Skip to main content

3 Tips Belajar Public Speaking Otodidak yang Efektif

3 Tips Belajar Public Speaking Otodidak yang Efektif
expert-in-character-building

Masih merasa kurang menguasai kemampuan public speaking? Yuk belajar public speaking otodidak dari sekarang. Anda akan merasakan sendiri manfaatnya.

Siapa pun pasti sepakat bahwa public speaking sangat penting, terutama untuk Anda yang terjun di dunia profesional. Kemampuan berkomunikasi ini memudahkan siapa pun untuk menyampaikan informasi secara akurat, efisien, dan efektif.

Seseorang yang memiliki public speaking yang bagus juga tidak akan ragu lagi jika berbicara di depan umum. Oleh karena itu, penting sekali untuk belajar public speaking gratis.

Kebiasaan Penting untuk Mengembangkan Public Speaking Skill secara Otodidak

Untuk Anda yang tidak ingin kursus public speaking online, belajar otodidak pun bisa Anda lakukan dengan beberapa kebiasaan berikut. Simak informasi lengkapnya!

1. Melatih Intonasi Setiap Pagi

Dalam berkomunikasi yang baik, Anda membutuhkan intonasi untuk memberikan penekanan pada informasi-informasi penting. Pelafalan kita juga harus jelas agar informasi yang kita sampaikan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Oleh karena itu, cobalah untuk melatih intonasi setiap hari. Ketika bangun tidur, berlatihlah berbicara di depan cermin. Anggap diri Anda sebagai seorang pemimpin yang sedang memberikan arahan.

BACA JUGA  Tips Tangani Pelanggan yang Pemarah

2. Praktik Langsung dalam Keseharian

Jika ada kesempatan untuk berbicara di depan umum, cobalah untuk memanfaatkannya, seperti mengeluarkan pendapat saat rapat atau menjadi moderator. Kebiasaan ini akan melatih kemampuan berbicara di depan umum dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

3. Evaluasi Terus Menerus

Berani mencoba untuk berbicara di depan umum adalah keputusan yang baik. Anda harus mengapresiasi diri sendiri. Selain itu, cobalah untuk melakukan evaluasi, apa yang sudah bagus dan apa yang masih perlu untuk diperbaiki.

Penutup

Belajar public speaking online tanpa bantuan ahlinya memang membutuhkan usaha yang lebih besar. Oleh karena itu, niat dan tekad Anda harus kuat agar kemampuan tersebut bisa benar-benar berkembang.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan bantuan profesional, belajarlah bersama ESQ. Ada banyak program ESQ yang bisa membantu mengembangkan kemampuan public speaking mulai dari 0. Anda bisa menyimak programnya di sini.

Belajar public speaking otodidak atau mengambil kursus adalah pilihan. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat!

BACA JUGA  Bagaimana Cara Anda Merespon Masalah Dalam Hidup?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.