Skip to main content

Riset, 5 Fase Menjelang Masa Pensiun! Trainer ESQ: Jadi Bapak Ibu TAM, Seperti Bulan Madu

expert-in-character-building

JAKARTA – Bayu Hariatmoko (HRGA Division Head) dan Dadang Sudarno (Ketua Umum SP TAM) hadir dalam Program ESQ Masa Persiapan Pensiun (MPP) untuk memberikan sambutan, sekaligus mengantarkan ke-37 insan Toyota Astra Motor (TAM) ke dalam forum webinar.

Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (CEO ESQ Group) pun menyambut hangat mereka semua dengan senyuman khasnya.

“Dalam hidup terkadang kita fokus kepada apa yang hilang, salah satunya kehilangan pekerjaan setelah pensiun, itu bahaya. Kegagalan orang pensiunan karena tidak berhasil memindahkan fokus lamanya ke fokus masa kini (setelah pensiun). Maka pindahkan fokus ke hal lain setelah masa pensiun.”

Acara itu berlangsung selama 3 hari pada Selasa-Kamis (24-26/11/2020) by Zoom Meeting, dipandu oleh para pakarnya terkait 4 Total Solution (wisdom living, healthy session, financial quotient, dan leveraging assets).

Mengapa ini penting dibahas? Coach Iman Herdimansyah (trainer ESQ) coba memaparkan lewat 1 buah slide terkait penyebab kecemasan saat pensiun.

“Penyebab kecemasan saat pensiun menurut riset bisa dilihat pada gambar berikut. Presentase tertinggi disebabkan karena menurunnya tingkat kesehatan yakni sebanyak 37%.”

BACA JUGA  Daily Afirmation Insan Sespimti Polri, Trainer: Lakukan Ini Setiap Hari Sebelum Beraktivitas

Iman mengatakan bahwa para peserta beruntung dapatkan ilmu ini sedini mungkin, dalam artian sebelum insan TAM benar-benar masuk masa pensiunnya. Mereka sudah dibekali beberapa ilmu, yang belum tentu orang banyak dapatkan.

“Dari segi Wisdom Living ada beberapa fase menjelang hingga saatnya masa pensiun itu tiba, yaitu Pre-Retirement Phase, Honeymoon Phase, Disenchanment Phase, Reorientation Phase, Stability Phase. Semua ini harus dipersiapkan sedini dan sebaik mungkin ya bapak ibu,” papar Coach Iman.

Ia menjelaskan satu per satu ke-5 fase tersebut secara transparan. Salah satunya terkait Honeymoon Phase. Para peserta pun turut menyimak dengan tertib, terlihat dari layar zoom saat event berlangsung.

“Honeymoon Phase adalah tahap ketika mendapat pesangon dan terbebas dari pekerjaan rutinitas bagaikan pasangan yang ber-honeymoon (bebas). Jadi di fase ini Bapak Ibu TAM, merasakan seperti sedang bulan madu.”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.