Seru! Diskusi Erick Thohir vs Dahlan Iskan Soal Riset 100 Success Factors

By November 17, 2020Training ESQ
expert-in-character-building

JAKARTA – Seperti apa jika Meneg BUMN dan mantan Meneg BUMN berada dalam satu forum.  ACT Consulting berhasil menyatukan Erick Thohir dan Dahlan Iskan, Selasa (17/11/2020) dalam agenda rutin CEO Talk yang kali ini mengusung tema “Menjadi CEO ber-AKHLAK”.

Dalam Webinar ini, Erick Thohir bertindak sebagai  Keynote Speech. Sedangkan Dahlan Iskan (Menteri BUMN 2011-2014) dan Ary Ginanjar Agustian (President ESQ Group) sebagai narasumber. Hadir juga moderator kondang Sandrina Malakiano yang tampil dengan kostum batik.

Erick Thohir membagikan slide pertamanya yang berisi tentang hasil riset dari Thomas J. Stanley Ph. D mengenai 100 success factors, yakni mengenai faktor-faktor penentu kesuksesan yang menunjukkan bahwa ‘Tingkat IQ’ berada di urutan ke-21, sedangkan ‘lulus dengan nilai terbaik’ menjadi kunci kesuksesan ke-23. Lalu peringkat 1-nya apa?

“Tidak ada yang namanya pintar dari 10 tertinggi riset tersebut. Bisa dilihat bahwa nomor 1 yakni kejujuran. Jujur menjadi point utama yang sangat penting.”

Mendengar akan hal itu, Dahlan Iskan menyampaikan pandangannya tentang kejujuran dengan perpektif yang berbeda. Selama 7 tahun terakhir setelah usai menjabat Menteri BUMN, Dahlan mengaku vacum dari berbagai forum BUMN. “Awalnya Saya tidak mau hadir dalam acara BUMN manapun. Karena saya tidak boleh mengganggu, membuat rusuh, apalagi campur tangan. Saya harus menjaga dari hal itu.”

BACA JUGA  Internalisasi Core Values BUMN AKHLAK di Cluster Industri Pertahanan (INHAN)

Ia mengutarakan pemikirannya terkait kejujuran. Pertama tentang 3 penyakit jujur dan juga 2 jenis jujur.
“Penyakit orang jujur yaitu sok jujur, menganggap orang lain tidak jujur, dan kaku. Lalu ada 2 jenis jujur yaitu secara esensial dan administrative,” sambungnya.

Dalam arti, tambahnya, ibarat masuk Surga tapi sendirian. Ia berharap pemimpin serta karyawannya bisa masuk surga dunia dan akhirat bersama-sama dengan cara memiliki sifat jujur demi kepentingan bersama, bukan secara personal saja. 

Terlihat dari link zoom Studio ACT Consulting lantai 23 Menara 165, ada sekitar 1,800 lebih peserta yang hadir. Sandrina Malakiano dan Rendy Yusran berkesempatan untuk memandu Narasumber, Direksi dari 203 BUMN, 89 Anak perusahaan BUMN termasuk juga swasta sekitar 30 orang.
Para peserta yang join melalui zoom, tak hanya berasal dari Indonesia, namun dari Malaysia serta dari berbagai profesional, akademi, kalangan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
1
Pagi! Ada yang bisa Kami bantu?