was successfully added to your cart.
Menjual Tanpa Menjual, Selling Without Selling

[dropcap font=”” size=”50″ background=”#0c4ea0″ color=”#ffffff” circle=”2″ transparent=”0″]M[/dropcap]enjual tanpa menjual kedengarannya sedikit aneh. Kita mau jualan kok bisa “tanpa menjual”. Bagaimana maksudnya? YA, maksud menjual tanpa menjual alias selling without selling disini artinya tidak terlihat seperti orang berjualan pada umumnya.

Seperti halnya sales panci yang menawarkan panci dari rumah kerumah dengan tutur kata sopan dan satun mereka menjelaskan manfaat dan keuntungan dari pembelian panci tersebut, mereka memberikan diskon besar-besaran. Kadang juga mereka juga membuat acara “Demo memasak” tujuannya adalah agar ibu-ibu lebih yakin dengan keunggulan panci tersebut yang tidak mudah hitam setelah dipakai memasak contohnya.

Akan tetapi agar meyakinkan atau memengerahui orang atau pembeli khususnya, memang tidak mudah. Dalam ilmu komunikasi yang efektif, Anda perlu mendengarkan secara baik ketika staff atau rekan bicara, itulah hal utama yang dilakukan agar membuat orang tersebut merasa dihargai.

Menurut Brian Tracy, mendengarkan bisa membangun hubungan penjual – sales. Untuk itu, kuncinya adalah belajar mendengarkan secara penuh perhatian. Condong ke depan, tatap langsung kostumer atau rekan Anda ketimbang melihatnya dari samping.

Kemampuan memberikan perhatian dengan cermat dan tak terputus pada seseorang ketika dia sedang bicara adalah keterampilan dasar dari mendengarkan. Menurut Brian Tracy, sulit untuk memberikan perhatian cermat dan secara terus menerus. Untuk itu diperlukan latihan dan disiplin. Dan ini sulit. Kita sulit menjaga pikiran kita tidak lari ke mana – mana, tapi hasilnya akan mendatangkan imbalan besar. Ada dua hal yang bisa langsung Anda lakukan.

Pertama, bayangkan customer Anda adalah orang yang paling memesona di dunia. Dengarkan setiap katanya seakan dia akan order banyak. Kedua, condong ke depan ketika customer Anda bicara. Mengangguk, senyum, setuju dan terlibat secara aktif. Keterampilan Anda mendengarkan akan membangung hubungan penjualan.

BACA JUGA  Tips Meraih Kesuksesan Diri dari ESQ165

Nah, mulai sekarang menjadilah jadi pendengar yang baik jika Anda ingin barang dagangan Anda laku keras, karena itu merupakan salah satu trik yang bisa digunakan untuk menjadi penjual yang baik dan di sukai oleh para client.


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Business Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/ESQ165GreatBusiness/

Ikuti Training ESQ Selling Without Selling

Daftar-Training-ESQ

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda