Yuk Belajar Ilmu PARENTING dari Induk Elang

By September 19, 2017 April 9th, 2019 Artikel, Character, Great Family Series, Parenting
expert-in-character-building

Pernahkah Ayah dan Bunda mendengar kisah pola asuh induk elang pada anaknya? Kisah menarik yang mengajarkan kita bagaimana melatih KEMANDIRIAN pada anak-anaknya.

Jika belum tahu, tuk simak sejenak kisah menarik berikut :

Tiap orang tua tentu memiliki cara yang berbeda-beda dalam mendidik anak-anak. Ada yang mendidik dengan penuh kasih sayang, ada yang otoriter, disiplin, atau permisif.

Apapun yang Ayah dan Bunda lakukan, saya yakin itu atas dasar untuk kebaikan buah hati. Namun, alangkah baiknya bila pola asuh tersebut disesuaikan dengan zaman, pribadi anak, situasi, dan kondisi lingkungan.

Jika tidak, biasanya orang tua akan menemukan sejumlah kendala dalam tumbuh kembang anak. Misalnya anak jadi manja, kurang MANDIRI, dan sebagainya.

Nah, khusus untuk Ayah dan Bunda yang memiliki tantangan melatih KEMANDIRIAN pada anak. Yuk, ambil ilmu parenting menarik yang diterapkan induk elang.

Saat induk elang akan menetaskan anak-anaknya, dia akan mempersiapkan sarang yang nyaman untuk bisa mengeram dengan tenang dan aman dari musuh. Biasanya mereka membuat sarang di bukit yang tinggi agar sulit dijangkau binatang lainnya.

BACA JUGA  3 Pelajaran Berharga Dari Kisah Kehidupan Henry Ford

Jika sarang sudah jadi, elang akan mengerami telur hingga menetas. Setelah menetas, induk mulai mencari makanan untuk anak-anaknya. Rutinitas mencari makan tersebut dilakukan selama beberapa bulan.

Yang menarik, ialah ketika induk elang mulai mengajarkan kemandirian pada anak-anak. Ketika anak-anak dianggap cukup mampu belajar terbang, induk akan merusak sarang dan mendorong anaknya jatuh dari ketinggian.

Anak-anak elang tentu merasa takut dan mengerikan. Ya, induk elang seolah ibu yang kejam.

Seolah tak peduli ketakutan anak, induk tetap merusak sarang dan mendorong anaknya untuk terjatuh.

Namun, sesaat sebelum anak-anak benar-benar terjatuh ke tanah, induk akan sigap menangkapnya dan membawa kembali ke tempat yang tinggi.

Lalu sesekali akan menjatuhkan anak-anaknya lagi. Demikian terus hingga si anak akhirnya mampu terbang sendiri.

Induk elang membutuhkan kesabaran untuk melatih dan menunggu waktu tepat mengajarkan KEMANDIRIAN pada anak-anaknya. Begitu juga bagi kita orang tua.

Kita perlu bersabar dan memiliki kematangan emosi yang besar untuk mendidik anak-anak menjadi pribadi MANDIRI dan TANGGUH.

BACA JUGA  Bagaimana Caranya Untuk Bisa Senantiasa Bersabar dan Ikhlas ?

Semoga generasi yang kita didi saat ini akan menjadi generasi emas yang MANDIRI, BERKARAKTER UNGGUL, TANGGUH, DAN BISA DIANDALKAN.

Nah, bila Ayah dan Bunda butuh panduan dalam parenting, pola asuh anak, hingga pelatihan untuk anak dan remaja, yuk join di program kami “TRAINING ESQ PARENTING” dan “TRAINING ESQ KIDS/TEENS”.

Jika tertarik cukup katakan SAYA di kolom komentar. Nanti tim ESQ akan segera membantu.

Salam 165

Nah, bila bunda ingin sukses mendidik anak di zaman ini, yuk gabung bersama kami di Training ESQ PARENTING. Training akan dibawakan langsung oleh  Ary Ginanjar Agustian dan diadakan di Menara 165 – Cilandak, Jakarta Selatan.

Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Family Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/Esq165GreatFamily/

Informasi dan pendaftaran Training ESQ untuk Keluarga silahkan kunjungi ESQ 165 Great Family Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by