Setelah itu, Anda bisa baca berulang-ulang supaya bisa lebih paham mengenai pembahasan yang akan disampaikan.

2. Perbanyak Latihan

Kalau materi sudah dipersiapkan dengan baik, langkah selanjutnya Anda harus perbanyak latihan. Lebih bagus kalau latihannya di depan teman-teman Anda, supaya meningkatkan rasa percaya diri.

Tapi misalnya tidak bisa, Anda juga dapat latihan public speaking sendiri di depan cermin. Anda bisa coba membahas isi materi dan memperhatikan ekspresi Anda sendiri.

3. Cari Tahu Banyak Kosakata

Kalau ini untuk tambahan saja. Begitu Anda melakukan public speaking, sebenarnya apa yang Anda akan bicarakan tidak selalu sama persis dengan materi.

Melainkan Anda terkadang harus mengimprovisasi kalimat dari isi materi yang akan disampaikan. Nah supaya bisa lancar improvisasi, mengetahui banyak kosakata ini perlu Anda perhatikan juga.

BACA JUGA  Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Training Public Speaking Terbaik

Belajar public speaking pemula secara otodidak mungkin akan lebih sulit. Kalau Anda ragu, Anda bisa bergabung bersama kami di ESQ Training, karena Anda akan dilatih oleh para ahlinya di sini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.