Tips Agar Anak Berbuat Yang Baik

Tips-agar-anak-berbuat-baik
expert-in-character-building

Bunda dan Ayah, terkadang banyak orang tua yang kebingungan mencari cara terbaik untuk membiasakan hal positif pada anak-anaknya. Ada yang menyuruh, melarang, apalagi marah. Padahal, itu tidak efektif. Dengan sering menyuruh anak, akan membuat anak seperti pesuruh dan tidak membuat anak menjadi kreatif.

Banyak marah membuat anak makin stress dsn menjadi tidak dekat dengan orang tua. Salah satu metode yang digunakan dalam Al-Quran untuk mendidik jiwa manusia adalah dengan menggunakan cerita (kisah). Dalam buku Prophetic Parenting Dr. Muhammad Suwaid mengatakan bahwa menceritakan kisa menempati peringkat pertama sebagai landasan asasi metode pemikiran yang memberikan dampak positif pada akal anak, karena sangat disenangi.

Kisah-kisah sebagai metode pendidikan ternyata memiliki daya tarik yang dapat menyentuh perasaan anak-anak. Rasulullah SAW pun juga menggunakan kisah sebagai media berdakwah, karena secara alamiah menyukai cerita dan memiliki pengaruh yang dahsyat. Rasulullah secara langsung menceritakan kisah-kisah kenabian baik kepada para sahabat dewasa maupun anak-anak. Kisa-kisah yang beliau ceritakan dan cara beliau bertutur selalu menyedot perhatian pendengarnya.

BACA JUGA  Cara Hidup Bahagia, Jangan Lakukan 7 Hal Ini

Yang tak kalah pentingnya lagi, justru menceritakan kisa Rasulullah SAW itu sendiri. Orangtua yang menginginkan anaknya masuk surge, tentu memerlukan kisah-kisah teladan untuk anak-anaknya. Jalan yang dapat mengantarkan seorang hamba ke dalam surga Allah hanyalah satu jalan, yaitu jalan yang ditempuh Rasulullah SAW. Hal ini sebagaimana disampaikan Rasulullah SAW : “Barangsiapa mentaatiku, ia pasti masuk surga.”

Membaca kisah Rasulullah SAW tentu akan menimbulkan rasa cinta. Surga hanya tersedia bagi orang-orang yang mencintai Rasulullah SAW

“Kisah-kisah dapat memberi pengaruh besar bagi pertumbuhan seorang anak. Karena akan membekalinya dengan pengalaman-pengalaman budaya, intuisi dan aturan norma. Selain itu, akan membuka wawasan, memperkaya daya imajinasi, meningkatkan kreasi dan inovasi, serta membekalinya dengan kekuatan spiritual, emosional dan intelektual yang sangat besar.” (Musthafa Kailani, Sastrawan Dunia)

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari ESQ 165 melalui email Anda



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

id_ID
en_GB ms_MY id_ID
Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?
Powered by