Skip to main content

Tips Seputar Public Speaking yang Penting untuk Dicoba

By August 5, 2021August 6th, 2021Artikel
expert-in-character-building

Skill yang penting untuk Anda kembangkan saat ini salah satunya adalah public speaking. Tidak mudah untuk bisa lancar dan mahir dalam berbicara di depan orang. Oleh karena itu, Anda perlu latihan terus menerus sampai menguasai teknik-tekniknya.

Pentingnya public speaking adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri, menumbuhkan leadership, dan menyampaikan pendapat dengan baik.

Untuk pemula, biasanya masih malu-malu dan sering bingung terkait apa yang harus disampaikan dalam public speaking tersebut.

Anda ingin lancar public speaking? Yuk, ikuti tips-tips berikut ini:

  1. Kenali Audiens dan Tujuan dengan Baik

Setiap orang yang melakukan public speaking tentu memiliki tujuan tertentu. Terutama supaya apa yang Anda sampaikan bisa dipahami oleh audiens.

Untuk itu, Anda harus tahu terlebih dahulu tujuan Anda dan siapa yang nantinya akan menjadi audiens Anda.

Hal ini untuk menyesuaikan dengan gaya bahasa yang Anda gunakan dalam menyampaikan materi supaya bisa lebih mudah untuk dicerna.

  1. Susun Poin-Poin Pentingnya

Tujuan public speaking adalah supaya audiens bisa mengerti apa yang Anda sampaikan dengan baik. Supaya hal ini bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya susun poin-poin penting yang akan Anda sampaikan.

BACA JUGA  Tips Semangat Pagi Bebas Stres, 5 Aktivitas Ini Sangat Membantu

Dalam sebuah acara, biasanya ada durasi waktu sehingga membuat Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik. Poin penting yang sudah disusun dengan baik akan memudahkan dalam menyampaikan runtutan materi.

  1. Persiapkan Alat Bantu Atau Peraga Jika Diperlukan

Supaya materi bisa lebih mengena di hati audiens, Anda bisa siasati dengan menggunakan alat bantu atau peraga. Misalnya, jika Anda sedang menyampaikan materi tentang anatomi tubuh manusia, maka  Anda bisa membawa patung anatomi manusia.

  1. Kuasai Materi

Seorang pembicara yang andal adalah mereka yang menguasai materi dengan baik. Jika materi saja tidak dikuasai, tentu Anda akan kebingungan menyampaikan materi yang Anda bawakan.

Alhasil, audiens bukannya paham, tapi malah bingung. Untuk menguasai materi bisa dengan membaca berulang-ulang, pahami, dan coba dipraktikkan untuk berbicara supaya lancar.

  1. Perhatikan Aspek Non-Verbal

Manfaat public speaking ini sangat banyak, terutama bagi audiens yang ingin menambah wawasannya dari Anda. Namun, semua tidak akan bekerja secara maksimal jika ada hal-hal kecil yang kurang Anda perhatikan dan pengaruhnya besar untuk keberhasilan Anda.

BACA JUGA  Berikut Alasan Seorang Guru/Pengajar Perlu Ilmu NLP

Hal-hal kecil yang wajib diperhatikan adalah seputar tempo, kontak mata dengan audiens, intonasi dan volume suara Anda. Pastikan semua materi bisa diserap dan didengar semua audiens dari sudut manapun.

Sekarang Anda sudah tahu, kan tips public speaking yang penting untuk dicoba? Jika Anda ingin mahir dan percaya diri dalam public speaking, Anda bisa terus berlatih sendiri. Selain itu, bisa juga ikut ESQ Public Speaking Mastery dari ESQ Training supaya kemampuan Anda meningkat dan hasilnya maksimal.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.