Skip to main content

3 Manfaat Sertifikasi Public Speaking bagi Karyawan

3 Manfaat Sertifikasi Public Speaking bagi Karyawan
expert-in-character-building

Tidak ada salahnya bagi perusahaan atau HRD untuk mengadakan sertifikasi public speaking untuk karyawannya. Akan tetapi, apa sebenarnya manfaat bagi karyawan dalam mengikuti training public speaking?

Memang tidak semua orang harus berbicara di depan umum. Akan tetapi, memiliki keterampilan ini diyakini dapat membantu tumbuh dan kembang seseorang. 

Selain itu, public speaking juga cukup penting untuk seorang karyawan. Seperti saat harus melakukan presentasi di depan atasan atau di depan client.

Apa Saja yang Membuat Public Speaking Penting bagi Karyawan?

Kata-kata ternyata memiliki kekuatan dalam mempengaruhi orang lain pada saat penyampaian informasi, edukasi, bahkan hiburan. Selain itu, public speaking akan merepresentasikan seseorang dalam kepribadian dan caranya berpikir pada saat berbicara di depan umum.

Berikut manfaat lengkap yang akan karyawan dapatkan dengan mengikuti training atau sertifikasi public speaking.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Merasa gugup pada saat berbicara di depan umum memang wajar terjadi. Tetapi, rasa gugup dan grogi ternyata dapat teratasi dengan terus belajar dan melatih berbicara di depan umum.

BACA JUGA  Tips Public Speaking, 5 Kiat Sukses Presentasi Ala Steve Jobs

Jika sudah terbiasa, kepercayaan diri akan timbul dalam diri seseorang dan menjadi sebuah citra baginya.

2. Mempertajam Kemampuan Riset

Berbicara di depan umum memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda membutuhkan persiapan yang matang dan juga ilmu yang cukup agar bisa mengimpresi audiens.

Maka dari itu, Anda harus melakukan riset mendalam terlebih dahulu sebelum berbicara di depan umum. Untuk melakukan riset juga tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan buku atau internet sebagai media riset.

3. Membangun Pola Pikir Sistematis dan Kritis

Mengikuti training public speaking akan membantu Anda untuk berpikir sistematis dan kritis. Pasalnya, Anda harus menyiapkan materi agar Anda dapat berbicara secara teratur dan terstruktur guna memberikan pemahaman kepada audiens.

Kemudian, ketika Anda berbicara di depan umum bukan tidak mungkin terjadi hal-hal di luar rencana. Seperti hilangnya sinyal pimpinan pada saat rapat daring padahal Anda merupakan asisten atau moderator. Menghadapi hal seperti ini tentu membutuhkan keterampilan public speaking.

Itulah 3 manfaat training public speaking bagi karyawan. Keterampilan seperti ini harus dimiliki oleh siapapun tak terbatas pada jabatannya saja. Anda bisa mengikuti sertifikasi public speaking yang dari ESQ jika memang diperlukan. Dengan sertifikasi, Anda bisa memaksimalkan potensi diri dan terus berkembang.

BACA JUGA  Penyebab Kegagalan Dalam Hidup dan Bagaimana Cara Mengubahnya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.